5 Fakta Unik Bunga Anggrek yang Jarang Diketahui Orang, Kamu Tahu?

Bunga identik dengan keindahan, banyak jenis bunga terindah di dunia mulai dari bunga sakura sampai bunga anggrek. Jika sakura hanya mempunyai jenis yang jarang serta hidup di sedikit wilayah, maka anggrek adalah bunga yang tersebar diseluruh dunia dengan varietas beragam bahkan terbanyak serta salah satu yang tertua di dunia.

Family Anggrek juga salah satunya termasuk Vanilla (genus dari tanaman vanili), Orchis (tipe genus), serta banyak tanaman yang biasa dibudidayakan seperti Phalaenopsis serta Cattleya. Selain itu, sejak diperkenalkannya spesies tropis menjadi budidaya di abad ke-19, horticulturists sudah menghasilkan lebih dari 100.000 hibrida serta kultivar.

Bunga Tertua di Dunia

Para ilmuwan menemukan fosil serbuk sari anggrek di belakang lebah. Serbuk sari dari anggrek kuno ditemukan di bagian belakang lebah terbungkus dalam damar, seperti yang dijelaskan dalam sebuah penelitian di jurnal Nature 2007. Fosil tersebut berasal dari sekitar 10 juta ataupun 15 juta tahun yang lalu, tetapi banyak ilmuwan menduga bahwa keluarga anggrek jauh lebih tua. Beberapa penelitian menemukan beberapa jenis anggrek hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu, sebelum benua terbelah menjadi bentuk seperti saat ini.

Mempunyai Bibit Terkecil di Dunia

Karena bibit dari bunga Anggrek sangat kecil, hal ini menjadi tantangan untuk mereka yang ingin menanam bunga tersebut. serta bibit tersebut dapat memakan waktu cukup lama untuk berubah menjadi sebuah tanaman bunga Anggrek yang cantik serta menawan.

Bunga yang Ahli Menipu

Anggrek menipu serangga ke dalam penyerbukan mereka. Bagian reproduksi dari banyak bunga anggrek yang mempunyai bentuk serta unik terlihat seperti jenis serangga tersebut. Sesudah serangga tertarik, serbuk sari anggrek menempel pada serangga serta tak menyadarinya. Contohnya adalah Paphiopedilum picerianum (lihat gambar di atas), mempunyai kantung kecil yang menjebak serangga, tak memakannya tetetapi hanya untuk menarik perhatian serta membuat serangga mengambil serbuk sarinya.

Bunga dengan Varietas Terbanyak

Anggrek tersebar lebih dari 27.000 spesies serta dipastikan masih banyak spesies lainnya yang bisa ditemukan setiap harinya. Para ilmuwan menduga bahwa ada lebih banyak spesies di daerah topikal dunia, serta horticulturalists bunga berhibridisasi untuk membuat spesies baru yang tak ada di alam, serta menghasilkan beberapa varietas yang paling populer dari jenis tanaman yang ada.

Fakta Unik Anggrek Bulan

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) ataupun puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Spesies anggrek bulan pertama kali ditemukan di Ambon pada tahun 1750, yang kemudian diberi nama Epidendrum albummajus. Ada perbedaan pendapat mengenai penemu anggrek bulan ini. Ada juga yang mengatakan anggrek bulan pertama kali ditemukan oleh ahli botani asal Belanda bernama Dr. C.L. Blume.

5 Fakta Unik Bunga Anggrek yang Jarang Diketahui Orang, Kamu Tahu? 5 Fakta Unik Bunga Anggrek yang Jarang Diketahui Orang, Kamu Tahu? Reviewed by Gardener on November 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Judul
dari telah membeli
Beli juga!