Manfaat Plastik Uv - Teknik Jitu Dalam Budidaya Kecipir



Kecipir (Psophocarpus teragonolobus) ialah salah satu macam tanaman kacang-kacangan. Tanaman kecipir ini diduga berasal dari wilayah Asia tropika dan adapula yang menduga tanaman ini berasal dari Afrika Utara dan Madagaskar, tetapi ketika ini Tanaman kecipir telah menyebar luas termasuk di Indonesia. Pada masa ke 17 pedangan arab membawa tanaman kecipir masuk ke Indonesia. Di Indonesia, Kecipir mempunyai sebutan yang berbeda di tiap-tiap kawasan menyerupai cipir (Jawa Tengah dan Jawa Timur), Kacang Embing (Palembang), Kaceper (Madura), Jaat (Sunda), Kalongkang (Bali), dan Kacang blimbing (Sumatera Barat).

Tanaman kecipir mempunyai ciri : Akar utamanya membentuk umbi dengan diameter sekitar 2-4 cm dengan panjang sekitar 8-12 cm, memiliki batang merambat dengan warna batang hijau, coklat atau ungu, memiliki daun 3 helai tiap-tiap tangkainya, memiliki bunga dengan warna putih kebiruan, biru atau ungu, memiliki buah polong yang berbentuk persegi empat atau memiliki siku empat dengan masing-masing sisi bersayap bergelombang . Warna polong hijau dengan tiap-tiap polong memiliki 5 hingga 20 butir biji berwarna putiih, kuning, hitam, sawo matang atau coklat muda.

Ada dua macam tanaman kecipir ialah Psophocarpus teragonolobus ( Kecipir yang umum dikonsumsi) dan Psophocarpus polustris (Kecipir hutan), kecipir hutan ini banyak dimanfaatkan untuk epilog tanah pada lahan perkebunan karet maupun sawit.

Kali ini kita akan membahas wacana metode budidaya kecipir. Berikut ialah metode budidaya kecipir:

a. Prasyarat Tumbuh

Tanaman Kecipir dapat tumbuh dengan manis sepanjang tahun pada kawasan berhawa panas dan sedang dengan suhu sekitar 15°C hingga 32°C. Tanaman kecipir dapat tumbuh pada kawasan dataran rendah hingga ketinggian 2000 mdpl. Kondisi tanah yang manis untuki menanam kecipir ini ialah tanah yang memiliki kandungan materi organik yang rendah, memiliki struktur berbasir atau lempung. Tanaman kecipir ini sanggup tumbuh dengan manis pada tanah yang subuh maupun tanah yang kurus alasannya ialah tanaman ini tahan kepada kekeringan.

b. Waktu Tanam

Kecipir bagus ditanam pada permulaan demam isu penghujan atau selesai demam isu kemarau. Kalau tanaman ini ditanam ketika selesai demam isu penghujan balasannya tanaman kecipir akan berbuah setelah 4 bulan tanam, sekiranya ditanmam pada permulaan demam isu penghujan balasannya tanaman kecipir akan berbuah setelah berumur 9 bulan setelah tanam.

c. Persiapan Bibit

Kebutuhan benih kecipir diatur oleh jarak tanam yang akan diaplikasikan, luas lahan tanam, serta jumlah benih yang akan ditanam pada tiap-tiap lubang . Biasanya dalah tiap-tiap lubang diisi dengan 2 hingga 3 biji benih.

Biji benih sendiri diperoleh dari polong yang telah tua. Biji yang manis untuk benih ialah biji yang memiliki panjang sekitar 15-20 cm, dalam situasi manis dan sehat, padat berisi, tak keriput, memiliki ukuran yang seragam.

d. Pengolahan Lahan Tanam

Tanah pada lahan tanam digemburkan dulu, kemudian buatlah guludan. Ukuran guludan yang diciptakan ialah sekitar 10-15 m untuk panjangnya, 20 m untuk lebarnya, untuk ketinggian guludan sanggup diciptakan agak tinggi kecuali itu buat juga jalan masuk pembuangan air. Jarak antar guludan ialah sekitar 1 hingga 1 ¼ meter. Sesudah guludan jadi, guludan diberi pupuk sangkar atau pupuk kompos sebanyak 50 kg hingga 60 kg/guludan.

Baca Juga : 

Inilah Cara Praktis & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya

Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
Berikut Tanaman Herbal Sejuta Manfaat Serta Cara Membudidayanya.
Budidaya Lobster Menggunakan Kolam Terpal Plastik.

Mencoba Peruntungan Melalui Wasabi


e. Penananam Bibit

Sesudah lahan siap, berikutnya lakukan penanaman.  Tanah pada komponen tengan guludan ditugal sedalam 5 cm. Jarak tanam yang diaplikasikan ialah sekitar 25-35 cm. Sesudah itu masukan 3 hingga 5 biji benih per lubang tanam.

Kalau penanaman tersebut dilakukan dalam skala besar di sawah atau di tegalan, jarak tanam yang diaplikasikan ialah sekitar 30×50 cm atau 50×50 cm. Namun sekiranya penanaman kecipir ini juga untuk diambil umbinya balasannya jarak antar guludan diciptakan sekitar 1 hingga 1 ¼ meter dengan lebar sekitar 60 cm. Sebelum biji benih ditanam, tiap-tiap lubang tanam diberi pupuk sangkar sebanyak ¼ kg.

f. Pemeliharaan Tanaman Kecipir

Penyiraman pada tanaman kecipir dilakukan sekiranya diharapkan saja,  Penyiangan dan Penggemburan tanah dilakukan tiap-tiap 2 pekan sekali hingga pekan ke-8 setelah tanam.

Kalau tanaman kecipir ditanama hanya untuk penyubur tanam balasannya tak perlu diberi ajir, sekiranya untuk konsumsi tanaman sanggup diberi ajir. Jika anda memiliki tujuan untuk mengambil umbinya juga, balasannya produksi buah pada tanaman kecipir dikurangi.

Sesudah tanaman berumur 21 hari setelah tanam, balasannya lakukan pemupukan susulan. Pupuk yang diberi ialah pupuk Urea dan juga TSP dan untuk tiap-tiap 1 hektar lahan balasannya kebutuhan pupuk tersebut masing-masing 50 kg dan 75 kg. Pemupukan tersebut dilakukan dengan metode meletakannya dalam  lubang yang diciptakan dengan metode ditugal di  komponen kanan atau kiri lubang tanam dengan  jarak sekitar 10 cm.

Kalau tanaman telah tak produktif lagi balasannya perlu dilakukan pemangkasan. Pohon yang dipangkas berjarak 30 cm dari tanah, setelah itu tanaman dipelihara kembali. Pemangkasan ini sanggup dilakukan sebanyak 2 kali.

g. Pemanenan Kecipir

Pada ketika berumur 7 hingga 8 pekan setelah tanam, tanaman kecipir telah mulai berbunga. 2 pekan setelah berbunga polong kecipir dapat dipanen . Sesudah pemanenan pertama, polong sanggup dipanen setelah 1 pekan dan hal ini sanggup dilakukan selama 4 hingga 5 bulan.




LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk informasi harga Plastik UV silahkan klik DISINI

@ULM
Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Teknik Jitu Dalam Budidaya Kecipir Manfaat Plastik Uv - Teknik Jitu Dalam Budidaya Kecipir Reviewed by Yoyon Oke on November 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.