Subscribe Newsletter

Kenapa Nama Buah di Indonesia Banyak Diberi Kata Bangkok?

Buah-buahan menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia sejak zaman dahulu kala. Tak hanya menyehatkan, buah juga menjadi salah satu makanan favorit karena mempunyai rasa khas.

Indonesia sendiri sering dijuluki sebagai taman surga sebab kesuburan tanahnya. Dengan kesuburan tersebut, tumbuh beragam tanaman dan tumbuhan dari tanah Indonesia, termasuk sayuran serta buah-buahan.

Baca Juga :

Dari banyaknya buah dengan jenis yang beragam, ada jenis buah yang sering menyita perhatian masyarakat Indonesia. Ya, jenis tersebut adalah jenis buah bangkok, seperti contoh yang populer ada Jambu Bangkok, Durian Bangkok, dll.

Buah dengan nama di akhiri kata 'bangkok' sendiri memang mempunyai ciri khas menonjol, yakni antara lain bentuknya yang lebih besar, rasanya berbeda, dan harganya lebih murah ketimbang buah lokal.

Memang, kenapa banyak nama buah di Indonesia yang diberi kata 'bangkok'? Seperti yang kita tahu, buah di Indonesia banyak yang berasal dari luar negeri alias impor, dan salah satu negara pengimpor buah paling banyak ke Indonesia adalah Thailand.

Kata 'bangkok' pada beberapa buah bangkok sendiri memang berasal dari nama kota Bangkok di Thailand. Sedih memang, di wilayah Asia Tenggara pamor buah Indonesia dilibas oleh Thailand.

Butuh polybag untuk pembibitan tanaman? Klik disini untuk cek harga terbarunya!

Ini bukan masalah yang baru, tapi memang sudah ada sejak lama. Terdapat banyak faktor Indonesia masih kalah dari Thailand sebagai negara pengekspor buah. Inovasi negara Indonesia di bidang perkebunan sedikit di bawah Thailand.

Faktor paling utama adalah kalahnya jumlah produksi yang diantaranya dikarenakan infrastruktur, jumlah lahan, dan dukungan pemerintah. Di Thailand, pemerintah menggenjot produksi buah-buahan dengan memberikan dukungan penuh ke petani buah.

Kenapa Nama Buah di Indonesia Banyak Diberi Kata Bangkok? Kenapa Nama Buah di Indonesia Banyak Diberi Kata Bangkok? Reviewed by Pak Tani on Juni 02, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk