Jangan Buang Air Cucian Beras, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman!

Penggunaan pupuk organik merupakan salah satu solusi dalam mengurangi penggunaan pupuk anorganik (kimia). Hal tersebut sebab pupuk organik lebih ramah lingkungan dan bisa memperbaiki unsur hara tanah serta meningkatkan kualitas tanaman.

Baca Juga :

Salah satu pupuk organik yang mudah didapatkan ialah air cucian beras. Air cucian beras merupakan limbah dapur yang kerap dibuang begitu saja, padahal air cucian beras mempunyai banyak manfaat untuk tanaman, antara lain :

1. Menyuburkan tanaman

Air cucian beras mengandung beragam nutrisi yang penting untuk pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, fosfor, kalium, serta magnesium. Nitrogen penting guna pertumbuhan vegetatif tanaman, seperti pembentukan daun serta batang.

Fosfor penting untuk pertumbuhan akar serta perkembangan bunga dan buah. Kalium penting untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit serta hama. Magnesium penting untuk fotosintesis.

2. Meningkatkan pertumbuhan tanaman

Air cucian beras bisa membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan cara menyuburkan tanah serta menyediakan nutrisi yang diperlukan tanaman. Air cucian beras juga mampu memperbaiki struktur tanah, sehingga tanah berubah lebih gembur dan gampang ditembus akar tanaman.

Jangan biarkan hewan pengganggu merusak tanaman di pekarangan rumah anda! Pasang waring ikan untuk pagar sekarang! Klik disini untuk cek harganya.

3. Meningkatkan daya tahan tanaman

Air cucian beras mempu membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit serta hama. Hal ini sebab air cucian beras mengandung senyawa-senyawa yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tanaman.

4. Mencegah penyakit tanaman

Air cucian beras bisa membantu mencegah penyakit tanaman, seperti busuk akar serta jamur. Hal ini sebab air cucian beras mengandung senyawa-senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan patogen.

5. Mempercepat proses fotosintesis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa air cucian beras mengandung magnesium yang penting untuk fotosintesis tanaman. Selain itu, air cucian beras juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penyangga yang bisa berinteraksi dengan berbagai komponen serta mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Referensi :

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-air-cucian-beras-untuk-tanaman

Jangan Buang Air Cucian Beras, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman! Jangan Buang Air Cucian Beras, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman! Reviewed by Pak Tani on Januari 13, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.