Tips Menjaga Tanaman Agar Tetap Hidup Saat Ditinggal Mudik

Tak lama lagi libur Lebaran tiba, dan banyak masyarakat yang memutuskan untuk pergi mudik ke kampung halaman. Lantas, bagaimana nasib tanaman kita nanti? Tak tega pastinya kalau harus meninggalkan tanaman hias kesayangan tanpa persiapan telebih dahulu.

Baca Juga :

Meski hanya ditinggal beberapa hari, pastikan tanaman hias kamu tidak layu dan mati karena tidak adanya perawatan. Supaya terhindar dari kondisi tersebut, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Lihat durasi mudik

Lamanya waktu mudik mempengaruhi seberapa baik tanaman hidup tanpa ada orang yang merawatnya dan menyediakan air yang cukup. Pada seminggu pertama, beberapa jenis tanaman akan baik-baik saja tanpa disiram. Namun, memasuki minggu kedua, beberapa tanaman akan mulai menderita.

2. Perbaiki pencahayaan

Setiap tanaman mempunyai pencahayaan berbeda, baik itu sinar matahari langsung ataupun tak langsung. Terkadang menyesuaikan jumlah cahaya yang diterima tanaman setiap hari saat bepergian dapat mengurangi pertumbuhan serta kebutuhan air.

Dengan memindahkan tanaman supaya mendapat sedikit sinar matahari, hal itu dapat membantu tanaman agar tetap subur karena memicu pertumbuhan dan penggunaan air. Namun, pastikan tak menempatkan tanaman di situasi yang ekstrem, seperti terlalu banyak ataupun minim cahaya.

3. Jangan memberi pupuk

Tips ketiga yakni tunda dulu pemberian pupuk sebelum kamu mudik, karena itu bisa meningkatkan laju pertumbuhan. Pertumbuhan tanaman yang lambat bakal membantu menghemat energi serta air tanaman selama kamu pergi. Kamu bisa memberi pupuk kembali setelah pulang mudik.

Butuh wadah tanam yang mudah dipindahkan dan murah untuk menanam tanaman di rumah? Polybag solusinya! Klik disini untuk cek harganya.

4. Buat sistem penyiraman otomatis

Kamu bisa membuat sistem penyiraman otomatis yang sederhana dengan memanfaatkan botol plastik. Pertama isi botol plastik dengan air dan lubangi tutupnya dengan jarum.

Ukuran botol plastik bisa disesuaikan dengan durasi kamu pergi mudik. Lanjut, tancapkan botol plastik secara terbalik ke tanah pot. Air dalam botol akan perlahan-lahan meresap ke tanah dan menjaga tanaman tetap lembab selama kamu pergi.

5. Siram tanaman secara menyeluruh sebelum pergi

Sehari sebelum kamu pergi mudik ke kampung halaman, siram tanaman secara menyeluruh dan pastikan tanaman tidak ada yang sakit. Pastikan tanahnya basah kuyup dan air mengalir keluar dari lubang drainase pot dengan lancar.

6. Mintalah bantuan tetangga

Sebelum kamu berangkat, pastikan sudah memberi tahu mereka secara detail tentang tanaman mana saja yang perlu disiram dan seberapa sering mereka perlu disiram. Sebagai bentuk rasa terima kasih, jangan lupa berikan sedikit oleh-oleh dari kampung halaman kepada tetangga yang telah membantu kamu.

Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240401083228-277-1081119/7-tips-rawat-tanaman-hias-saat-ditinggal-mudik

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/04/105612276/6-cara-menjaga-tanaman-tetap-tumbuh-subur-saat-tinggal-mudik?page=all

Tips Menjaga Tanaman Agar Tetap Hidup Saat Ditinggal Mudik Tips Menjaga Tanaman Agar Tetap Hidup Saat Ditinggal Mudik Reviewed by Pak Tani on April 06, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.