Mengenal Botanis, Pekerjaan yang Mempelajari Tumbuh-tumbuhan


Pekerjaan di bidang pertanian memanglah mempunyai banyak ragamnya, mulai dari yang umum seperti Petani atau Pekebun, hingga yang berhubungan dengan teknologi yakni Agriculture Engineer. Untuk kamu yang tertarik bekerja di bidang ini, tentu kamu punya banyak pilihan yang bisa di pelajari ilmunya.

Salah satu pekerjaan di bidang pertanian yang masih jarang diketahui orang adalah Botanist. Dalam bahasa Indonesia yakni Botanis, adalah julukan untuk seorang ahli tumbuhan. Kata Botani sendiri berasal dari Bahasa Yunani Kuno yakni kata 'botane' yang berarti rerumputan atau padang penggembalaan.

Baca Juga :
- Budidaya Leunca Buah Kecil Nan Banyak Manfaat
- Alat Pengukur Tebal Kulit Tanaman Karet
- Bisnis Putsa, Modal 1 Juta Omset Hingga 5 Juta

Botani atau ilmu tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu cabang dari Biologi. Dalam ilmu ini, para ahli akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan tanaman serta tumbuhan. Namun ahli botani tak hanya mempelajari tumbuhan, mereka juga harus mempelajari ilmu tentang jamur, bakteri, lumut, kerak, serta alga.

Kembali ke Botanis, di samping terlalu tergantung pada pupuk kimia pabrik yang kian mahal, para petani juga tergantung pada benih atau bibit yang mahal serta seringkali harus diimpor. Para botanis bisa berperan dalam penyediaan benih yang berkualitas namun terjangkau, termasuk mengeksplorasi serta melestarikan keragaman hayati negeri kita yang sangat kaya.

Ilmu botani sendiri dirasa masih dapat lebih dikembangkan. Penerapannya akan dapat dirasakan terutama pada bidang pertanian. Bila ilmu ini berkembang, cara perkembangbiakan tumbuhan yang baru akan ditemukan, sehingga menciptakan jenis-jenis tumbuhan yang lebih baik dalam hal kualitasnya serta kuantitasnya.


Pekerjaan penting para ahli botani sangat penting untuk pelestarian lingkungan. Penelitian mereka membantu menentukan bagaimana tanaman yang berbeda dapat bereaksi terhadap perubahan iklim, serta bagaimana melindungi spesies asli dari yang invasif. Ahli botani pertanian bekerja di garis depan krisis pangan, serta membantu meningkatkan pasokan obat-obatan, serat, serta lainnya.

Menjadi seorang botanis tentu bukan hal yang mudah, mereka di tuntut untuk mempelajari ilmu yang mungkin cukup sulit dipelajari. Untuk yang ingin menjadi seorang botanis atau ahli botani, tentu kamu harus mempunyai niat serta keinginan kuat. Meski tak mudah, yakinkan saja dirimu untuk bisa menjalani pekerjaan ini.

Mengenal Botanis, Pekerjaan yang Mempelajari Tumbuh-tumbuhan Mengenal Botanis, Pekerjaan yang Mempelajari Tumbuh-tumbuhan Reviewed by Toko Pertanian on Agustus 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.