Selain Bisa Terbang, Ini 8 Fakta Unik Lain dari Ayam yang Wajib Diketahui


Ayam merupakan salah satu jenis hewan yang cukup trend di kalangan masyarakat Indonesia. Hewan ini dipelihara baik oleh kalangan bawah, menengah ataupun kalangan atas. Ayam menjadi hewan yang sangat digemari baik anak anak ataupun orang dewasa. Jenis ayam yang dipelihara juga ada banyak diantaranya yaitu ayam kampung biasa, ayam hias, maupun ayam ternak seperti ayam petelur dan ayam potong.

Selain cukup menggemaskan, akan tetapi ayam juga mempunyai nilai jual yang cukup lumayan bila ditekuni. Karena nilai jual inilah yang mungkin menyebabkan ayam disukai oleh seluruh kalangan masyarakat. Akan tetapi ada beberapa hal tentang ayam yang cukup unik dan mungkin hanya diketahui oleh orang orang yang memang berkecimpung dalam bidang peternakan terutama ayam. Nah penasaran kan, tentang fakta unik apa saja tentang ayam? Yuk simak penjelasan tentang fakta unik ayam yang tak banyak orang tau.

1. Gallus Gallus Domesticus


Sebutan itu memang benar nama ilmiahnya, ayam termasuk dalam golongan aves atau burung. Namun tau tidak, ternyata jumlah ayam itu jauh lebih banyak dari pada jumlah burung atau manusia. Di tahun 2003 saja jumlah ayam di seluruh dunia ini diperkirakan ada 24 miliar, nah bagaimana sekarang yang sudah tahun 2021. Pastinya hal ini disebabkan ayam jadi konsumsi kesukaan manusia. Jenis ayam juga ada banyak karena adanya perkawinan silang, seperti ayam hutan, ayam potong, ayam telur, dan lain sebagainya.

2. Ayam Makan Kerikil


Pada saat ayam sedang berada di halaman rumah, tentunya akan mengais tanah untuk mencari sesuatu yang bisa dimakan. Anda mungkin berpikir yang dicari ayam tentu saja semacam biji bijian yang tercecer. Bisa jadi begitu, tetapi ayam terkadang juga memakan kerikil kerikil berukuran sangat kecil. Kerikil yang dimakan ini sebagai alat pembantu pencernaan dan tentunya dalam kadar yang tak berlebihan.


3. Ayam Betina Tetap Bertelur Tanpa Pejantan


Untuk fakta berikut ini mungkin masih cukup banyak yang belum tahu. Ayam betina itu bisa tetap mengeluarkan telur walaupun tanpa kehadiran pejantan. Sebab tugas pejantan hanya membuahi sel telur bukan membuat ayam betina bertelur. Secara alami ayam terus memproduksi sel telur dalam tubuhnya dan akan dikeluarkan ketika proses sudah selesai. Saat ayam jantan tak membuahi maka telur tersebut akan jadi telur infertil atau tak mungkin menetas.

4. Ayam Potong Cepat Besar Bukan karena Hormon


Saat ini banyak beredar tentang kurang sehatnya ayam potong atau broiler yang beredar di pasaran. Berita yang paling trend yaitu isu suntik hormon pada ayam broiler yang menyebabkan ayam bisa tumbuh dengan cepat. Sebetulnya dalam dunia perunggasan sangat jarang ada penyuntikan hormon pertumbuhan.

Jika ayam broiler bisa mencapai bobot 1,4 kg dalam waktu 35 hari ini disebabkan faktor genetisnya sudah bagus serta ditunjang dengan pakan yang baik. Itulah alasan kenapa ayam broiler cepat besar, adapun suntik yang dilaksanakan yaitu suntik antibiotik. Hal inilah yang cukup menjadi perhatian para ilmuwan di dunia, pemakaian antibiotik sudah mulai dibatasi sebab dianggap cukup berbahaya.

5. Semakin Tua Semakin Besar Ukuran Telur


Bila seekor ayam betina umurnya semakin tua maka semakin besar juga ukuran telurnya, ya mungkin ini bisa terlihat jelas pada ayam petelur. Walaupun telurnya bertambah besar, tetapi jumlah produksinya bertambah hanya sedikit.

6. Darah dan Daging Ayam Berwarna Hitam


Tak perlu kaget dengan judul di atas, fakta tersebut memang benar ada jenis ayam yang semua anggota badannya berwarna hitam, ya benar ayam cemani namanya. Untuk saat ini sangat sulit mencari ayam cemani yang masih murni, sebab kebanyakan ayam cemani sekarang mungkin darahnya berwarna sedikit kehitaman tetapi dagingnya masih merah. Sedangkan ayam cemani murni dari daging, lidah ataupun kulit luarnya berwarna hitam.

Apabila Anda punya yang seperti ini peliharalah baik baik, serta jaga garis keturunan ayam jangan sampai tercampur. Alasannya bukan karena alasan mistis atau sejenisnya, tapi dari segi nilai ekonomis ayam seperti ini sangat mahal kalau dijual.

7. Ayam Punya Sifat Kanibalisme


Sebagian besar ayam terkadang suka mematuk temannya sampai berdarah dan akan terus mematuk sampai lukanya membesar. Hal tersebut sering terjadi pada peternakan ayam broiler yang waktu makannya kurang. Jangan khawatir, masalah tersebut bisa diatasi dengan debeaking atau pemotongan paruh, untuk menghindari supaya paruh tak melukai yang lainnya.

8. Ayam Petelur Mudah Kaget


Jenis ayam petelur memang sangat sensitif, mudah stres dan kaget. Karena itulah yang menjadi alasan mengapa pendirian perusahaan ayam petelur harus ditempat yang tak terlalu ramai. Lebih parahnya lagi, hanya karena suara petir jumlah produksi telurnya bisa berkurang, tentunya akan merugikan peternak.

Itulah beberapa fakta unik dari ayam, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Dan jangan lupa selalu sharing, agar kita sama-sama tau tentang fakta unik tersebut. Bye-bye!!
Selain Bisa Terbang, Ini 8 Fakta Unik Lain dari Ayam yang Wajib Diketahui Selain Bisa Terbang, Ini 8 Fakta Unik Lain dari Ayam yang Wajib Diketahui Reviewed by Yoyon Oke on Januari 23, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.