HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengintip Tujuan Perkembangan Teknologi Pertanian Modern di Indonesia


Halo, salam sejahtera untuk semua! Kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai Teknologi Pertanian Modern di Indonesia. Tak perlu lama-lama, yuk langsung saja kita simak secara detailnya.

Penjelasan singkat tentang pertanian modern yakni suatu teknologi atau inovasi di bidang pertanian yang lebih maju, dari segi mesin, pengendalian hama penyakit hingga panen serta pasca panen. Adapun hal yang membedakan pertanian modern dengan pertanian tradisional yaitu perlakuan dan cara perawatan dalam proses budidayanya.

Perkembangan teknologi pertanian terbaru di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat. Sebab banyak berbagai kalangan yang mulai tertarik dengan teknologi ini, bukan hanya orang-orang yang bergerak di bidang pertanian saja, namun orang-orang awam juga penasaran dengan penemuan teknologi pertanian terbaru tersebut.

Bila mendengar kata teknologi, pasti yang terlintas pertama kali yakni gadget, aplikasi, maupun software. Meski beberapa komponen tersebut ada di sekitar kita, tetapi kita tak boleh tutup mata untuk terbuka dengan teknologi di bidang lain, misalnya saja dalam bidang pertanian. Di dalam dunia agribisnis pertanian, pasti mengenal yang namanya teknologi juga dan semakin lama selalu ada teknologi baru dengan berbagai inovasi yang baru juga.

Sama seperti perkembangan teknologi maupun komunikasi, dalam bidang pertanian pun teknologinya tak kalah canggih. Sekarang ini banyak penemuan-penemuan yang dianggap akan meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia. Bisa dibayangkan bila dalam sebuah bidang tak ada perubahan yang signifikan? Tentu kualitas sebuah produk di dalam pertanian akan berhenti di tengah jalan seperti itu-itu saja.

Dan terlebih lagi Indonesia adalah negara agraris yang mempunyai sumber daya alam tinggi dan pengelolaan yang cukup baik, jadi dalam bidang pertanian jelas ini sangat akan mendukung. Tak hanya kekayaan hayati saja, Indonesia yang mempunyai daerah tropis yang bersahabat dengan iklim dan cuacanya, akan sangat mendukung sector pertanian sehingga selalu dilirik oleh negara-negara asing.

Bidang pertanian ini merupakan bidang yang selalu dibutuhkan oleh siapapun. Jika dilihat pada peranannya dalam menunjang kebutuhkan sandang, pangan, dan papan manusia dalam sehari-hari. Sebab, manusia tak akan bisa bertahan tanpa adanya pangan. Untuk memperoleh pangan, tentu harus memerlukan pertanian yang menghasilkan beras. Sudah jelas ini merupakan mata rantai yang saling terikat.

Adanya fenomena baru ini terjadi berkat kontribusi besar dari lingkungan universitas, pemerintah, bahkan perusahaan swasta. Dari ketiga lingkaran tersebut berlomba-lomba mengembangkan tekonologi pertanian menjadi lebih baik.


Meski ada banyak alat teknologi pertanian terbaru sudah dengan mudah ditemukan, namun anda juga masih bisa menemukan alat-alat tradisional seperti ani-ani, cangkul, sabit, garu, dan beberapa alat lainnya. Karena alat-alat inilah yang dari zaman dulu menjadi barang yang sangat bermanfaat untuk kehidupan para petani. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan alat-alat yang canggih sekarang ini, alat tradisional tersebut tentu akan kalah dalam segi kecepatan, kualitas, dan lain-lain. Berdasarkan penjelasan di atas adapun tujuan utama pertanian modern di Indonesia, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga :
Negara-negara dengan Sistem Pertanian Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?
5 Tanaman Rambat yang Ramah Untuk Dinding, Kamu Punya?
Kupas Tuntas EM4, dari Pengertian Hingga Cara Membuatnya Sendiri!

1. Merupakan Jalan Menuju Keberhasilan Modernitas di Indonesia

Apabila hasil dari panen semakin banyak maka dianggap maju. Negara Indonesia sendiri pemakaian pupuk dan pestisida kimia merupakan bagian dari revolusi hijau yang menjadi sebuah proyek ambisius Orde Baru, untuk memacu hasil produksi pertanian dengan memakai teknologi modern.

2. Optimalisasi Hasil Pertanian

Inovasi pertanian modern ini bukan hanya sepintas usaha untuk pemenuhan kebutuhan pangan manusia, namun sudah lebih ke arah pengoptimalan usaha tani supaya menghasilkan bahan pangan yang lebih bermutu. Salah satu yang sangat diperhatikan dari hasil panen yakni baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

3. Penggabungan Konsep yang Sudah Ada

Tujuan peningkatan teknologi pertanian ini supaya pertanian berjalan lebih efektif dan efisien. Untuk sekarang ini perkembangan konsep pertanian yang dipergunakan adalah gabungan dari dua konsep awal yang terkesan berjalan sendiri-sendiri.

Nah, seperti apa sih perkembangan teknologi dalam dunia pertanian ini? Teknologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan peningkatan keterampilan dalam industri. Bila diterapkan di dalam dunia pertanian, pengertiannya yaitu sebuah trik atau cara untuk meningkatkan usaha tani. Contohnya saja dalam proses pemilihan benih yang terbaik, bagaimana menyebarkan dan meletakkan benih di poros yang tepat, proses pemeliharannya sampai ketika memanennya.


Terlepas dari penjelasan tersebut, berkembangnya bidang pertanian juga bisa dilihat dari jenis obat-obatan dan makanan yang digunakan, pupuk jenis apa saja yang dipakai, sampai dengan pestisidanya. Pasti beberapa komponen tersebut tak bisa dikerjakan dengan asal saja, oleh sebab itu peran petani dan teknologi yang harus saling bersatu untuk menghasilkan hasil panen yang maksimal.

Dari sebagian besar orang banyak yang beranggapan bahwa teknologi telah mengambil alih semua pekerjaan petani, sebab dengan teknologi ini akan bisa dikerjakan dengan mudah dan waktu yang singkat dibandingkan masih memanfaatkan SDM yaitu petani. Akan tetapi realitanya, teknologi tak akan bekerja dengan baik bila tak ada kerjasama yang baik dengan petani. Teknologi bukan robot, jadi harus tetap memerlukan peran SDM untuk melakukannya.

Nah, itu tadi penjabarannya. Mohon maaf jika ada kekurangan kata ataupun kalimat pada artike ini, see you next di artikel berikutnya. Selalu share supaya bisa berguna dan lebih bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengintip Tujuan Perkembangan Teknologi Pertanian Modern di Indonesia"

Posting Komentar