Kupas Tuntas Fakta Unik Pohon Kelapa, Si 'Pohon Kehidupan'

Pohon kelapa sering dijuluki sebagai 'tree of life' atau pohon kehidupan. Julukan tersebut diberikan karena tiap bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, daging, batok, hingga sabut kelapa.

Baca Juga :

Bisa dikatakan semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Selain beberapa fakta tersebut, ternyata masih banyak fakta unik lain pohon kelapa. Berikut ulasannya.

1. Satu pohon kelapa mampu menghasilkan banyak buah

Ternyata, satu pohon kelapa dapat menghasilkan sekitar 100 hingga 180 buah kelapa dalam sekali panen. Sesudah buah kelapa mulai tumbuh, umumnya diperlukan waktu selama 6-7 bulan untuk siap dipanen guna diambil airnya. 

2. Pemanfaatan bagian-bagian pohon kelapa

  • Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam.
  • Kayu dari batangnya (glugu) dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.
  • Daun kelapa dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun mudanya, atau disebut janur, biasa dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik.
  • Tangkai anak daun pohon kelapa yang sudah dikeringkan (lidi) bisa dihimpun menjadi satu dan dijadikan sapu.
  • Cairan yang keluar dari tangkai bunga (air nira), dapat diminum sebagai penyegar atau difermentasi menjadi tuak.
  • Tempurung (batok) yang sebetulnya adalah bagian endokarp, bisa dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, serta bahan baku berbagai kerajinan tangan.
  • Dan masih banyak lagi bagian lain dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Di wilayah pesisir, biasa banyak lahan kosong yang digunakan sebagai tempat budidaya udang dan garam. Jika anda tertarik membuat kolam budidaya perikanan atau garam, tentu membutuhkan terpal plastik bukan? Yuk segera beli terpal di toko kami! Klik disini sekarang.

3. Buah kelapa adalah biji terbesar di dunia

Buah kelapa merupakan tumbuhan angiosperma biji tertutup dan jenis monokotil atau berbiji tunggal. Biji kelapa tertutup oleh 3 lapisan, yakni kulit, serabut pada buah kelapa, serta batok.

Oleh karena itu, buah kelapa sebenarnya biji dari tanaman kelapa itu sendiri dan bisa disamakan dengan kacang-kacangan. Hal tersebut akhirnya yang membuat buah kelapa sering disebut sebagai biji terbesar di dunia.

4. Kelapa bisa melakukan perjalanan jarak jauh

Buah kelapa mampu melakukan perjalanan hingga 100 hari di laut lepas dan masih berkecambah. Kelapa mampu bertahan di atas lautan karena buah tersebut tahan air. Oleh sebab itu, pohon kelapa pun dapat ditemukan di seluruh wilayah mulai dari samudra Pasifik, samudra Hindia, hingga benua Afrika. Pohon kelapa sendiri mudah ditemukan di sepanjang garis khatulistiwa.

5. Orang yang pertama kali menamai pohon kelapa

Orang Portugis adalah orang yang pertama kali menamai pohon ini sebagai kelapa (coconut). Kala itu, buah tanaman ini dinamai 'coco'. Sesudah itu, nama buah ini pun diberi tambahan kata 'nut' oleh orang Inggris.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa

https://www.idntimes.com/science/discovery/raymond-clement/7-fakta-pohon-kelapa-yang-harus-kamu-tahu-c1c2?page=all

https://kids.grid.id/read/473754222/15-fakta-menarik-pohon-kelapa-yang-dijuluki-sebagai-pohon-kehidupan?page=all

https://www.kompasiana.com/zalmadinaanrisa/6457835a5479c32bbc584372/fakta-menarik-buah-kelapa-yang-mungkin-tidak-kamu-ketahui?page=all#sectionall

Kupas Tuntas Fakta Unik Pohon Kelapa, Si 'Pohon Kehidupan' Kupas Tuntas Fakta Unik Pohon Kelapa, Si 'Pohon Kehidupan' Reviewed by Pak Tani on Januari 06, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.