Fakta Unik Rosella, Si Merah yang Biasa Dijadikan Teh Menyehatkan

rosella

Rosella merupakan jenis bunga yang asalnya dari benua Afrika dan mempunyai nama latin yakni Hibiscus Sabdariffa. Tanaman rosella memiliki bunga berwarna merah serta berukuran cukup besar, bunga ini menyerupai bunga sepatu.

Bagian rosella yang dikonsumsi yakni bagian kelopak bunga. Bunga ini sering diolah menjadi beragam produk, seperti selai, sirop, obat, serta juga teh herbal. Ingin tahu fakta unik lain dari rosella? Simak penjelasan dibawah ini.

Kandungan zat pada kelopak bunga rosella

rosella

Kelopak bunga rosella diketahui mengandung sejumlah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti contoh vitamin C, vitamin A, kalsium, protein esensial, serta18 jenis asam amino, termasuk arginina serta legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel dalam tubuh.

Di Indonesia, rosella diolah menjadi teh

teh rosella

Di daerah asalnya di Afrika, rosella umum disajikan dalam bentuk selai ataupun jeli. Sementara di Indonesia, rosella banyak dikenal sebagai tanaman yang diolah jadi teh. Pohon rosella sendiri mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1922. Tanaman ini bisa tumbuh subur terutama di musim hujan. 

Baca Juga :

Pemanfaatan rosella di negara lain

rosella

Di negara Sudan, rosella diproses menjadi sebuah minuman tradisional yang dinamakan 'karkadeh' serta termasuk salah satu minuman kebangsaan orang Sudan. Sementara di Mesir, rosella biasa diminum dingin pada musim panas serta diminum panas ketika musim dingin.

Rosella mempunyai lebih dari 300 spesies

tanaman rosella

Rosella mempunyai lebih dari 300 spesies yang dapat hidup serta berkembang di daerah tropis serta nontropis. Salah satu diantaranya ada rosella merah, ini jenis rosella yang sering dimanfaatkan.

Manfaat lain dari rosella untuk kesehatan

  • Menurunkan asam urat
  • Turunkan tekanan darah
  • Melancarkan buang air besar
  • Atasi kolesterol tinggi
  • Menjaga saluran pencernaan
  • Cegah risiko terkena obesitas
  • Memperbaiki metabolisme tubuh
  • Cegah penyakit jantung
  • Mengatasi infeksi serta peradangan
  • Lindungi kulit wajah
  • Meredakan batuk serta mencegah flu

Plastik UV sangat cocok untuk greenhouse tanaman, seperti  pada tanaman rosella atau tanaman lain. Butuh plastik uv? Cek harga terbarunya disini!

Cara mudah membuat minuman dari bunga rosella

  1. Petik dulu beberapa bunga sosella yang sudah mekar
  2. Cuci bunga rosella dengan air sampai bersih
  3. Rebus rosella menggunakan air mendidih sampai air berwarna kemerahan
  4. Sesudah kemerahan, angkat serta tuangkan di dalam gelas
  5. Tambahkan sedikit madu ataupun gula sesuai selera masing-masing guna mengurangi rasa asam
  6. Selain saat hangat, teh rosella juga dapat dinikmati ketika dingin, tinggal masukan saja ke dalam kulkas

Dapat disimpan dalam waktu yang lama

rosella

Rosella yang kering bisa bertahan sampai beberapa tahun. Tapi semua itu tergantung juga dengan bagaimana proses penyimpanan, yaitu harus di tempat kering, tidak lembab, serta masuk dalam kantong plastik yang mana udara tidak bisa masuk.

Fakta Unik Rosella, Si Merah yang Biasa Dijadikan Teh Menyehatkan Fakta Unik Rosella, Si Merah yang Biasa Dijadikan Teh Menyehatkan Reviewed by Pak Tani on Agustus 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.