Cantik Tapi Beracun, 9 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengancam Kesehatan Loh

9 Jenis Tanaman yang Mengancam Kesehatan
Apabila Anda pecinta tanaman hias, penempatan tanaman atau pohon hias di dalam rumah memang bisa membuat ruangan terlihat lebih segar dan sejuk. Akan tetapi, bukan berarti tidak beresiko sama sekali. Adapun beberapa tanaman hias, yang sering ditempatkan sebagai dekorasi ruangan, ternyata mempunyai kandungan toksin yang bisa mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan, maka mulai hari ini berhati-hatilah memilih jenis tanaman hias untuk melengkapi koleksimu. Akan sangat berbahaya jika tanaman hias beracun ini sampai terkonsumsi oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan. Dan tanaman hias jenis apa saja yang termasuk ke dalam tanaman hias beracun? Yuk, simak informasinya hanya disini!

1. Sri Rejeki (Dieffenbachia)


Sri rezeki adalah salah satu tanaman hias beracun yang sangat umum dipakai. Bentuk daunnya yang lebar dengan warna yang memuda di bagian tengahnya menjadi daya pikat pada tanaman hias ini.

Akan tetapi, siapa yang menyangka jika ternyata getahnya mengandung racun yang bisa menyebabkan pembekakan di mulut dan lidah, gatal-gatal, dan gangguan pernafasan. Hal ini bisa terjadi ketika termakan oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan dalam jumlah yang banyak. Dampak atau akibat yang lebih fatal dari mengkonsumsi tanaman hias beracun ini yaitu kejang-kejang.

2. Selendang Putih (Peace Lily)


Selendang putih ini tergolong ke dalam tanaman hias yang hanya tumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah, selendang putih memang lebih baik diletakkan di dalam ruangan. Tanaman hias beracun ini mempunyai bunga berwarna putih kelam dan daun berwarna hijau tua. Yang bikin unik, semakin tua tanaman hias beracun ini warna daunya pun akan ikut menua, menjadi lebih gelap.

Dampak yang timbul ketika setiap bagian daun dan bunga dari tanaman hias beracun ini tertelan yaitu mulut sampai tenggorokan terasa terbakar, muntah-muntah, dan sakit perut. Selendang putih bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

3.  Philodendron


Philodendron dapat dikenali dari bentuk daunnya yang melengkung dan melancip dibagian ujungnya. Karena memiliki bentuk yang kecil dan tumbuh merambat tanaman hias beracun ini sering digunakan sebagai bunga hias gantung di dalam ruangan. Bukan hanya itu, tanaman hias beracun ini juga gampang dibudidayakan karena cukup adaptif. Jadi berhati-hatilah pada bagian daunnya, apabila termakan bisa mengakibatkan bibir, lidah dan tenggorokan membengkak.

4. Kuping Gajah (Caladium)


Tanaman hias beracun ini sebenarnya memiliki nama umum Keladi Hias, berasal dari nama genusnya Caladium. Akan tetapi, bentuknya yang seperti kuping gajah ini membuatnya lebih dikenal dengan nama tersebut. Selain dari bentuk daunnya, tanaman hias beracun ini juga dikenal dengan warna daunnya yang selalu segar dan nggak mudah kering.

Pada setiap bagian dari tanaman hias ini mengandung racun. Apabila sengaja termakan oleh binatang peliharaan atau anak-anakmu selain pembekakkan di mulut dan lidah, efeknya juga bisa mengakibatkan kesulitan pernafasan.

BACA JUGA:
Viral! Feng Li Jiao, Si Buah yang Miliki Rasa dan Bentuk Unik
Mengenal Bajakah, Tanaman Akar dengan Manfaat dan Khasiat Menakjubkan
Buah Pisang Terancam Punah! Ternyata Jamur Ini Penyebabnya
Soda & Arang Untuk Lahan Pertanian, Apa Sih Manfaatnya?

5. English Ivy


Daun ivy atau nama populernya English ivy merupakan tanaman hias beracun yang tumbuhnya menjulur jadi umumnya dipakai sebagai tanaman gantung.

Pada bagian daun tanaman ini mengandung racun yang jika tertelan akan mengakibatkan iritasi kulit, pembekakan di tenggorokan, bahkan demam. Apabila hewan peliharaan yang memakannya akan terjadi gangguan kesehatan, seperti diare dan muntah-muntah. Dampak ini akan timbul apabila tanaman hias beracun ini dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Tanaman Dolar (ZZ Plant)


Walaupun Tanaman Dolar cocok diletakkan di dalam ruangan karena mampu tumbuh di tempat yang tak terlalu terang, tetapi seluruh bagian dari tanaman ini mengandung racun. Berdasarkan hasil penelitian terbaru menyatakan tanaman hias beracun ini mengandung senyawa oksalat yang mampu mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Maka setiap habis menyentuh tanaman hias beracun ini, cucilah tanganmu dengan cairan yang mengandung antitoksin. Untuk lebih amannya, gunakanlah sarung tangan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

7. Lidah Mertua (Sanseviera)


Lidah Mertua meruapakan salah satu tanaman hias yang populer digunakan, namun nggak banyak yang mengetahuinya bahwa Lidah Mertua ternyata mengandung racun. Umumnya tanaman ini dihindarkan dari anak-anak sebab bentuknya yang tajam. Meskipun memiliki kadar racun yang tidak begitu tinggi, apabila dimakan jumlah yang banyak dapat berakibat serius. Gejala yang ditimbulkan tanaman hias beracun ini yaitu muntah-muntah dan diare.

Meskipun tanaman hias beracun ini berbahaya, bukan berarti kamu nggak bisa menempatkanya di rumahmu. Kamu hanya perlu berhati-hati dan menjaga jangan sampai anak-anak atau hewan peliharaanmu memakannya.

8. Sirih Gading


Daun sirih gading elok dilihat dan membuat nuansa sejuk lingkungan rumah. Namun jangan salah, biarpun namanya sama seperti tanaman sirih yang bisa dikonsumsi, akan tetapi sirih gading akan membuatmu muntah-muntah dan bengkak-bengkak seperti alergi bila memakannya.

9. Palem Sago


Walaupun bentuk tanaman ini seperti pohon palem tetapi memiliki ukuran mini, siapa sangka bila tanaman ini bisa megakibatkan muntah, diare bahkan gagal hati bila memakannya. Jauhkan kucingmu! Biasanya tanaman seperti ini sangat disukai kucing untuk bermain dan menguyahnya.

Demikian pembahasan artikel tentang “Cantik Tapi Beracun! 9 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengancam Kesehatan”, semoga bermanfaat untuk Anda.


Kami Lim Corporation menyediakan dan melayani pemesanan serta pembelian Plastik Pertanian & Perkebunan, dengan harga murah dan bahan yang berkualitas. Info pemesanan produk silakan hubungi admin kami pada hari dan jam kerja via:
Email: limcorporation2009@gmail.com
Phone: 031–8830487
SMS/CALL/WA: 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Cantik Tapi Beracun, 9 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengancam Kesehatan Loh Cantik Tapi Beracun, 9 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengancam Kesehatan Loh Reviewed by Yoyon Oke on Agustus 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.