Panduan Budidaya Ikan Tawes untuk Pemula, Mudah dan Lengkap!

Ikan tawes punya bentuk badan agak panjang serta sedikit pipih dengan punggung meninggi disertai sirip bagian atas. Ikan tawes punya nilai ekonomis yang tinggi dan termasuk salah satu jenis ikan konsumsi terpopuler di Indonesia.

Baca Juga :

Ikan tawes merupakan ikan air tawar yang tergolong ke dalam famili Cyprinidae. Ikan tawes bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti ikan goreng dan ikan bakar. Jika anda tertarik membudidayakan ikan tawes, berikut cara yang bisa anda ikuti.

1. Persiapan Kolam

Ikan tawes bisa dibudidayakan dengan mudah di kolam terpal, kolam tembok atau kolam tanah. Namun jika anda mempunyai lahan terbatas, kolam terpal bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk caranya, siapkan dahulu terpal sesuai dengan ukuran lahan yang ada dan bentuk persegi panjang atau bulat.

Lalu, bersihkan kolam terpal dengan air bersih yang mengalir. Lanjut keringkan kolam sampai tak ada lagi bekas kotoran yang menempel. Isi kolam terpal dengan air bersih hingga mencapai tinggi 30 cm.

Setelah itu biarkan kolam terpal selama 5-10 hari. Jika air dalam kolam sudah ditumbuhi fitoplankton dan zooplankton atau air tersebut sudah berubah menjadi kehijauan, artinya bibit ikan tawes siap untuk ditebar di kolam tersebut.

2. Memilih Indukan

Ikan tawes bisa dipijahkan ketika usia 6 bulan untuk jantan serta 12 bulan untuk betina. Namun, untuk budidaya sebaiknya memakai indukan ikan tawes yang berusia lebih dari 10 bulan untuk jantan serta 14 bulan untuk betina.

3. Perawatan Indukan

Indukan ikan tawes jantan serta indukan ikan tawes betina bisa dipelihara dahulu secara terpisah dengan menggunakan sekat supaya tidak bercampur hingga waktu pemijahan tiba.

Indukan bisa dipijahkan jika sudah berusia sekitar 1 tahun, serta mempunyai bobot sekitar 250 gram per ekor. Namun khusus untuk indukan jantan umumnya pada usia 6-8 bulan sudah mulai matang gonad atau matang kelamin, siap untuk dikawinkan.

Anda butuh terpal plastik untuk budidaya kolam ikan? Cek harganya disini!

4. Pemeliharaan Ikan

Plankton yang ada di dasar kolam sejatinya tidak akan dimakan oleh ikan tawes, namun keberadaaan plankton masih diperlukan untuk menjaga stabilitas dan kualitas air kolam. Perairan yang subur bakal menjadikan pertumbuhan ikan lebih stabil dan ideal.

Untuk pakan buatan, cukup berikan pakan berupa pelet yang dicampur dengan dedaunan sebagai pemicu pertumbuhan ikan tawes, sebab ikan tawes adalah ikan herbivora atau pemakan tumbuhan. Berilah pakan secukupnya secara teratur, di pagi dan sore supaya proses perkembangan ikan tawes lebih optimal.

5. Panen Ikan

Ikan tawes yang siap dipanen umumnya mempunyai bobot berkisar 200-300 gram per ekor, lebih mudahnya anda bisa memanennya dalam bobot 1 kg untuk 5 ekor ikan tawes. Untuk usia ikan tawes yang siap panen berada di angka 4-6 bulan.

Proses pemanenan dapat dikerjakan kapan saja dengan ukuran berapa saja, untuk mengenai kapan waktu panen bisa disesuaikan lagi dengan permintaan pasar. Permintaan pasar kepada ikan tawes biasanya dibedakan dalam berbagai ukuran, seperti kecil, sedang, dan ukuran besar.

Referensi :

https://www.ikan.info/panduan-singkat-budidaya-ikan-tawes/

https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-254216655/cara-budidaya-ikan-tawes-di-kolam-terpal-bagi-pemula-kiat-sukses-mulai-pemilihan-benih-indukan-pemijahan

Panduan Budidaya Ikan Tawes untuk Pemula, Mudah dan Lengkap! Panduan Budidaya Ikan Tawes untuk Pemula, Mudah dan Lengkap! Reviewed by Pak Tani on September 23, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.