6 Fakta Unik Lempuyang, Cairan dari Bunganya Bisa Jadi Sampo

Mungkin, sebagian masyarakat Indonesia belum mengetahui soal tanaman lempuyang. Di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama lemputang kebo, bengle (Jawa), panglay (Sunda) lempuyang kerbau, lempuyang kapur (Sumatera), lempuyang badak, dan lempuyang paek (Madura).

Baca Juga :

Sementara di beberapa negara lain, lempuyang disebut wild ginger (Inggris), shampoo plant atau shampoo ginger (Amerika), serta bunglei (Malaysia). Selain beberapa fakta diatas, berikut fakta unik lain tentang tanaman lempuyang yang perlu kamu ketahui.

1. Asal usul lempuyang masih misteri

Tempat pertama kali ditemukannya tanaman ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa teori yang menjelaskan asal usul tanaman lempuyang, antara lain :

  • Asal Asia Tenggara. Teori ini didasarkan pada fakta bahwa lempuyang telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di wilayah Indonesia, Malaysia, dan Filipina sejak berabad-abad lalu.
  • Asal India. Teori ini didasarkan pada fakta bahwa lempuyang pernah disebutkan dalam teks-teks kuno India seperti Ayurveda.
  • Asal Tiongkok. Teori ini didasarkan pada fakta bahwa lempuyang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sejak berabad-abad lalu.

2. Punya 3 jenis yang berbeda

Tanaman lempuyang mempunyai tiga jenis yang berbeda. Pertama ada lempuyang wangi (varietas aromaticum), lempuyang pahit atau lempuyang emprit (Zingiber zerumbet var americans), dan lempuyang gajah (varietas zerymbet).

3. Dipercaya punya kekuatan mistis

Di beberapa budaya, tanaman lempuyang dipercaya mempunyai kekuatan mistis, antara lain mempu menangkal roh jahat dan membawa keberuntungan.

Polybag yang banyak dijual di Indonesia adalah jenis KW Super dan KW Biasa. Cari polybag dengan harga ekonomis? Klik disini sekarang!

4. Bunga lempuyang punya fisik menarik

Lempuyang lebih sering dibudidayakan sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga yang indah dengan bentuk kerucut dan warnanya dominasi warna merah. Bunganya beraroma manis yang sangat disukai untuk rangkaian bunga. Bunga lempuyang dapat bertahan selama berminggu-minggu.

5. Bunganya bisa diperas untuk sampo

Tahukah kamu? Tanaman yang bunganya berbentuk mirip bunga pinus ini ternyata bisa diperas. Cairan yang dikeluarkan berwarna bening, licin, dan berbau sedikit harum mirip jahe.

Cairan tersebut dapat digunakan sebagai sampo atau kondisioner alami, yang bisa memberikan efek halus ke rambut. Kandungan antioksidan pada lempuyang juga dapat digunakan sebagai anti ketombe dan merawat kulit kepala.

6. Manfaat lain lempuyang untuk kesehatan

Di Indonesia, tanaman lempuyang biasa dimanfaatkan rimpang atau akarnya sebagai obat herbal atau bahan jamu. Rimpangnya berwarna kuning dan mempunyai rasa pedas dan pahit.

Rimpang lempuyang punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menyembuhkan luka, mengatasi peradangan, meredakan sakit perut, mengontrol gula darah, dan meningkatkan nafsu makan.

Referensi :

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6927378/lempuyang-alias-shampoo-ginger-bahan-jamu-yang-bunganya-viral-jadi-sampo-alami

6 Fakta Unik Lempuyang, Cairan dari Bunganya Bisa Jadi Sampo 6 Fakta Unik Lempuyang, Cairan dari Bunganya Bisa Jadi Sampo Reviewed by Pak Tani on Maret 16, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.