limcorporation
Subscribe Newsletter

Mengenal Jenis-jenis Domba Populer Asal Indonesia, Penasaran?

domba

Domba adalah hewan ruminansia berkaki empat yang berasal dari family Bovidae. Hewan ini tergolong ke dalam kelompok ungulate serta berkembang biak dengan cara melahirkan.

Makanan utama sehari-harinya ialah rumput. Ciri utama dari domba ialah mempunyai rambut yang tebal serta biasa dimanfaatkan guna pembuatan wol.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Kaktus Hias, Siap Bikin Rumah Jadi Lebih Minimalis!

Selain itu, pada domba jantan terdapat bentuk tanduk yang cukup besar. Tanduk pada domba biasanya berbentuk segitiga memanjang serta melingkar.  

Warna dari domba sendiri cenderung sama yaitu berwarna putih, cream serta hitam. Ingin tahu domba jenis apa saja yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Domba Batur

domba batur

Domba batur adalah domba hasil persilangan antara domba merino dengan domba ekor tipis. Domba ini mempunyai ukuran tubuh yang relatif besar serta panjang dengan bentuk kaki pendek serta kaku. 

Domba ini mempunyai sebaran asli geografis di Kecamatan Batur dan sekitarnya, yang secara turun-temurun dikembangkan serta menjadi milik masyarakat Kabupaten Banjarnegara.

2. Domba Gibas

domba gibas

Domba ekor gemuk banyak dikenal karena ekornya yang mempunyai ukuran relatif besar serta gemuk. Domba gibas banyak dijumpai di wilayah Madura, Jawa Timur, Sulawesi, NTB serta Lombok.

Domba ini termasuk hewan ternak penghasil daging, yang mana jika pemeliharaan dilakukan secara intensif bisa diperoleh pertambahan berat badan sekitar 51-55 gram/hari, domba gibas mempunyai kemampuan menimbun lemak di pangkal ekornya.

Selain tembok bata/kayu, plastik uv juga dapat digunakan sebagai penutup dinding kandang hewan ternak. Cek harga terbaru plastik uv disini.

3. Domba Texel

domba texel

Domba ini mempunyai mempunyai bulu yang lebat, keriting serta juga halus, berbentuk spiral berwarna putih yang menyelimuti bagian tubuhnya kecuali daerah perut bagian bawah.

Postur tubuh domba texel wonosobo cenderung tinggi, besar serta panjang dengan bentuk ekornya yang relatif kecil.

Salah satu keunikan yang dipunyai oleh domba texel ialah bulu wol yang menutupi hampir semua tubuhnya kecuali bagian muka, perut bagian bawah dan juga kaki.

4. Domba Garut

domba garut

Jenis domba ini termasuk domba unggulan yang terkenal di Indonesia. Sesuai dengan namanya, domba garut banyak ditemukan di daerah Garut, Provinsi Jawa Barat.

Domba garut juga menjadi salah satu andalan warga di Indonesia sebab mempunyai perawakan yang besar, tanduk yang tajam serta melengkung ke belakang berbentuk spiral serta kuat.

Domba ini mempunyai telinga kecil yang terletak dibelakang tanduknya. Untuk domba garut betina biasanya tak mempunyai tanduk.

Baca Juga : Cara Tepat Merawat Aglaonema 'Sri Rejeki' Agar Tidak Cepat Mati

5. Domba Gembel

domba gembel

Domba ini dikenal sebagai domba lokal asli Indonesia serta sering dikenal oleh masyarakat sebagai domba gembel.

Perkembangan domba gembel juga cukup pesat, yang awalnya hanya berkembang di Jawa Tengah serta Jawa Barat, kini sudah berkembang di seluruh wilayah Indonesia.

Domba ekor tipis sendiri mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Selain itu, domba gembel juga gampang untuk berdaptasi di daerah tropis.

Mengenal Jenis-jenis Domba Populer Asal Indonesia, Penasaran? Mengenal Jenis-jenis Domba Populer Asal Indonesia, Penasaran? Reviewed by Pak Tani on Agustus 12, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk