Subscribe Newsletter

Mengintip Beragam Komoditas Perkebunan di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur ialah sebuah provinsi yang berada di Pulau Kalimantan, Indonesia. Di Kabupaten Penajam Paser Utara yang berada di Provinsi Kalimantan Timur akan direncanakan menjadi lokasi ibu kota baru negara Indonesia mulai tahun 2024. 

Kalimantan Timur punya banyak potensi di berbagai komoditas yang ada, seperti contoh komoditas pertanian, perkebunan, dan peternakan. Dan salah satu komoditas unggulan provinsi ini adalah perkebunannya.

Baca Juga :

Areal perkebunan di Kalimantan Timur sendiri secara keseluruhan pada tahun 2014 yakni 1.187.421 ha dengan produksi 9.714.443 ton. Untuk mengetahui beragam komoditas perkebunan yang ada di provinsi ini, silahkan simak penjelasan berikut.

Tanaman Kopi

Tanaman kopi ialah genus tanaman berbunga yang masuk ke dalam keluarga Rubiaceae. Tanaman ini merupakan semak ataupun pohon kecil asli Afrika selatan serta Asia. Benih dari beberapa jenisnya disebut biji kopi, yang mana biasa diolah menjadi minuman dan berbagai produk.

Kakao

Kakao adalah bahan utama penghasil coklat. Kalimantan Timur termasuk salah satu penghasil kakao di Indonesia, walaupun arealnya relatif kecil ketimbang dengan Sulawesi Selatan serta Tengah. Komoditi ini sering dijadikan sebagai mata pencaharian utama para petani.

Pohon Enau

Salah satu olahan terkenal dari pohon enau ataupun aren ini ialah nira yang dimanfaatkan guna membuat gula aren. Tak hanya itu, bagian lain seperti daunnya juga bisa digunakan untuk atap rumah tradisional serta produksi sapu ijuk.

Tanaman Lada

Tanaman lada di Kalimantan Timur termasuk komoditi tradisional yang cukup lama dikenal serta dikembangkan masyarakat. Beberapa waktu yang lalu salah satu jenis dari komoditi ini menjadi salah satu komoditi ekspor penting di Kalimantan Timur, yang dikenal dengan White Pepper Samarinda.

Agar pembibitan tanaman lebih efisien dan hemat biaya, anda bisa menggunakan polybag sebagai wadah tanamnya. Butuh polybag? Cek harga terbaru polybag disini.

Pohon Kelapa

Kelapa menjadi komoditi unggulan di Kalimantan Timur. Kelapa merupakan tanaman serba guna bagi masyarakat tropika, seperti Indonesia. Pohon kelapa adalah tanaman yang paling banyak dibudidayakan secara ekstensif, tumbuh, serta dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

Tanaman Karet

Tanaman karet ataupun Hevea brasiliensis ialah tanaman perkebunan yang punya nilai ekonomis tinggi. Tanaman karet di Kalimantan Timur sendiri menjadi salah satu komoditi tradisional yang sudah relatif lama diusahakan sebagai perkebunan warga.

Kelapa Sawit

Era pengembangan kelapa sawit di Kalimantan Timur dimulai di tahun 1982 yang mana dirintis lewat Proyek Perkebunan Inti Rakyat (PIR) yang dikelola PTP VI. Perkebunan kelapa sawit kerap menjadi primadona seiring manfaat positif pertumbuhan ekonomi yang dirasakan masyarakat sekitar dan di Indonesia.

Mengintip Beragam Komoditas Perkebunan di Kalimantan Timur Mengintip Beragam Komoditas Perkebunan di Kalimantan Timur Reviewed by Pak Tani on Maret 17, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk