Tak Diragukan Lagi, Ini 15 Manfaat Baik Daun Afrika Untuk Kesehatan!

Halo, kembali lagi bersama penulis yang pastinya membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Kali ini penulis ingin membahas artikel tentang Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya, langsung saja simak penjelasan selengkapnya.

Sudah sejak lama masyarakat memanfaatkan tanaman herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, karena manfaat tanaman herbal bagi kesehatan masih belum memiliki bukti medis yang kuat, maka tak lepas dari efek samping pemakaian. Satu diantara tanaman herbal yang dipercaya punya banyak khasiat yakni daun Afrika. Jika Anda pernah mendengar nama daun ini, tentu Anda juga pernah mendengar banyaknya manfaat daun afrika untuk tubuh, kan? Nah, apa saja kira-kira manfaatnya? Yuk simak selengkapnya di bawah.

Apa Itu Daun Afrika?

Dengan nama latin Vernonia Amygdalina tanaman ini tumbuh di wilayah Benua Afrika, terutama di Nigeria, dan sudah turun-temurun dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai obat tradisional.

Daun ini dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan pastinya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalam daun Afrika tersebut, diantaranya yaitu:
* Vitamin A, B Kompleks, C, dan E
* Mineral : Kalium, Kalsium, Magnesium, Natrium, Zat Besi, dan Zinc
* Serat
* Protein
* Lemak tak jenuh

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

Dari berbagai zat bergizi yang terkandung pada daun Afrika, maka terciptalah manfaat daun Afrika untuk kesehatan. Ada beberapa penjelasana tentang daun Afrika dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui, berikut ulasannya.

1. Melancarkan Pencernaan

Khasiat yang pertama yakni mampu melancarkan pencernaan. Dengan konsumsi daun Afrika secara rutin mampu memperlancar sistem pencernaan sekaligus mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Walaupun masyarakat sering memakai daun Afrika untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, namun bukti medis yang mendukung klaim manfaat daun Afrika untuk kesehatan satu ini belum cukup kuat.

2. Mengatasi Malaria

Di benua Afrika, masyarakat sering memanfaatkan daun ini untuk mengobati malaria. Manfaat daun Afrika untuk mengobati Malaria dikarenakan daun tersebut mengandung plasmodik.

3. Obat Luka

Menurut hasil studi yang telah dipublikasikan, daun Afrika mampu mempercepat proses pengeringan luka pada kulit. Selain itu, daun Afrika juga dipercaya bisa menimbulkan efek menenangkan saat Anda mengonsumsinya.


4. Menyembuhkan Flu

Mungkin flu bukan merupakan penyakit yang cukup berbahaya, namun kondisi ini tetap saja menghambat kita untuk beraktivitas. Salah satu cara mudah dan efektif yang bisa anda terapkan yaitu dengan mengonsumsi daun Afrika. Adanya kandungan senyawa flavonoid pada daun Afrika disinyalir ampuh untuk membasmi virus penyebab flu.

5. Mengobati Tifus

Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi bakteri pathogen yakni Salmonella typhi. Untuk mengurangi gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan tifus, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi ekstrak daun Afrika. Karena di dalam daun Afrika ini mengandung zat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri jahat.

Baca Juga :

6. Mengobati Peradangan

Pada ekstrak daun Afrika mengandung sejumlah zat yang bersifat antiinflamasi. Nah hal itulah yang membuat daun Afrika bermanfaat untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh pertumbuhan senyawa pemicu radang bernama prostaglandin.

Pada kasus peradangan sendi yang diakibatkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium, daun Afrika juga bisa dijadikan solusi jitu untuk mengatasi gangguan kesehatan radang sendi.

7. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh, bahkan melebihi batas normal. Untuk Anda yang mengidap diabetes juga bisa mengambil daun Afrika dan manfaatnya untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh agar selalu berada di angka yang normal.

8. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung ini diakibatkan oleh penyempitan pebuluh darah arteri jantung yang berimbas pada kurangnya suplai darah dan oksigen menuju jantung. Mengonsumsi daun Afrika secara rutin juga dipercaya dapat meminimalisir risiko munculnya penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung.

Sebab pada daun Afrika mengandung antioksidan dan antiseptik, yakni asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua kandungan ini sangat efektif dalam merawat fungsi pembuluh darah arteri

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyempitan pembuluh arteri tersebut juga dipicu oleh faktor lain yakni menumpuknya kolesterol jahat di dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian daun Afrika terbukti mampu menurunkan kadar lemak LDL bahkan sampai 50%.

Akan tetapi, karena objek penelitian masih berupa hewan tikus membuat manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang satu ini belum bisa dikatakan kuat dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut dengan objek manusia.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan adanya kandungan mineral kalium tersebut menurut sejumlah penelitian bahwa manfaat daun Afrika juga mampu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik, masing-masing sebesar 2,5 mmHg dan 4,4 mmHg.

11. Mengobati Asam Urat

Jika Anda mengidap penyakit asam urat, maka salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan daun Afrika. Ternyata manfaat dari daun Afrika juga bisa merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urin.

12. Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar bisa berfungsi dengan baik. Mengonsumsi daun Afrika merupakan solusi jitu untuk mencegah penyakit ginjal. Di dalam daun Afrika terdapat kandungan zat vitamin, asam lemak, dan asam fenolat yang berfungsi sebagai antioksidan.

13. Mencegah Kanker

Manfaat lainnya dari daun Afrika ini yaitu mampu mencegah berkembangnya sel kanker, karena adanya kandungan zat anti-kanker pada daun Afrika menjadi alasan mengapa daun ini wajib untuk dikonsumsi guna menghindari risiko terkena penyakit kanker di kemudian hari.

Daun ini cukup efektif dalam mencegah kanker payudara berkat peran dari zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal kerusakan sel DNA akibat aktivitas oksidasi yang dipicu oleh radikal bebas.

14. Meningkatkan Kesuburan

Meskipun belum didukung oleh bukti medis yang kuat, daun Afrika juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Pada pria, mengonsumsi daun Afrika secara rutin dipercaya mampu memperbaiki kualitas sperma. Sedangkan bagi wanita, daun Afrika mempunyai manfaat untuk mencegah timbulnya kista pada Rahim.

15. Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Terlebih lagi para kaum Hawa, kesehatan dan kecantikan kulit menjadi poin utama yang harus diperhatikan demi menunjang penampilan. Diantara sekian banyak cara menjaga dan merawat kecantikan kulit, memakai daun Afrika merupakan salah satunya.

Kandungan androfolit dan andrografin pada daun Afrika, yang mana kedua senyawa tersebut efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini, dan mencegah infeksi yang bisa memicu rusaknya jaringan kulit. Bukan hanya itu, manfaat daun Afrika untuk kecantikan kulit yaitu mengatasi berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, kudis, dan kurap.

Wajib Anda pahami juga, mengingat daun Afrika merupakan tanaman herbal, maka mengonsumsi tanaman ini bisa saja menimbulkan efek samping. Sebelum mengonsumsi daun Afrika lebih baik konsultasikan dengan dokter terkait agar tidak terjadi hal yang cukup fatal.

Yups, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa untuk selalu share ke orang-orang terdekat Anda. Sekian dan Terima kasih.

Tak Diragukan Lagi, Ini 15 Manfaat Baik Daun Afrika Untuk Kesehatan! Tak Diragukan Lagi, Ini 15 Manfaat Baik Daun Afrika Untuk Kesehatan! Reviewed by Yoyon Oke on September 12, 2020 Rating: 5

1 komentar:

  1. Cara mengkonsumsi, apakah direbus, bagaimana caranya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.