limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

Bingung Pilih Jenis Ikan untuk Dibudidayakan? Cek 9 Rekomendasi Ini!

Permintaan pasar Indonesia terhadap ikan konsumsi serta ikan hias amat tinggi, sehingga menjalani bisnis di sektor peternakan ikan air tawar terbilang menjanjikan.

Namun sayangnya bisnis ini belum dapat dijalankan secara maksimal oleh masyarakat di negara kita. Masih banyak permintaan pasar terhadap ikan konsumsi yang belum terpenuhi.

Baca Juga: 6 Jenis Salak yang Banyak Digemari Orang Indonesia, Mana Favoritmu?

Padahal negara kita sendiri kaya akan lahan. Di samping itu menjalani bisnis peternakan ikan pula terbilang mudah. Kamu tertarik budidaya ikan tapi bingung pilih jenis ikannya? Tenang, yuk cek rekomendasi berikut!

1. Ikan Nila

Nila memiliki pertahanan tubuh yang kuat. Durasi panennya cuma 4-6 bulan. Setelah itu ikan nila telah dapat dipanen serta siap dikonsumsi. Selain di atas masih ada kelebihan yang dimiliki ikan nila.

Nila adalah ikan yang gampang dibudidaya. Kedua peminatnya banyak. Kuat dari serangan penyakit. Nila juga termasuk omnivora yang dapat diberi pakan apa saja.

2. Ikan Lele

Budidaya ikan air tawar yang paling gampang serta murah adalah ikan lele. Bagaimana tidak? Ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang amat kuat serta paling kuat dibandingkan ikan air tawar lainnya.

Perawatannya pula mudah, kamu cukup memperhatikan faktor pakan serta kolam. Jangan biarkan lele kelaparan agar tidak bersifat kanibal (mepakan temannya) Selain mudah, ikan lele pula memiliki peminat yang banyak.

3. Ikan Gurame

Tidak diragukan lagi ikan gurame amat menguntungkan guna dibudidaya. Sebab dia memiliki harga jual cukup mahal.

Terbukti telah banyak masyarakat umum (Khususnya yang berada di daerah Asia tengah serta Asia Barat) yang membudidayakan gurame guna dijual ataupun sekedar konsumsi pribadi. Biasanya ikan gurame menjadi menu andalan di sebagian restoran.

4. Ikan Mas

Mengingat Indonesia berlingkungan tropis, sehingga amat cocok guna memelihara ikan mas. Kemudahan budidaya ikan mas ialah dapat dibudidayakan di kolam terpal, jaring terapung serta kolam tanah.

Untuk pemanenan kamu cukup menunggu 5 bulan setelah itu tinggal menikmati hasilnya. Masyarakat zaman dahulu di tahun 1860 an di Ciamis melakukan pemijahan ikan mas menggunakan ijuk.

Namun ternyata teknik tersebut masih kerap digunakan oleh masyarakat di zaman saat ini. sebab memang terbukti ampuh serta mudah.

Baca Juga: Bukan Sampah, Ternyata 7 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Bagi Kesehatan

5. Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah jenis ikan air payau. Bila dikonsumsi rasanya sedikit asin namun amat lezat. Di dalamnya mengandung protein hewani yang amat tinggi serta rendah kolesterol.

Jika kalian tinggal di pinggiran pantai sehingga membudidayakan ikan bandeng amat kami rekomendasikan.

Sebab perawatan ikan bandeng membutuhkan air yang memiliki kandungan garam sedang alias tidak kurang serta tidak lebih.

Kebanyakan peternak bandeng memakai kolam tambak, tetapi kamu pula dapat memakai kolam terpal dengan syarat harus sering mengecek kondisi garam pada air kolam.

6. Ikan Kakap

Ikan kakap memiliki potensi pasar yang bagus, kebanyakan peminatnya adalah masnyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Hal ini sebab harga semangkuk kepala ikan kakap dapat mencapai Rp.75.000 - Rp.150.000.

Akan tetapi jangan cuma di lihat dari harganya saja, sebab sampai saat ini kebutuhan ikan kakap guna memenuhi permintaan pasar masih amat kurang.

Jika kamu serius ingin beternak, kamu dapat berkonsultasi dengan hotel ataupun restoran terdekat guna memasarakan jenis bisnis ini pula utuk menambah relasi.

Budidaya ikan sangat cocok memakai kolam terpal. Selain efisien, perawatan tempatnya juga mudah. Cek harga terpal plastik terbaru disini.

7. Ikan Koi

Tidak diragukan lagi ikan koi adalah ikan yang cukup terkenal di seluruh penjuru dunia. Jenis ikan koi yang beragam serta corak warna yang cantik membuat amat cocok dibudidaya di kolam depan rumah.

Banyak sekali macam macam ikan koi dengan berbagai macam pola serta corak warna yang berbeda beda. Sehingga amat indah dipandang serta peminatnya pula banyak.

8. Ikan Patin

Daftar budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan kelima adalah ikan patin. Saking banyaknya peminat ikan patin sebagai menu makan, sampai sampai pihak pasar Indonesia banyak yang impor ikan patin dari Vietnam.

Tapi sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan ikan patin telah dapat dikonsumsi. Lebih besar ikan sehingga lebih mahal pula harganya. Jadi, membudidayakan ikan patin dapat menjadi peluang bisnis yang amat menguntungkan.

9. Ikan Hias

Bisnis ternak ikan hias adalah salah satu jenis bisnis ternak yang terkenal di Indonesia. Dalam bisnis peternakan ikan hias pula cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah penggemar ikan hias di Indonesia.

Mulai dari anak anak hingga dewasa menyukai ikan hias. Serta ini akan menjadi peluang bagi kamu guna mencoba membudidayakannya sebab tingginya minat masyarakat. (Editor: A)

Bingung Pilih Jenis Ikan untuk Dibudidayakan? Cek 9 Rekomendasi Ini! Bingung Pilih Jenis Ikan untuk Dibudidayakan? Cek 9 Rekomendasi Ini! Reviewed by Pak Tani on Maret 20, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk