Cara Ampuh Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Srikaya

Srikaya merupakan tanaman tropis dengan nama latin Annona squamosa. Asal usul tanaman srikaya belum diketahui pasti, namun diperkirakan berasal dari wilayah Amerika Selatan dan beberapa kawasan di Asia.

Pohon srikaya bisa ditemui dengan mudah di dataran Amerika Selatan, Amerika Tengah, Karibia, Brazil, Suriname, India, serta Asia Tenggara. Karena buahnya manis, banyak orang Indonesia yang menanam pohon srikaya di halaman rumah.

Baca Juga :

Meski mudah tumbuh, tanaman srikaya perlu dipelihara dengan baik agar mampu menghasilkan banyak buah yang sehat. Sama seperti tanaman lain, srikaya juga bisa terserang hama atau penyakit yang punya dampak merugikan.

Kutu putih, hama yang sering menyerang tanaman srikaya

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian RI, hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman srikaya sendiri cukup banyak, antara lain; kutu putih, ngengat penusuk buah, lalat buah, busuk buah (menghitam), dan antraknosa.

Untuk hama yang paling sering menyerang tanaman srikaya, terutama menyerang bagian buahnya adalah kutu putih. Hama meresahkan ini berwarna putih sesuai nama, hidup bergerombol dan biasanya muncul di bagian pucuk daun, tangkai bunga, serta kulit buah.

Kutu putih mempunyai masa hidup 37-50 hari, tiap induknya mampu menghasilkan 300-700 butir telur. Kalau srikaya terserang hama ini, pertumbuhannya akan terhambat dan buahnya bisa mengering. Parahnya, buah yang terserang kutu putih dapat menularkan sebuah virus.

Cara membasmi hama kutu putih pada tanaman srikaya

Kutu putih pada tanaman dapat dibasmi dengan menyemprot bagian yang terserang memakai campuran air dan sabun cuci piring cair. Anda juga dapat menyemprotkan insektisida azodrin 60 WST, sevin 85 S, serta perfekthion.

Namun anda perlu memperhatikan dosisnya, sehingga tak mengganggu kesehatan buah srikaya. Untuk cara lain membasmi kutu putih, anda bisa menggunakan batang serai dan deterjen. Cara mengolahnya sebagai berikut :

  • Siapkan batang serai secukupnya, kemudian potong-potong kecil.
  • Blender potongan serai sampai halus.
  • Sesudah diblender, peras serai lalu ambil sarinya saja dan ampasnya dibuang.
  • Beri tambahan deterjen sebanyak 2 sdm untuk 1 liter sari serai, lalu aduk sampai merata.
  • Masukkan cairan kedalam semprotan, lalu semprotkan pada bagian yang terkena kutu putih.

Butuh brongsong buah berkualitas untuk melindungi buah dari hama dan serangga? Klik disini sekarang!

Sebagai pencegahan, anda disarankan untuk menutup atau membrongsong buah yang masih kecil dengan brongsong buah atau bisa juga dengan plastik yang diberi lubang-lubang kecil. Meski tak menjamin buah bebas hama, setidaknya risiko terjangkit bisa berkurang.

Referensi :

https://rimbakita.com/srikaya/

https://m.caping.co.id/news/detail/12108597

https://www.kampustani.com/menghilangkan-kutu-putih-pada-buah-srikaya/

Cara Ampuh Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Srikaya Cara Ampuh Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Srikaya Reviewed by Pak Tani on Juli 29, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.