Subscribe Newsletter

Tips dan Trik Membuat Suasana Rumah Menjadi Lebih Sejuk

Suasana rumah yang sejuk dan segar tentu bisa membuat penghuninya nyaman, apalagi saat suhu di luar rumah cukup panas. Untuk mengatasi hal tersebut, orang-orang biasanya memasang AC (air conditioner) supaya rumah terasa dingin serta sejuk.

Baca Juga :

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan AC secara terus-menerus dapat menyebabkan biaya pemakaian listrik membengkak. Disamping itu, ada rumah-rumah yang tak mempunyai AC, namun penghuninya tetap bisa merasakan udara sejuk.

Tentu saja ada upaya yang harus dilakukan guna menghadirkan udara sejuk tersebut ke rumah tanpa AC. Memang bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana rumah lebih sejuk.

1. Beri es batu pada kipas angin

Ada trik menarik supaya udara yang dihembuskan kipas angin bisa sedingin AC, caranya yakni dengan menaruh semangkuk es batu di depan/belakang kipas angin. Dengan trik ini, otomatis udara yang dibawa oleh kipas angin bakal menyatu dengan dinginnya es batu, sehingga memberikan nuansa sejuk nan dingin yang sempurna.

2. Tutup jendela dengan tirai

Salah satu sumber hawa panas dalam rumah adalah cahaya matahari yang masuk menembus jendela. Memanfaatkan tirai/gorden bisa mengurangi temperatur hingga 20 derajat. Namun, disarankan untuk memilih tirai yang terbuat dari bahan tipis supaya aliran udara dari luar ke dalam tetap lancar.

Cari paranet (jaring peneduh) berkualitas dengan harga terjangkau? Beli saja di toko kami, klik disini untuk selengkapnya!

3. Coba pasang exhaust fan

Exhaust fan adalah alat yang berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang guna dibuang ke luar dan pada saat bersamaan menarik udara di luar ke dalam ruangan. Exhaust fan juga mampu mengatur volume udara yang akan disirkulasikan ke dalam ruangan. Pasalnya, tiap ruangan butuh sirkulasi udara berbeda-beda agar udara tetap sejuk.

4. Tanam pohon di sekitar rumah

Menanam beberapa pohon di halaman ataupun tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya bakal melindungi rumah dari panas langsung matahari. Tips ini tentu efektif mengurangi suhu panas di rumah dalam jangka panjang. Selain merubah suasana menjadi sejuk, tanaman juga bisa mempercantik rumah anda.

5. Berikan naungan paranet

Jika di sekitar rumah anda tidak bisa diberi pohon/tanaman, silahkan pasang saja paranet di beberapa lokasi seperti garasi, pekarangan, taman, atau rooftop. Paranet sendiri merupakan jaring peneduh berwarna hitam yang dapat mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah, sehingga rumah akan terasa lebih rindang dan sejuk.

Tips dan Trik Membuat Suasana Rumah Menjadi Lebih Sejuk Tips dan Trik Membuat Suasana Rumah Menjadi Lebih Sejuk Reviewed by Pak Tani on Juli 16, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk