Manfaat Plastik Uv - 8 Tips Budidaya Singkong Gajah Agar Panen Melimpah

Singkong gajah berasal dari kalimantan timur, berat singkong gajah dalam satu pohon sanggup menempuh 40 kg. singkong gajah sanggup tumbuh didataran rendah ataupun dataran tinggi. Budidaya Singkong gajah tergolong sungguh-sungguh mudah, alasannya ialah cukup dengan menancapkan potongan batang pohon singkong ke tanah dalam sebagian hari kemudian singkong akan tumbuh tunas dan bersemi. yang perlu diingat dalam budidaya singkong gajah ialah jangan menanam singkong pada kawasan yang berair.

Berikut ini tahapan Metode Budidaya Singkong Gajah Supaya Panen Melimpah :

1. Menyiapkan Lokasi

Lokasi yang baik ialah pada ketinggian 10-700 mdpl, dengan curah hujan antara 1500-2500 mm/tahun serta temperatur udara 10 derajat Celcius dengan kelembaban 60-65%, dan yang secara khusus seharusnya cukup sinar matahari. Tanamlah pada tanah dengan tekstur remah, gembur, tidak terlalu liat, tidak terlalu berpori serta kaya akan materi organik. Derajat keasaman tanah yang baik ialah 4,5 hingga 8,0 dengan pH sempurna 5,8.

2. Pemilihan Bibit
Pilihlah benih dari indukan singkong yang berkualitas, sehat, serta tidak jamuran. Ambil benih dari induk singkong gajah yang telah menempuh usia 10-20 bulan.

Metode menentukan benih yang baik :
- Pilih dari indukan yang memiliki batang kuat
- Batang yang digunakan sebagai benih terlihat higienis dan tidak berpenyakit
- Pilihlah benih dari batang yang telah berkayu dengan diameter sekitar 2,5 cm
- Pilihlah benih yang memiliki pertumbuhan normal
- Bibit yang sehat dan seragam
- Usahakan benih memiliki batang yang lurus dan belum ada tumbuh tunas-tunas baru

3. Pengolahan Lahan
Sesudah menentukan benih, selanjutnya ialah mengolah lahan yang akan digunakan untuk menanam benih hal yang demikian. Sebelum ditanami singkong gajah, tanah dibersihkan dulu dari gulma dan rumput liar, batu-batu kecil yang berserakan, bekas akar-akar tumbuhan yang sanggup mengganggu tumbuh kembang singkong gajah nantinya.

Sesudah tanah terlihat bersih, selanjutnya tanah diolah menjadi gembur dengan sistem dicangkul atau dibajak menggunakan mesin. Sesudah gembur, tanah diberikan dolomite sebanyak 1 hingga 2,5 ton/hektar dan dicampur dengan pupuk sangkar. Selanjutnya buat bedengan, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam perawatan singkong gajah. Sebelum benih ditanam sebaiknya tanah disemprot secara khusus dulu dengan menggunakan pupuk organik cair (organik MiG-6 Plus) dengan takaran 2 liter MiG-6 Plus dan takaran 1 liter MiG-6 Plus dicampur 200 liter air.

Baca Juga :

    Teknik Jitu Pemanfaatan Tanaman Bambu Kuning Sebagai Pagar Rumah
    Terbongkar !! Inilah Khasiat Tersembunyi Dari Ubi Cilembu
    [Terkuak] Inilah Metode Efektif Memberantas Hama Wereng Padi 
    Trik Jitu Dalam Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah Lebat
    Rahasia Dalam Menanam Buncis Agar Hasil Melimpah
4. Penanaman

Tanam benih singkong gajah sehabis 3 hari dari persiapan lahan, dalam menanam singkong gajah lebih baik ditanam dikala permulaan trend penghujan, tanam benih dengan jarak tanam 80x120 cm. Sebelum benih ditanam, secara khusus dulu benih direndam dalam air yang dicampur pupuk organik cair MiG-6 selama 3-4 jam.

Metode menanam benih ialah pada kepingan ujung stek diwujudkan runcing dan tancapkan pada tanah dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. Sesudah benih ditanam dan mulai tumbuh hingga usia 2 bulan, boleh ditambahkan pupuk suplemen dengan pupuk organik cair MiG-6 Plus sebanyak 2 liter dengan sistem disemprotkan pada tumbuhan singkong hal yang demikian.

Untuk pemupukan selanjutnya diberikan tiap 2 bulan sekali dengan takaran yang sama. Lakukan pemupukan hal yang demikian hingga singkong gajah berumur 8 bulan. Jika tumbuhan telah berumur antara 60-90 hari, berikan pupuk kimia menyerupai Urea 85 kg/ha, KCL 85 kg/ha. Untuk satu tumbuhan dalam lahan 1 ha memerlukan pupuk kimia sebanyak 22,5 gram dengan sistem ditugal, untuk lubang pupuk ini berikan jarak sekitar 15 cm dengan kedalaman 10 cm.

5. Perawatan
Sesudah benih ditanam sebagian hari, selanjutnya pantau apakah ada benih gres yang tidak keluar tunas dan benih menjadi kering. Jika ada, risikonya lantas ganti dengan benih yang baru. Sesudah benih tumbuh tunas dan mulai bersemi, selalu pantau apakah ada gulma dan rumput liar yang tumbuh, apabila ada lantas bersihkan. Penyiangan ini dilakukan sebanyak 2 kali selama masa tanam, pada dikala menjalankan penyiangan sekaligus lakukan penggemburan tanah biar tumbuhan sanggup tumbuh dengan maksimal.

Jaga kondisi lahan tanam konsisten dalam kondisi lembab selama 5 bulan dari masa tanam (lembab dalam arti tidak tergenang air). Kecuali itu, lakukan pemangkasan batang yang tidak diperlukan, dan sisakan batang yang baik biar nantinya apabila singkong ini dipanen, batang hal yang demikian sanggup digunakan sebagai benih.

6. Pengairan

Jika trend kemarau tiba, lakukan penyiraman 2 kali dalam 1 minggu, dengan sistem pada sela-sela bedengan digenangi air biar air hal yang demikian meresap ke tanah dan gampang untuk diserap akar-akar tumbuhan singkong hal yang demikian.

7. Pengendalian Hama & Penyakit
Tanaman singkong gajah memiliki ketahanan yang baik kepada hama dan penyakit, jadi Anda tidak perlu kawatir dengan serangan hama dan penyakit.

8. Pemanenan
Singkong gajah sanggup dipanen dikala berusia 8-10 bulan tergantung konsumsi, apabila Anda mau menggunakan singkong gajah untuk makanan, singkong gajah sanggup dipanen 8 bulan. Tetapi apabila singkong mau digunakan sebagai materi tepung sebaiknya singkong dipanen dikala berumur 10 bulan.

Ciri-ciri singkong gajah siap dipanen ialah apabila daun-daunnya telah mulai menguning dan bertumbangan, potonglah batangnya dan sisakan sekitar 15 cm, hal ini untuk memudahkan dikala mencabut singkong dari tanah. Jangan menggunakan pacul untuk mencabutnya, alasannya ialah sanggup saja mengenai umbinya. Pada dikala pemanenan, kita sanggup sekaligus mengambil benih untuk penanaman selanjutnya, caranya pilih batang yang tidak terlalu renta dan tidak terlalu muda, potong batang hal yang demikian dengan pisau yang tajam, dengan ukuran 20 cm.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel selanjutanya di sini :D

Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - 8 Tips Budidaya Singkong Gajah Agar Panen Melimpah Manfaat Plastik Uv - 8 Tips Budidaya Singkong Gajah Agar Panen Melimpah Reviewed by Yoyon Oke on April 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.