limcorporation
Subscribe Newsletter

Fakta Durian Montong: Asal Thailand, Padahal Bibitnya Asli Indonesia

durian

Durian adalah buah musiman yang mempunyai banyak sekali penggemar. Di Indonesia sendiri, durian tumbuh sangat subur serta selalu laris manis kalau musimnya tiba.

Tak hanya dapat dimakan langsung, durian juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan serta olahan minuman yang lezat.

Baca Juga :

Durian sendiri punya banyak sekali jenisnya, salah satu yang paling populer adalah durian montong. Mau tahu info lain soal durian montong? Cek ulasannya dibawah.

Durian Paling Enak di Indonesia

durian

Bicara soal jenis durian paling enak, durian montong termasuk salah satu jenis terfavorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Durian montong bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. 

Spesifikasi Durian Montong

durian

Ciri utama dari buah durian ini amat gampang dikenali, yakni dari dagingnya yang tebal, baunya yang menyengat, serta rasa yang sangat manis.

Warna buahnya kuning cerah, meskipun ada beberapa pula yang warnanya kuning sedikit pucat. Jenis montong biasanya punya duri besar, buahnya menonjol serta ukurannya besar.

Julukan Durian Montong

durian

Seperti yang kita ketahui, buah durian mempunyai julukan yakni raja buah. Sedangkan untuk jenis durian montong dijuluki sebagai 'raja durian'.

Asal Asli Bibit Durian Montong

bibit durian

Durian montong kerap pula disebut sebagai buah khas Thailand. Bahkan, kebanyakan durian montong yang dipasarkan di Indonesia diimpor dari Thailand.

Akan tetapi berdasarkan penelitian, ternyata bibit asli durian montong itu berasal dari Jawa Tengah, Indonesia.

Induk durian montong ialah durian sukun yang termasuk spesies asli asal Indonesia, tepatnya di Karanganyar, Jawa Tengah.

Alasan Indonesia Jadi Impor Durian Montong

durian

Indonesia sendiri tercatat mengimpor kurang lebih 19 ton durian montong dari Thailand tiap tahunnya. Jumlah tersebut tentu bukan angka yang sedikit.

Lantas, mengapa durian montong lebih populer di Thailand dan bahkan justru diekspor ke Indonesia yang menjadi asal bibitnya?

Hal ini dapat terjadi sebab Indonesia tak dapat mengembangkan bibit asli tersebut dalam skala perkebunan khusus untuk diproduksi.

Oleh sebab itu, Thailand pun mengimpor bibit asli itu serta mengembangkannya menjadi durian montong yang sekarang kita kenal.

Jaring paranet banyak digunakan para pekebun untuk menjaga buah mereka agar tak langsung jatuh ke tanah saat masa panen. Cek harga terbaru paranet disini.

Tips Membeli Durian Montong

  1. Pilihlah buah yang bentuknya bulat. Hindari memilih bentuk yang tak beraturan, sebab umumnya isi buahnya sedikit.
  2. Kalau kulit durian montongnya keras, tandanya itu masih muda. Jadi pilih yang agak empuk, biasanya itu matang dengan baik.
  3. Jenis durian apapun, termasuk juga durian montong, kalau ada retak lebar, maka tak patut dibeli. Pasalnya, rasanya pasti asam.

Negara yang Tepat untuk Budidaya Durian Montong

durian montong

Indonesia, Malaysia, Thailand serta beberapa negara lain dapat menjadi tempat tumbuh ideal bagi beberapa jenis durian unggulan, seperti contoh durian montong.

Hal tersebut sebab iklim, curah hujan, hingga kondisi tanahnya cocok untuk pertumbuhan durian. Ada baiknya untuk mengenal dulu persyaratan tumbuh buah ini jika ingin melakukan budidaya.

Fakta Durian Montong: Asal Thailand, Padahal Bibitnya Asli Indonesia Fakta Durian Montong: Asal Thailand, Padahal Bibitnya Asli Indonesia Reviewed by Pak Tani on Agustus 14, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk