Mengulik 6 Manfaat Utama Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan buah sukun? Buah sukun punya tekstur daging yang berserat dan empuk seperti roti. Tak heran orang Eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti atau breadfruit.

Di daerah Pasifik, sukun dipilih menjadi salah satu makanan pokok pengganti roti. Buah sukun dapat diolah dengan direbus, digoreng, atau dibakar. Selain itu, bisa juga diolah menjadi keripik yang nikmat.

Baca Juga :

Pohon buah sukun tumbuh subur di kawasan tropis, salah satunya di Indonesia. Dikenal dengan teksturnya yang unik dan rasanya yang manis, sukun ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain :

1. Menurunkan gula darah

Sukun mempunyai indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Hal ini bermanfaat untuk penderita diabetes atau yang ingin menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

2. Memenuhi kebutuhan diet bebas gluten

Sukun tak mengandung gluten, protein yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Bagi mereka yang menjalani diet bebas gluten, sukun bisa menjadi alternatif karbohidrat yang aman, sehat dan mengenyangkan.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. Buah sukun kaya akan antioksidan, seperti flavonoid serta polifenol, yang mampu melawan peradangan dalam tubuh.

Waring sayur menjadi wadah pack hasil panen yang tengah populer akhir-akhir ini, karena harganya murah dan lebih efisien digunakan. Cari waring sayur? Klik disini untuk cek harganya!

4. Melindungi kesehatan jantung

Sukun mengandung serat yang tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini bisa membantu melindungi kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Melancarkan pencernaan

Khasiat lain buah sukun yakni mampu membersihkan racun berbahaya dalam usus. Tidak hanya membantu masalah pencernaan umum, sukun juga mampu melindungi usus dari bahan kimia penyebab kanker.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Buah sukun kaya akan vitamin A serta beta karoten yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi penglihatan, sedangkan beta karoten membantu mencegah katarak serta degenerasi makula.

Referensi :

https://hortikultura.pertanian.go.id/manfaat-buah-sukun/

https://umsu.ac.id/health/manfaat-buah-sukun-kesehatan-tubuh-yang-tersembunyi/

Mengulik 6 Manfaat Utama Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh Mengulik 6 Manfaat Utama Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Pak Tani on Mei 18, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.