Tips Pemasangan Plastik UV yang Baik dan Benar untuk Greenhouse


Distributor Plastik UV Lokal & Plastik UV Import - Lim Corporation | Plastik UV dengan atap fiberglass dan beling suda termasuk materi yang kuno, pada dahulukala para pembudidaya suda mengganti atap greenhousenya dengan plastik UV. Bahan beling mempunyai kelebihan untuk digunakan sebagai atap greenhouse dari pada material lainnya. Kelebihannya ialah tahan usang (awet), tahan terhadap curah hujan dan sinar matahari, berpengaruh dan bersifat permanen. Namun greenhouse beling memerlukan dana yang lebih mahal, dan penggunaanya juga terbatas, contohnya untuk aktivitas penelitian.

Bahan plastik UV dan fiberglass sering digunakan untuk kepentingan komersial sebagai alternatif materi kaca. Sebab materialnya yang sanggup dibilang cukup terjangkau (murah) tetapi sanggup juga dipergunakan untuk melindungi tumbuhan yang terdapat di dalamnya dari faktor-faktor cuaca (iklim). Dua jenis materi berikut yang paling sering digunakan untuk atap greenhouse.

Baca Juga :
Tetapi fiberglass juga mempunyai harga yang cukup tinggi (Mahal), sedangkan plastik UV lebih banyak digunakan alasannya harganya yang terjankau (murah). Sifatnya yang elastis, kuat, murah dan transparan menjadikan plastik UV banyak diminati untuk alternatif bila tidak mempunyai biaya untuk membeli fiberglass atau beling yang harganya sangat mahal.

Plastik UV berfungsi sebagai penangkal untuk cahaya matahari dan meneruskan untuk lainnya masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV sanggup meneruskan cahaya matahari sekitar 80% sebagai penjaga supaya tumbuhan tetap sanggup berfotosintesis dengan lacar dan baik. Tanaman juga tak bisia mendapatkan cahaya yang terlalau berlebih yang sanggup menjadikan terbakarnya daun dan penguapan berlebih. Plastik UV juga sanggup menjadi penghalau curah hujan ekstrim dan tiupan angin yang sanggup menjadikan ke rusak tanaman.
Butuh plastik uv murah berkualitas? Cek harga plastik uv terbaru disini.
Tetapi penggunan ini juga perlu di dukung dengan teknik pemasangan plastik UV yang benar dan sesuai. Sebab bila tidak, maka manfaat yang dimiliki plastik UV sanggup berkurang. Oleh lantaran inilah, pada kesempatan kali ini akan dibahas cara bagimana cara memasang plastik UV yang benar untuk digunakan sebagai atap greenhouse. Dan berikut ini merupakan cara pemasangan plastik UV yang baik dan benar untuk atap greenhouse.
  1. Pertama kita tentukan ukuran greenhouse yang akan dibangun. Ukuran ini akan memilih lebar plastik UV yang diperlukan nantinya. Lebar standar untuk greenhouse komersil menurut penelitian di Belanda ialah 3.2 m x 6.4 m x 9.6 m dan seterusnya. Ukuran ini dinilai efisien dari segi produktivitas tumbuhan dan kenyamanan kerja. Selain itu dengan ukuran tersebut, penggunaan greenhouse juga sanggup bersifat fleksibel yaitu sanggup digunakan untuk banyak sekali jenis tanaman, menyerupai tumbuhan buah, bunga ataupun sayuran.
  2. Greenhouse sebaiknya dibangun menghadap ke arah Utara atau Selatan. Hal ini maksudnya biar potongan atap greenhouse menghadap sempurna ke arah jalur perlintasan matahari yakni dari Timur ke Barat, sehingga menerima penyinaran yang maksimal. Karena hal utama dari pembangunan greenhouse ialah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dari pagi hingga sore. Selain itu, atap greenhouse juga dilarang terhalang oleh bangunan, pohon, dan benda lain yang sanggup menghalangi cahaya matahari.
  3. Alur pemasangan rangka atap harus diposisikan mengikuti alur anutan air hujan. Tidak boleh memotong atau tegak lurus arah tersebut. Ini dimaksudkan biar saat plastik UV telah dipasang, tidak menghambat anutan air hujan dan jadinya menumpuk membentuk kubangan di potongan atap. Kubangan air tersebut akan mengurangi masuknya cahaya matahari secara optimal lantaran terjadi pembiasan cahaya oleh air tersebut masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV juga akan ditumbuhi lumut dan ditimbuni kotoran akhir proses biologis dan pengendapan air, sehingga juga sanggup menghalangi masuknya cahaya matahari.
  4. Sebaiknya alur pemasangan plastik UV ialah memanjang searah anutan air hujan. Karena apabila memotong aliran, maka air hujan akan masuk merembes lewat pertemuan antar plastik ke dalam greenhouse.
  5. Plastik UV sanggup dipasang dengan cara menjepit pertemuan atau ujung plastik memakai bambu, kayu, besi atau baja tergantung sesuaikan dengan materi rangkanya. Daerah ujung dan pertemuan plastik ini sebaiknya dilipat terlebih dahulu membentuk pertemuan saling berkaitan antar ujung plastik sebelum dijepit rangka. Tujuannya ialah biar saling menutupi celah antar pertemuan biar air tidak merembes ke dalam greenhouse.
  6. Rangka penjepit sebaiknya direkatkan dengan paku berpayung atau baut ber-ring. Bukan dengan kawat atau paku biasa. Selain sambungan lebih berpengaruh menjepit, juga biar gampang dalam pelepasan kembali dan air tidak masuk melalui lubang paku tersebut. Penggunaan kawat atau paku biasa justru akan menciptakan lubang biar air gampang masuk ke greenhouse.
  7. Plastik UV dipasang secara tegang, tidak kendor apalagi membentuk cekungan di tengah plastik. Karena kalau terbentuk cekungan, itu juga akan membelokan arah tiba matahari ke dalam greenhouse, sehingga penyinaran tidak akan optimal. Namun, jangan pula dipasang terlalu tegang lantaran plastik akan gampang rusak akhir proses pemuaian lantaran suhu tinggi atau pengkerutan akhir suhu rendah. Pasang plastik UV biar cukup tegang saja.
Nah cara-cara pemasangan plastik UV tersebut di atas akan membantu biar plastik UV menunjukkan keuntungannya dengan optimal bagi tanaman. Silahkan praktikan terhadap greenhouse Anda, tumbuhan pun akan tumbuh dengan sehat dan menunjukkan hasil yang baik.

jual plastik uv lokal & import

Jika anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk Greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).
Tips Pemasangan Plastik UV yang Baik dan Benar untuk Greenhouse Tips Pemasangan Plastik UV yang Baik dan Benar untuk Greenhouse Reviewed by Yoyon Oke on Desember 06, 2018 Rating: 5

4 komentar:

  1. Apa masih tembus panas matahari.? Soalnya saya butuh buat pengeringan jagung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tembus, fungsi dari plastik uv sendiri menjaga suhu panas ruangan dan menjaga tempat terhindar dari panas matahari berlebih dan air hujan. Untuk daftar harga plastik uv bisa kunjungi link disini ya!

      Hapus
  2. Untuk pertukaran udara di dalam green house gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sirkulasi udara dalam greenhouse dengan dinding plastik uv akan tetap normal jika anda memberikan ventilasi yang cukup pada greenhouse.

      Atau kalau ingin sirkulasi udara greenhouse lebih lancar lagi, bisa menggunakan jaring Paranet untuk dinding-dinding nya. Cek harga paranet disini ya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.