limcorporation
Subscribe Newsletter

Ingin Menanam Anggur di Rumah, Tapi Lahan Sempit? Ini Tipsnya!

Asalkan media tanam cocok serta kondisi cuaca yang mendukung, tanaman anggur tentu dapat ditanam di rumah sendiri. Buah anggur umumnya hanya tumbuh di dataran rendah, dengan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi.

Untuk media tanamnya sendiri, anggur amat cocok untuk ditanam di tanah dengan pH berkisar 7 serta usahakan tanah yang dipakai bukanlah tanah pasir ataupun lempung.

Baca Juga :

Kalau kamu tergolong orang yang gemar makan buah anggur, kamu bisa menanam buah anggur di pekarangan rumah atau rooftop apartemen yang meskipun mempunyai lahan yang sempit. Lantas bagaimana caranya? Berikut 6 tips yang bisa kamu coba.

1. Belilah stek batang anggur dari penjual atau toko bibit mana pun. Stek pada batang berwarna cokelat yang lebih keras dan tak terlalu hijau atau yang empuk, karena umumnya akan lebih gampang tumbuh.

2. Potong batang lalu masukkan ke tanah tanam yang lembab. Jauhkan dari cahaya matahari secara langsung. Sirami tiap hari, tapi jangan sampai kebanyakan, tuang air secukupnya saja supaya tanah tak terlihat kering.

3. Kalau tunas serta daun baru sudah terlihat, itu artinya akar tanaman sudah tumbuh. Segera pindahkan tiap batang ke dalam pot tersendiri, lalu letakkan di tempat yang mendapatkan cahaya matahari langsung selama beberapa jam tiap harinya.

4. Ketika tanaman mulai tumbuh, buatlah bingkai kayu tipis yang bakal digunakan untuk panjatan oleh sulur. Kamu bisa meletakkan beberapa batang bambu vertikal di tiap pot, lalu mengikatnya ke batang bambu horizontal guna membentuk kisi.

5. Tanaman jangan lupa diberi pupuk khusus untuk buah, dan kontrol rutin hama yang ada, karena mungkin saja dapat memengaruhi pertumbuhan anggur.

Insectnet adalah jaring kasa yang mempunyai lubang/mesh kecil, sehingga cocok untuk dijadikan penjaga tanaman anda dari serangga dan hama. Cek harga insetnet terbaru disini!

6. Anggur membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk berbunga, serta 3 bulan lagi hingga buahnya siap guna dipanen.

7. Disarankan untuk memasang brongsong buah ketika buahnya sudah cukup besar dan bergerombol, hal itu agar buah terhindar dari serangga, hama, air hujan langsung, dan gangguan lainnya.

8. Terakhir, kamu sudah bisa mulai memanennya saat kulit anggur berubah gelap, yang awalnya hijau cerah berubah jadi merah marun keunguan.

Budidaya anggur di halaman rumah ataupun rooftop apartemen ternyata cukup mudah serta bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu perorangan ataupun kelompok.

Buah yang mempunyai rasa khas ini memang banyak digemari hampir semua orang. Hanya saja harga buahnya yang cukup mahal membuat sebagian orang tidak dapat menikmati buah ini saat mereka ingin.

Ingin Menanam Anggur di Rumah, Tapi Lahan Sempit? Ini Tipsnya! Ingin Menanam Anggur di Rumah, Tapi Lahan Sempit? Ini Tipsnya! Reviewed by Pak Tani on September 02, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk