limcorporation
Subscribe Newsletter

Cara Mudah Membuat Pestisida Organik yang Ramah Lingkungan

Pestisida merupakan salah satu bahan kimia yang bisa memberikan dampak buruk kalau digunakan dalam waktu yang panjang, contohnya kemungkinan terjadi kerusakan lingkungan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini ada pestisida berbahan organik yang memberikan nuansa baru dalam dunia pertanian.

Baca Juga :

Pestisida organik sendiri digunakan masyarakat guna membantu melindungi lingkungan dari adanya pencemaran. Memang apa perbedaannya dengan jenis pestisida biasa?

Pestisida organik dibuat dari bahan alami yang asalnya berasal dari tumbuhan serta mineral yang dianggap lebih aman sebab tak merusak ekosistem lingkungan.

Cara Membuat Pestisida Organik

Terdapat berbagai cara ataupun resep guna membuat pestisida organik. Namun sampai saat ini tak ada standardisasi soal pembuatan pestisida organik.

Berikut ini ada salah satu cara membuat pestisida organik yang sering digunakan para petani guna mengendalikan serangga penghisap (kepik, kutu-kutuan).

  1. Pertama siapkan bahan berikut, air kelapa 2 liter, gambir 0.5 ons, garam dapur 1 ons, daun surian 1 kg, daun tembakau 1 kg, daun titonia 1 kg, daun lagundi 1 kg, serta air panas 500 ml.
  2. Lalu siapkan penumbuk yang dari batu. Tumbuk daun tembakau, daun surian, daun lagundi serta daun titania, lalu aduk sampai rata. Kalau sudah lembut, rendam dalam air kelapa lalu aduk-aduk.
  3. Selanjutnya ekstrak campuran tersebut dengan cara diperas menggunakan kain. Saring kembali hasil perasan serta tambahkan garam kemudian kocek larutan. Berikutnya siapkan cairan gambir dengan cara melarutkan 1/2 ons gambir ke dalam 500 ml air panas, lalu saring memakai kain halus.
  4. Terakhir, campurkan larutan daun-daunan serta larutan gambir. Masukkan ke dalam botol ataupun jerigen plastik. Ramuan pestisida organik pun siap untuk digunakan pada tanaman.

Kelebihan Pestisida Organik

Kelebihan lain dalam memakai pestisida organik pada tanaman ialah tak adanya residu yang tertinggal sesudah dipakai ke tanaman.

Sayuran serta buah yang bakal dikonsumsi pula menjadi gampang dibersihkan sebab penggunaan pestisida berasal dari bahan alami.

Mulsa plastik cocok untuk penjaga tanaman dari hama dan gulma. Cek harga terbaru mulsa plastik disini.

Manfaat Pestisida Organik

Pestisida organik gampang terurai oleh alam, sehingga tak meninggalkan residu di tanah ataupun tanaman.

Pestisida ini juga dapat membantu para petani dalam menghasilkan buah serta sayur yang bebas bahan kimia, jadi aman guna dikonsumsi.

Jika dibandingkan dengan pestisida yang berbahan kimia, pestisida alami bisa dibeli dengan harga yang murah serta bahan untuk membuatnya gampang ditemukan.

Pestisida alami yang terurai bakal mempermudah kamu saat membersihkan sayuran serta buah.

Cara Mudah Membuat Pestisida Organik yang Ramah Lingkungan Cara Mudah Membuat Pestisida Organik yang Ramah Lingkungan Reviewed by Pak Tani on Oktober 08, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk