Manfaat Plastik UV (Ultra Violet) Pada Budidaya Tanaman Hidroponik dan Untuk Atap Penjemuran (Pengeringan)

Plastik UV Untuk Greenhouse
Plastik UV sangatlah banyak manfaatnya, dipergunakan bukan saja dalam bidang pertanian, tetapi juga dalam kolam ikan (perikanan), untuk atap kandang ternak (peternakan), dll.

Sebaiknya sebelum Anda membeli plastik UV (Ultra Violet) tentunya kita harus mengerti tentang plastik UV yang sering dijual di pasaran, agar sesuai dengan apa yang Anda perlukan & tidak salah dalam menentukan pilihan. Dan tentunya Anda bisa membeli plastik UV dengan harga yang pantas sesuai kualitas yang diharapkan.

Ada Beberapa Hal Penting Yang Wajib Anda Tahu Mengenai Plastik UV (Ultra Violet)
Plastik UV ialah sejenis plastik yang biasa dipergunakan untuk atap atau dinding greenhouse (rumah tanaman) untuk melindungi tanaman dari paparan sinar matahri & curah hujan secara berlebihan.

OK sahabat tani, kita kembali ke pokok pembahasan Plastik UV (Ultra Violet) saja, agar topik tidak melebar kemana-mana.

Plastik UV ialah  plastik yang dalam pembuatannya dilapisi bahan kimia tertentu,  sehingga bisa menahan sinar ultraviolet yang berlebihan yang dapat merusak tanaman.

Kandungan UV Protektor yang terkandung didalamnya ditunjukkan dengan angka prosentase, dari hal ini kita harus mengetahui bahwa jenis plastik UV yang ada di pasaran Indonesia saat ini kebanyakan memiliki prosentase plastik 6% dan 14% dengan rata-rata ketebalan sekitar 150-200 mikron.

Dari angka prosentase tersebut menjelaskan bahwa jika bahan kimia yang terkandung semakin banyak, maka semakin besar pula kemampuan plastik UV untuk menahan sinar matahari. Semakin banyak kandungan UV Protektor maka warna plastik makin gelap (buram).

Jenis & Ukuran Plastik UV (Ultra Violet)
Plastik UV memiliki ukuran serta jenis yang beragam. Namun plastik UV yang biasa di gunakan & dijual di toko kami Lim Corporation antara lain:

1. Plastik UV lokal merk HERCULES
Ini produk lokal yang sudah teruji kualitasnya, sudah lama digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Tersedia dua pilihan kandungan UV Protektor yakni 6% dan 14%, ukuran 3m x 100m, tebal 200 mikron
Plastik UV Hercules 6% Untuk Penjemuran

Plastik UV 14% Hercules Untuk Greenhouse dan Hidroponik

2. Plastik UV import merk VATAN Istambul Turkey dengan kualitas terbaik, mengandung banyak kandungan zat aditif, kualitas standart internasional, kandungan UV protektor 14%, dengan lebar 3m, 4,2m, 6m, dan 8m.

Plastik UV 14% Untuk Greenhouse merk Vatan Istanbul Turki

Plastik UV 14% Untuk Hidroponik merk Vatan Istanbul Turkey
Plastik UV (Ultra Violet)


Beberapa Manfaat Plastik UV (Ultra Violet)
Plastik UV atau Ultra Violet memiliki banyak manfaat atau keunggulan, diantaranya:
Plastik UV digunakan untuk berbagai kebutuhan antara lain:
- Greenhouse
- Atap dan alas penjemuran (pengeringan)
- Atap kandang ternak
- Alas kolam ikan
- dll.

1. Plastik UV 14% saat ini paling banyak digunakan untuk greenhouse. Untuk budidaya tanaman hortikultura, sayuran, dan tanaman hidroponik.

2. Plastik UV 6% bisa digunakan sebagai atap & alas penjemuran/ pengeringan yang bermanfaat untuk melindungi hasil panen agar tidak terlalu terpapar sinar matahari & melindungi dari hujan saat cuaca tidak menentu. Dengan dipayungi atap dari plastik uv maka tidak repot lagi kalau tiba-tiba hujan turun, tidak repot-repot harus membereskan jemuran.

Tidak hanya itu, Plastik UV juga banyak digunakan untuk alas penjemuran, tujuannya agar sinar matahari yang masuk bisa dipantulkan lagi, sehingga proses pengeringan dari bagian bawah juga berlangsung, sehingga lebih cepat kering.

Plastik UV bisa digunakan untuk atap dalam proses pengeringan hasil panen seperti: padi, rosella, vanilli, kacang, kedelai, jagung, kopi, teh, kakao, ikan, dll. Dan juga bisa digunakan untuk pengeringan pada isdustri batu bata, genteng, batako, paving, dll.

Selain dari hal tersebut, Plastik UV juga banyak digunakan untuk alas penjemuran, tujuannya agar sinar matahari yang masuk bisa dipantulkan lagi, sehingga proses pengeringan dari bagian bawah juga berlangsung, sehingga lebih cepat kering.

Lebih maksimal jika barang yang dijemur tidak langsung bersentuhan dengan lantai, tapi diletakkan di atas bidak-bidak, sebelumnya bidak bagian atas dilapisi dulu dengan plastik UV.

3. Plastik UV untuk atap kandang ternak
4. Plastik UV untuk Atap dan alas kolam.
5. Plastik UV untuk prisma garam.

Plastik UV 6% Untuk pengeringan

Apa Kelebihan Plastik UV Dibandingkan Dengan Plastik Biasa? 
Jika dibandingkan plastik biasa, plastik UV memiliki ketahanan lebih kuat terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Hal inilah yang akan membuat biaya perawatan & produksi berkurang serta hasil panen. Plastik UV memiliki berbagai kandungan zat aditif dan uv protektor yang tidak dimiliki oleh plastik biasa. Sehingga plastik UV lebih maksimal dalam usaha meningkatkan produktifitas tanaman.

Penggunaan Plastik UV Untuk Greenhouse
Plastik UV biasanya digunakan sebagai atap pada greenhouse. Beberapa jenis greenhouse yang memakai plastik UV diantaranya greenhouse rangka bambu, green house rangka kayu, green house rangka bes, dll.

Selain hal itu, plastik UV bisa digunakan dalam bidang pertanian & perikanan, misalnya untuk pembibitan, produksi sayur & buah, serta perikanan/aquaticplant.

Manfaat Plastik UV Untuk Budidaya Tanaman Hidroponik
Mengapa saat membuat naungan dalam budidaya tanaman hidroponik sebaiknya memakai Plastik UV, mengapa tidak memakai plastik biasa saja, kan lebih murah harganya? Karena plastik UV memiliki banyak kelebihan dibanding plastik biasa, seperti yang telah disebutkan di atas.

Budidaya tanaman  hortikultura di Indonesia saat ini sedang marak dan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak salah jika banyak pengusaha-pengusaha pertanian mengambil kesempatan ini dengan baik. Umumnya mereka pada awalnya bertanam hidroponik karena iseng atau hobby. Karena dianggap sangat menguntungkan akhirnya mereka menekuni bisnis sayuran hidroponik.

Kegiatan membudidayakan tanaman secara hidroponik itu bukanlah hal yang sulit, tapi juga tidak terlalu mudah. Semua membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya. Tetapi biasanya kalau sudah didasari hobby, kita akan santai menikmati prosesnya.
Hambatan yang sering dialami di dalam membudidayakan tanaman hidroponik ini ialah gangguan hama atau cuaca yang kurang bersahabat dengan pertumbuhan tanaman. Oleh Karena itu dibuatlah green house untuk mengatasi hal-hal tersebut.

Greenhouse itu merupakan sebuah bangunan yang berfungsi untuk melindungi tanaman. Banyak orang yang menyebut green house itu dengan rumah kaca, sebab biasanya greenhouse ini terbuat dari kaca Acrylic. Namun memakai kaca Acrylic ini terbilang cukup mahal. Oleh Karena itu banyak pembudidaya tanaman hidroponik ini  memakai Plastik UV. Lalu apa itu Plastik UV Greenhouse & apa saja Manfaat Plastik UV (Ultra Violet) bagi tumbuhan? Berikut penjelasannya.

Sebagai tambahan informasi, sebenarnya yang dimaksud dengan Plastic UV (Ultra Violet) itu ialah plastik khusus yang dibuat dengan ditambahi zat-zat aditif, yang dapat menyaring sinar ultraviolet dengan kadar tertentu, dan memaksimalkan kinerja greenhouse, agar tanaman bisa tumbuh, berbunga, dan berbuah secara maksimal.

Plastik UV Untuk Penjemuran Biji-Bijian

Pada umumnya Plastik UV yang dijual dipasaran tertulis angka 6%, dan 14%. Angka tersebut ialah kandungan UV protector yang dimiliki plastik UV tersebut. Salah satu alternatif yang saat ini banyak digunakan ialah memakai plastik UV 14% baik sebagai atap atau untuk menutup keseluruhan greenhouse.

Perbedaan Plastik UV Dengan Plastik Bening Biasa
Selanjutnya apa saja keuntungan Plastik UV (Ultra Violet) pada greenhouse dibandingkan jika memakai plastik bening biasa? Berikut ini penjelasannya:

Pertama
Plastik UV selain bisa melindungi dari radiasi matahari, Plastik UV juga bisa melindungi tanaman dari hujan. Anda juga tidak perlu khawatir apabila Hujan lebat, Karena plastik UV ini akan mencegah air masuk ke dalam green house

Kedua
Plastik UV (Ultra Violet) Greenhouse mampu melindungi tanaman dari hama dan gangguan serangga yang dapat merusak tanaman.

Ketiga
Plastik Ultra Violet (Ultra Violet) bisa memaksimalkan proses fotosintesa pada tanaman, sehingga hasil panen akan lebih optimal.

Keempat
Plastik UV (Ultra Violet) juga bisa meminimalisir penggunaan pestisida serta bahan kimia lainnya. Sehingga cocok untuk budidaya tanaman organik, yang aman dikonsumsi.

Kelima
Pada intinya jika pembuatan greenhouse memakai plastik biasa, greenhouse akan mudah rusak karena tidak adanya bahan adiktif untuk memproteksi ultraviolet. Dan pembuatan greenhouse memakai plastik biasa maka suhu didalam greenhouse akan sangat panas karena radiasi matahari tidak diurai,sehingga tanaman bisa kering & layu,berbeda jika memakai plastik UV sinar matahari yang masuk akan diurai & menyebar merata di dalam greenhouse.

Dengan memakai plastik UV keadaan suhu didalam greenhouse akan relatif stabil, begitu pula jika plastik UV ini digunakan untuk solar drum dryer yang pastinya pengeringan memakai plastik uv tidak akan merusak, pengeringan merata & maksimal sehingga bahan yang dikeringkan bisa awet serta tidak mudah berjamur.

Manfaat Plastik UV Untuk Prisma Garam

Begitulah penjelasan tentang Plastik UV Greenhouse & beberapa kelebihan dari penggunaan Plastik UV Greenhouse. Manfaat yang diperoleh sangat banyak  jika memakai plastik ultraviolet , penggunaanya pun tidak perlu diragukan lagi.

Jika Anda sedang membangun greenhouse untuk budidaya tanaman hidroponik, untuk pengeringan (penjemuran) dan membutuhkan plastik UV yang berkualitas, Lim Corporation merupakan referensi yang tepat. Update harga plastik UV silahkan klik DISINI. Info lebih lanjut bisa hubungi Admin kami: 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | 0852.3392.5564 (SMS/Tlp/WA).
Manfaat Plastik UV (Ultra Violet) Pada Budidaya Tanaman Hidroponik dan Untuk Atap Penjemuran (Pengeringan) Manfaat Plastik UV (Ultra Violet) Pada Budidaya Tanaman Hidroponik dan Untuk Atap Penjemuran (Pengeringan) Reviewed by Toko Pertanian on Juni 12, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.