HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Buah Pisang Terancam Punah! Ternyata Jamur Ini Penyebabnya

Buah Pisang Terancam Punah! Ternyata Jamur Ini Penyebabnya
Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Adapun beberapa jenisnya yaitu (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. xparadisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Didalam tandan, buah ini tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir seluruh buah pisang mempunyai kulit berwarna kuning pada saat matang, walaupun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir berwarna hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi atau karbohidrat dan mineral, terutama kalium.

Perlu disadari, istilah pisang juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas.

Buah pisang menjadi menu sarapan paling favorit. Bahkan pisang menjadi buah paling digemari untuk dikonsumsi setelah makan siang. Bagi dunia olahraga, memakan pisang dianggap mampu menambah energi. Tak hanya rasanya yang enak tetapi pisang juga mengandung potasium, protein dan bahkan bisa membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:
Soda & Arang Untuk Lahan Pertanian, Apa Sih Manfaatnya?
Bonsai Bougenville, Jadi Tren Masa Kini Bagi Pecinta Tanaman
Yuk Kepoin Kelebihan & Kekurangan Metode Perbanyakan In Vitro
Mengenal Lebih Dalam Metode Perbanyakan Tanaman Secara In Vitro

Dalam buah pisang terdapat banyak kandungan khasiat walau beberapa ahli gizi menganggap buah berwarna kuning itu megandung banyak gula. Akan tetapi, munculnya jamur mematikan bisa membuat kita kehilangan pisang. Penyebaran jamur tersebut bisa mengakibatkan pisang mengalami kepunahan.

Selama beberapa dekade terakhir, pisang yang paling banyak diekspor di dunia yaitu Gros Michel, tetapi pada tahun 1950 jamur yang dikenal sebagai penyakit Panama betul-betul menyapu bersih pisang jenis itu. Sebagai gantinya, petani pisang beralih ke jenis lain yang kebal terhadap penyakit ini yaitu varietas Cavendish, yang sekarang menyumbang 99% dari ekspor pisang.


Saat ini, buah yang sangat dicintai sekali lagi terancam. Kembali dengan nama yang berbeda, Tropical Race 4 (TR4), jamur sudah kembali dan dikatakan lebih mematikan jika dibandingkan yang meniadakan Gros Michel, sebab juga mempengaruhi banyak jenis pisang lokal di seluruh dunia.

Kepunahan buah pisang ini diakibatkan beberapa faktor seperti perubahan iklim, serangan serangga, kualitas tanah yang buruk serta patogen tanaman.

Patogen bekerja dengan menyerang tanaman dan menginfeksi akarnya, kemudian bergerak naik melalui xilem (jaringan yang mengangkut air dan nutrisi) dan mengakibatkan penyumbatan. Tanaman kemudian layu dan mati. Sejak kedatangannya saat itu, strain baru sudah menyebar ke Asia Tenggara, Australia dan Afrika, menunjukkan bahwa penyakit ini menyebar dan bisa menjadi ancaman bagi pisang di seluruh dunia.

Produsen Mulsa Plastik di Surabaya
Lantas, apa yang bisa dilaksanakan untuk menyelamatkan pisang?

Alasan penyebaran jamur ini sebab praktik buruk dari 50 tahun yang kemudian masih berlangsung, oleh sebab itu para ahli menyarankan bahwa satu-satunya solusi nyata yaitu membakar perkebunan dan memulai lagi dengan tanaman yang berbeda.

Akan tetapi, di Afrika sebuah proyek darurat 12 bulan yang didanai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) sudah berjalan untuk menangani TR4 dan ada harapan bahwa penyakit tersebut bisa terkandung di daerah di mana sudah ditemukan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Buah Pisang Terancam Punah! Ternyata Jamur Ini Penyebabnya”, semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Mulsa Plastik untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Pisang Terancam Punah! Ternyata Jamur Ini Penyebabnya"

Posting Komentar