Manfaat Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Holtikultura

menanam tomat di polybag,polybag adalah,polybag artinya,polybag atau pot,polybag di surabaya,polybag hidroponik,polybag media tanam,polybag sidoarjo
Budidaya Tanaman Holtikultura
Manfaat penggunaan Greenhouse di dunia Pertanian saat ini menjadi pilihan yang mulai dipertimbangkan oleh dunia pertanian. Kalau dulu Greenhouse hanya digunakan oleh Universitas, Universitas atau lembaga lembaga penelitian dikarenakan tehnologi ini tidak murah saat ini kondisi iklim yang ekstrim akibat pemanasan Global menyebabkan para petani mulai tertarik menggunakan Greenhouse.

Apakah Itu Greenhouse ?
Greenhouse itu sendiri  adalah semacam bangunan yang dibuat dari kaca atau plastic yang tebal menutup seluruh bangunan dari atap maupun dinding yang berguna memanipulasi kondisi lingkungan , bisa mengatur kelembaban udara dan mendistribusikan suhu secara merata untuk keadaan yang maksimal. Dilengkapi dengan pengatur temperature.

Tujuan Pemakaian Greenhouse untuk budidaya Holtikultura adalah untuk mengurangi radiasi sinar matahari, mengatur suhu udara agar tidak terlalu lembab ataupun terlalu kering. Pada musim penghujan pemakaian Greenhouse bisa mengurangi dampak kelebihan curah hujan untuk tanaman tertentu seperti strawberry ini sangat membantu karena curah hujan yang tinggi bisa mengakibat serangan hama pada daun Strawbery yang bisa menyebabkan tanaman itu tidak berbuah. Untuk Buah buahan juga kelebihan air akan menyebabkan hasil buahnya menjadi menurun kadar manisnya. Selain itu Penggunaan Greenhouse untuk budidaya tanaman holtikultura membantu mengatasi serangan  hama dan penyakit karena sifatnya yang tertutup dan terisolasi. Selain itu itu juga mengurangi kontaminasi penyerbukan akibat arah angin. Bila kondisi diatas bisa dihasilkan dari Greenhouse maka akan diperoleh banyak Keuntungan.

Baca Juga :

Budidaya Bawang Merah Dengan Mulsa Plastik

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri pembuatan Greenhouse bukanlah sesuatu yang murah. Diperlukan biaya yang tinggi. Bila tujuan pembuatan Greenhouse untuk lembaga pendidikan atau lembaga penelitian Greenhouse dengan rangka baja dan atap kaca cocok digunakan. Untuk Budidaya tanaman Holtikultura (sayuran Buah Buahan dan tanaman Hias) membuat Greenhouse harus mempertimbangkan kebutuhan lahan dan budget yang dimiliki. Untuk efisiensi Penggunaan Atap Greenhouse dan dindingnya bisa menggunakan Plastik UV. Plastik yang dilengkapi dengan UV protector. Dan biasanya digunakan Plastik UV yang kandungan UV protektornya 14 %.  

Ciri - Ciri Plastik UV
Ciri Fisik Plastik UV ini adalah dia lebih buram penampilan fisiknya. Semakin tinggi kandungan UV protektornya pada Plastik UV semakin buram tampilan Fisiknya. Plastik UV berbeda dengan plastik bening lainnya dengan tambahan zat zat kimia di desain mampu membuat cahaya matahari menyebar dan mengurangi kelebihan cahaya. Sifat plastik UV juga memantulkan cahaya dari daun atas ke daun bawah ini menyebabkan proses fotosintesa berjalan maksimal. Selain itu Plastik UV dengan kandungan protector 14 persen lebih lentur tidak mudah sobek dan tidak mudah pecah. Ukuran Palstik UV 14 persen lebih lebar dan tebal sehingga bisa mnyesuaikan kebutuhan.

Tahan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan. Plastik UV ini juga tahan terhadap tiupan angin yang kencang. Plastik UV mampu bertahan sekitar 3 tahun. Walaupun kondisi fisiknya masih bagus disarankan tetap menggantinya karena kandungan UV protektornya sudah mengalami penurunan. Plastik UV jauh lebih murah dibandingkan dengan kaca sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan Greenhouse untuk Budidaya tanaman holtikultura.

Keuntungan Menggunakan Greenhouse
Keuntungan menggunakan Greenhouse dengan Plastik UV untuk Budidaya Tanaman Holtikultura adalah yang pertama bisa mengatur jadwal Produksi. Masa tanam tumbuhan tidak bergantung pada cuaca. Dalam kondisi pertanian normal misalnya untuk tanaman tertentu tidak bisa ditanam pada musim hujan di bulan yang curah hujannya tinggi. Atau sebaliknya ada tanaman yang tidak bisa ditanam pada saat sinar matahari bersinar penuh. Dengan pemakaian greenhouse dengan Plastik UV kondisi cuaca tidak berpengaruh.

Keuntungan menggunakan Greenhouse Plastik UV yang kedua adalah produktivitas meningkat. Dengan penggunaan Greenhouse Plastik UV resiko gagal panen akibat serangan hama pada budidaya holtikultura jauh menurun selain itu jadwal produksi yang teratur secara otomatis meningkatkan produktivitas budidaya tanaman Holtikultura.

Keuntungan yang ke tiga meningkatkan kualitas hasil panen. Hasil yang di dapat dari penggunaan Greenhouse Plastik UV akan jauh meningkat dibandingkan dengan hasil panen di ruangan terbuka ini dikarenakan tidak ada serangan hama. Temperatur yang pas juga menyebabkan kualitas hasil panen menjadi bagus. Misalnya rasa yang pas atau kondisi sayuran yang hijau maksimal.

Keuntungan lainnya pemakain Greenhouse Plastik UV mengurangi pemakaian pestisida. Dikarenakan tidak adanya serangan hama menyebabkan pemakaian pestisida juga menurun. Selain itu adanya pengaturan suhu menyebabkan proses fotosintesa di tumbuhan menyebabkan maksimal ini mengurangi penggunaan pupuk.  

Dari uraian di atas jelas pemakain Greenhouse dengan Plastik UV untuk budidaya tanaman holtikultura sangat menguntungkan. Walaupun memerlukan biaya tambahan dibandingkan dengan pertanian konvensional di lahan terbuka akan tetapi hasil yang didapat jauh lebih menguntungkan. Selain itu kualitas hasil panen yang bagus juga meningkatkan nilai jual hasil panen. Biaya pembuatan Greenhouse Plastik UV bisa diminimalkan dengan pemilihan bahan yang efisien tapi juga bisa tahan lama. Pemakaian Plastik UV dengan kandungan protector 14 adalah salah satu terobosan yang lebih murah dan efisien. 

Kami Lim Corporation juga menjual Bantal Silikon, Kantong Sampah, Karung Beras Dan Kami juga menjual alat - alat Pertanian & Perkebunan. Untuk info lebih lanjut klik -> DISINI <- Atau anda juga bisa hubungi kami di : SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 . Call dan WA hanya dilayani pada jam kantor pukul 08.15 -16.00 WIB
Manfaat Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Holtikultura Manfaat Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Holtikultura Reviewed by Yoyon Oke on September 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.