5 Jenis Pepaya Terpopuler di Indonesia, No. 1 Banyak Dicari!

Pepaya merupakan tanaman buah yang menghasilkan buah bernama pepaya, dan diperkirakan berasal dari wilayah Meksiko selatan. Pepaya menjadi salah satu buah konsumsi yang sering kita jumpai di pasar atau toko swalayan.

Baca Juga :

Pepaya punya banyak vitamin seperti kalsium, magnesium, hingga antioksidan. Pepaya ternyata mempunyai beragam jenis dengan keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 jenis pepaya terpopuler di Indonesia.

1. Pepaya California

Pepaya california menjadi jenis yang sering dicari dan dibeli oleh masyarakat, jenis ini juga menjadi salah satu jenis pepaya unggulan di Indonesia. Ciri khas dari pepaya california adalah buahnya berbentuk lonjong memanjang.

Rata-rata, pepaya california punya berat sekitar 1 hingga 1.5 kg per buah. Daging buahnya tebal, bertekstur lembut, dan rasanya manis. Pepaya california memiliki kulit berwarna hijau bergurat kekuningan dengan warna daging buah merah cerah.

2. Pepaya Bangkok

Pepaya bangkok ternyata sudah diperjualbelikan di Indonesia sejak tahun 1980an hingga sekarang. Jenis pepaya yang berasal dari Thailand ini punya bentuk lonjong dengna daging buah jingga kemerahan.

Daging buahnya sangat tebal dan punya rasa yang manis menyegarkan. Untuk bobot, pepaya bangkok bisa mencapai 3 kg per buah. Pepaya bangkok menjadi salah satu varietas favorit petani di Indonesia karena pohonnya punya masa pertumbuhan yang cepat.

Polybag menjadi wadah tanam yang ideal bagi pembibitan tanaman awal. Dapatkan polybag berkualitas dengan harga terjangkau hanya disini.

3. Pepaya Hawai

Perbedaan antara pepaya hawai dengan jenis lainnya yakni bentuk buah yang lebih kecil. Bobot rata-rata jenis ini kurang dari 1 kg per buah.

Tak heran jika pepaya ini sering disebut pepaya solo karena dapat dimakan hanya satu orang saja. Meski kecil, pepaya hawai mempunyai rasa yang tak kalah manis dan segar.

4. Pepaya Red Lady

Dibanding jenis lainnya, rasa pepaya red lady jauh lebih manis. Kadar gula yang terkandung dalam satu buah pepaya red lady sekitar 13%. Untuk warna daging buahnya cenderung merah dan menggugah selera.

Pepaya red lady terbilang jenis yang unik, karena pohonnya mampu menghasilkan 30 buah dalam sekali panen. Ciri khas dari buah pepaya red lady adalah kulit buahnya sangat halus mengkilap. 

5. Pepaya Carisya

Carisya adalah varietas pepaya baru yang ditemukan dan dikembangkan oleh Tim Pemulia Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika dari IPB, Institut Pertanian Bogor.

Pepaya carisya mulai dipasarkan ke masyarakat oleh Menteri Pertanian RI di tahun 2010. Pepaya jenis ini punya bentuk buah yang kecil dengan kulit buah berwarna kehijauan. Daging buahnya berwarna kemerahan, berongga kecil, serta teksturnya cukup tebal.

Referensi :

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/433/7-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan-tubuh

https://rahasiabelajar.com/jenis-pepaya/

https://plus.kapanlagi.com/8-jenis-pepaya-paling-populer-dan-banyak-dikonsumsi-kenali-cirinya-80c903.html

5 Jenis Pepaya Terpopuler di Indonesia, No. 1 Banyak Dicari! 5 Jenis Pepaya Terpopuler di Indonesia, No. 1 Banyak Dicari! Reviewed by Pak Tani on Juni 03, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.