Jangan Ngaku Pecinta Kopi! Jika Belum Tau Fakta Uniknya


Minuman kopi merupakan salah satu jenis minuman dari hasil seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Tanaman kopi ini adalah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Terdapat 2 varietas pohon kopi yang paling dikenal yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

Apakah Anda salah satu pecinta minuman kopi? Untuk itu lupakan sejenak tentang espresso atau frappuccino yang berat dan terlalu rumit. Karena adanya kesibukan yang menggila tak ada salahnya untuk menghela nafas sebentar dan menikmati bacaan ringan yang menyenangkan. Contohnya, ini 10 fakta unik di balik kopi yang Anda nikmati mungkin hampir setiap hari. Pernahkah Anda tau bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh kambing yang menari? Untuk itu simak fakta menarik lain dari kopi ini.

1. Para gembala kambing di Ethiopia adalah yang pertama kali menyadari tentang efek kafein setelah melihat kambing yang mereka gembalakan bergerak sangat lincah, dan bahkan seperti menari, sesudah memakan biji-biji kopi.

2. Dari kebiasaan aslinya, biji kopi ini dimakan, bukan diminum, apalagi suku-suku di Afrika yang suka sekali mencampurkan biji kopi dengan lemak semacam mentega untuk kemudian dimakan. Karena biji kopi ini dijadikan sebagai camilan dan diyakini sangat akurat untuk menambah energi.

3. Di masa Kebangkitan Islam merupakan pemberi kontribusi yang cukup besar akan kepopuleran kopi ini. Karena di masa tersebut minuman beralkohol diharamkan, untuk itulah kopi dianggap sebagai minuman yang bisa diterima dan juga sering dikonsumsi di era itu.

Baca Juga:
Mengenal Penyakit Bule Tanaman Cabai dan Cara Ampuh Mengatasinya!
Dibalik Rasanya yang Enak, Ternyata Susu Kedelai Miliki Manfaat Luar Biasa!
Pahami Sebelum Memutuskan! Ini Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai

4. Dari banyaknya tanaman kopi di bumi ini semuanya tumbuh di satu garis lintang bernama The Bean Belt atau The Coffee Belt. Jalur atau area ini terbentang antara antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Negara Hawaii ini merupakan satu-satunya Negara bagian Amerika yang ditumbuhi oleh tanaman kopi.

5. Raja Inggris di tahun 1675 memberikan larangan untuk segala aktifitas berbentuk kedai kopi sebab ia curiga bahwa kedai-kedai kopi merupakan sarana orang-orang berkumpul untuk berkonspirasi melawannya kepemimpinannya.

6. 70% peminum kopi di seluruh dunia mengonsumsi jenis Arabika yang memiliki rasa lebih lembut dan aromatik. Dan untuk 30% sisanya meminum Robusta yang lebih pahit tapi nikmat dan mengandung kafein 50% lebih banyak dibandingkan dengan Arabika.


7. Tanaman kopi ini bisa tumbuh tinggi sampai berukuran 30 kaki atau sekitar 9 meter. Akan tetapi, kebanyakan pohonnya dipangkas sampai sampai 10 kaki atau sekitar 3 meter saja supaya bijinya gampang dipetik.

8. Tanaman kopi termasuk komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan di dunia. Untuk urutan yang pertama yaitu minyak.

9. Penemu kopi instan adalah George Washington. Bukan George Washington sang Presiden Amerika loh, akan tetapi dia adalah seorang berkebangsaan Belgia yang tinggal di Guatemala. Orang berkebangsaan Belgia ini menemukan kopi instan pada tahun 1906.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI
10. Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah Americano. Istilah ini berasal dari tentara-tentara G.I Amerika pada masa perang dunia kedua. Tentara Amerika ini umumnya memesan espresso tapi dicampur dengan air untuk sedikit meringankan rasanya yang cukup kuat. Bergerak lebih jauh lagi tentang istilah Cup Of Joe, istilah ini asalnya dari prajurit-prajurit G.I Joes pada masa perang dunia kedua sebab mereka dikenal sebagai peminum kopi berat.

Membahas tentang kopi memang tak akan pernah ada habisnya, pasti selalu ada fakta menarik baru yang ditemukan dibaliknya. Mungkin Anda mulai tertarik untuk bertanam kopi. Sekarang ini budidaya tanaman lebih mudah, apalagi tanaman kopi ini untuk bertanamnya sudah tak perlu lagi menanam pohon untuk peneduhnya dahulu, sebab sekarang sudah ada Paranet sebagai pengganti pohon peneduhnya. Tenang saja, harga paranet cukup terjangkau tak sampai membuat dompet Anda kritis.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Jangan Ngaku Pecinta Kopi! Jika Belum Tau Fakta Uniknya” dapat berguna dan bermanfaat.
Jangan Ngaku Pecinta Kopi! Jika Belum Tau Fakta Uniknya Jangan Ngaku Pecinta Kopi! Jika Belum Tau Fakta Uniknya Reviewed by Gardener on Februari 14, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.