Ungkap Manfaat Serta Laba Dari Budidaya Buah Plum


Plum atau Prem ialah nama pohon serta buah bab dari genus Prunus, subgenus Prunus. Plum asalnya dari China. Plum dibagi menjadi 3 kelompok, ialah Eropa-Asia, Jepang serta Damson. Negara China ialah penghasil buah plum yang paling utama serta yang penghasil pertama, kemudian disusul oleh negara Amerika Serikat, Serbia serta Rumania. Penghasil buah plum di Amerika ialah didaerah California.

Bentuk dari buah plum ini bulat, dengan ukuran diameter sekitar 3cm. Buah plum yang muda memiliki warna hijau, sedangkan buah plum yang bau tanah memiliki warna coklat kehitaman. Hal ini ditandai dengan buahnya yang sedikit lunak kalau dipencet. Pada daging buah plum memiliki tekstur cukup lembut serta ada juga beberapa biji yang bentuknya lingkaran pipih dengan jumlah sekitar 5-7 biji setiap buahnya. Buah plum dataran rendah ini akan tumbuh lebih subur serta lebat apabila ditanam di tanah. Tanaman buah plum yang ditanam di tanah kelihatan rimbun, bongsor, serta dompolan buahnya lebih banyak serta rapat menyerupai halnya dengan buah anggur.

Klasifikasi Ilmiah Buah Plum

Kingdom     : Plantae
Divisi           : Magnoliophyta
Kelas           : Magnoliopsida
Ordo            : Rosales
Famili          : Rosaceae
Subfamili     : Maloideae or Spiraeoideae
Genus           : Prunus
Subgenus     : Prunus

Buah plum mengandung banyak kandungan gizi ialah mineral (fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium serta seng.), vit A, vit C, vit B1, vit B2, vit B3, vit K, vit E serta vit B6), asam askorbat, asam folat, serat tinggi, rendah kalori, tak ada lemak jenuh, kaya akan antioksidan.

Dengan kandungan itu, maka buah plum memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat buah plum diantaranya ialah mencegah dari radikal bebas, menghentikan luka akhir radikal bebas, membantu diet untuk menurunkan obesitas, menjaga kesehatan tulang, membantu dalam sistem pencernaan, dan lain-lainnya.

Buah plum dataran rendah sangat cocok dibudidayakan secara komersial untuk penambah keanekaragaman jenis buah di Indonesia. Apabila buah plum ditanam dengan cara stek maka akar sanggup digunakan untuk perbanyakan pohon plum tersebut, meskipun menghasilkan bibit gres dengan kuantitas jumlah yang cukup terbatas.

Baca Juga :



Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot

Meski di Indonesia ada dataran tinggi, tetap saja bukan iklim subtropis melainkan iklim tropis. Sementara buah plum memerlukan iklim ekstrem saat akan produksi buah. Apabila dilaksanakan budidaya buah plum di Indonesia, maka kualitas buahnya akan menurun, biasanya ukurannya lebih kecil kalau dibandingkan dengan negara asalnya serta produktivitasnya pun tak setinggi di negara asalnya.

Cara Tabulampot Buah Plum

Tanaman buah plum ini tak hanya sanggup ditanam di lahan yang cukup luas, buah plum ini juga sanggup tumbuh dengan sangat baik dalam pot ataupun dalam polybag. Laksanakan penanaman dengan cara mencangkoknya. Hanya dengan waktu sekitar 1-2 bulan pasca cangkok, bibit tumbuhan buah plum ini sudah siap untuk dipindah tanamkan ke dalam pot. Cara penanaman bibit buah plum dalam pot dikerjakan dengan menggunakan media tanam berupa adonan tanah dengan pupuk kotoran binatang ternak, sanggup kotoran sapi atau kambing.

Laksanakan perawatan berupa pemupukan serta penyiraman. Pemupukan tersebut dikerjakan dengan menggunakan pupuk kandang. Sedangkan penyiraman ini sanggup dikerjakan 1 hari 1 kali apabila media tanam telah kering. Tanaman buah plum dataran rendah ini sebaiknya ditaruh pada tempat yang sanggup terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Karena dengan cara tersebut, pertumbuhan buah plum akan lebih maksimal.

Penanaman Buah Plum Pada Lahan

Apabila tumbuhan inangnya sudah siap, bibit buah plum sanggup ditanam. Apabila dibudidayakan di lahan, perlu dibuatkan lubang tanam dengan kedalaman sekitar 10cm-15cm dengan jarak tanam antar bibit buah plum sebaiknya sekitar 3m.

Masa Panen Buah Plum

Ketika diameter pohon plum mencapai ukuran sekitar 5cm-10cm, pohon plum sudah mulai berbuah. Buah plum gres benar-benar sanggup dipanen saat plum berusia sekitar 3 tahun.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk membudidayakan tumbuhan di lahan yang kecil atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih infinit Anda sanggup menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat sanggup berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)
Ungkap Manfaat Serta Laba Dari Budidaya Buah Plum Ungkap Manfaat Serta Laba Dari Budidaya Buah Plum Reviewed by Yoyon Oke on Juni 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.