6 Terasering Terindah yang Ada di Indonesia, Patut Dilestarikan!

Terasering adalah metode bercocok tanam pada hamparan sawah yang dibuat bertingkat-tingkat. Umumnya, lahan terasering banyak ditemukan di lereng bukit atau kawasan dataran tinggi.

Selain dapat mencegah erosi, terasering juga terbukti mampu meningkatkan penyerapan air oleh tanah dan memaksimalkan area tanam. Terasering telah digunakan di berbagai belahan dunia sejak ribuan tahun silam.

Baca Juga :

Terasering menjadi salah satu metode pertanian yang paling tua dan efektif untuk melindungi tanah dan tanaman dari erosi. Terasering sendiri merupakan salah satu objek keindahan alam yang patut dilestarikan. Berikut beberapa tempat terasering terindah di Indonesia.

1. Terasering Danau Maninjau, Sumatera Barat

Terasering Danau Maninjau terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Terasering ini membentang sepanjang 40 kilometer di lereng Gunung Marapi. Terasering ini digunakan untuk menanam padi, kopi, dan sayuran.

2. Terasering Panyaweuyan, Jawa Barat

Terasering Panyaweuyan terletak di Desa Panyaweuyan, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Terasering ini digunakan untuk menanam bawang merah, bawang putih, dan sayuran lainnya.

3. Terasering Tegalalang, Bali

Terasering Tegalalang terletak di Desa Tegalalang, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Terasering ini digunakan untuk menanam padi, kopi, dan sayuran lainnya.

Waring hitam adalah jaring kuat berbahan nilon yang bisa anda gunakan sebagai pagar kebun atau kolam budidaya. Butuh waring ikan? Cek harganya disini!

4. Terasering Jatiluwih, Bali

Terasering Jatiluwih terletak di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Terasering ini digunakan untuk menanam padi, kopi, dan sayuran lainnya.

5. Terasering Sawah Ciwidey, Jawa Barat

Terasering Sawah Ciwidey terletak di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Terasering ini digunakan untuk menanam padi, sayuran, dan bunga.

6. Terasering Detusoko, Nusa Tenggara Timur

Terasering Detusoko terletak di Desa Wologai, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Terasering yang berada di ketinggian 800 mdpl ini digunakan untuk menanam padi, jagung, dan sayuran lainnya.

6 Terasering Terindah yang Ada di Indonesia, Patut Dilestarikan! 6 Terasering Terindah yang Ada di Indonesia, Patut Dilestarikan! Reviewed by Pak Tani on Desember 09, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.