7 Daerah Penghasil Durian Terbanyak di Indonesia Pada 2022

Durian merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini punya ciri khas kulit yang keras dan berduri, serta daging buahnya berwarna kuning keemasan dan mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Durian sering disebut sebagai 'Raja Buah' karena rasanya yang unik, lezat dan kaya nutrisi. Namun, baunya yang menyengat membuat buah tropis satu ini kadang dihindari.

Baca Juga :

Meski begitu, faktanya jumlah penggemar buah durian terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah produksi durian terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Peningkatan signifikan terasa di tahun 2022, di mana produksi durian saat itu mencapai 1,7 juta ton per tahun. Lantas, daerah mana saja yang menghasilkan durian terbanyak di Indonesia pada 2022?

1. Jawa Timur (419 ribu ton)

Jawa Timur adalah daerah dengan produksi durian terbesar di Indonesia pada 2022, yang mana juga turut menyumbangkan sekitar 25% dari total produksi durian di tanah air.

2. Sumatera Barat (304 ribu ton)

Sumatera Barat berada di urutan kedua dengan total produksi sebesar 304.119 ton, setengahnya dari total produksi durian di daerah Jawa Timur.

3. Jawa Tengah (211 ribu ton)

Produksi durian di Jawa Tengah mencapai 211.898 ton di tahun 2022. Dibandingkan tahun 2021, angka produksi tersebut meningkat dari yang jumlahnya 159.199 ton.

4. Sumatera Utara (109 ribu ton)

Durian adalah buah-buahan yang banyak diminati masyarakat Sumatera Utara. Salah satu Kabupaten yang menjadi penghasil durian terbesar di Sumatera Utara adalah Kabupaten Dairi.

Pembibitan tanaman durian dalam skala besar bisa dikerjakan dengan memakai wadah tanam polybag, agar biaya lebih hemat dan tetap efisien. Butuh polybag? Cek harganya disini sekarang!

5. Jawa Barat (80 ribu ton)

Jawa Barat dikenal sebagai daerah penghasil durian yang lezat. Beberapa kota besar di Jawa Barat yang menjadi produsen durian yakni Cianjur, Garut, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Majalengka.

6. Sulawesi Tengah (63 ribu ton)

Penghasil durian terbesar di Sulawesi Tengah berada di Kabupaten Parigi Moutong. Kabarnya, hasil panen durian di daerah tersebut dapat tembus hingga 300 ribu kuintal.

7. Sulawesi Selatan (59 ribu ton)

Dari 21 daerah penghasil durian yang terkenal di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Utara menjadi daerah penghasil durian terbesar di Sulawesi Selatan.

Referensi :

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/10-provinsi-penghasil-durian-terbesar-di-indonesia-pada-2022

7 Daerah Penghasil Durian Terbanyak di Indonesia Pada 2022 7 Daerah Penghasil Durian Terbanyak di Indonesia Pada 2022 Reviewed by Pak Tani on Desember 30, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.