Inilah Cara Sempurna Budidaya Tanaman Bunga Melati


Melati memiliki nama latin yaitu Jasminum sambac yang merupakan tumbuhan perdu, berbatang tegak merayap, dan hidup menahun. Melati akan tumbuh optimal apabila ditanam di iklim panas tropik, kondisi tanah ringan, porus, berpasir hingga agak liat. Bunga melati mempunyai daun dengan bentuk membulat. Bunga melati yang mempunyai ukuran kecil, biasanya berwarna putih, petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Bunga melati mempunyai 200 macam jenis, namun jenis yang umum untuk dibudidayakan sekitar 8-9 jenis. Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan untuk bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), dan Mundu (Bima, Sumbawa).
Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati mempunyai bunga berwarna putih suci. Melati mempunyai aroma yang lembut menenangkan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari keunggulan bunga melati yang disebutkan diatas mengakibatkan bunga melati sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia. Budidaya bunga melati juga sanggup dilakukan dengan teknik ibarat :
- Teknik setek batang
- Teknikcangkok
- Teknik rundukan


A. Pemilihan Bibit Bunga Melati

bibit bunga melati
Pembibitan sanggup dilakukan dengan cara memotong batang tumbuhan bunga yang mempunyai ukuran sedang dengan ukuran panjang sekitar 12 cm untuk di stek kemudian ditanam pada polybag sehabis itu siram untuk menjaga kelembabannya.
Setelah beberapa ahad batang yang ditanam dalam polybag akan tumbuh tunas daun baru, kemudian bibit tersebut gres sanggup di pindah pada pot atau tanah di sekitar pekarangan rumah.

B. Penanaman
Pot atau lubang yang telah dibentuk di beri tanah yang telah dicampur dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos pada cuilan bawah kemudian bibit di letakkan kemudian timbun kembali dengan tanah kemudian sedikit dipadatkan.

Baca Juga : 
Inilah Cara Praktis & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya
Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
Inilah Cara Jitu Budidaya Jamur Tiram
Budidaya Lobster Menggunakan Kolam Terpal Plastik
Manfaat & Kandungan Gizi Pada Beras Merah


C. Perawatan Dan Pemeliharaan

1. Menyulam Bunga Melati
Cara penyulaman ialah mengganti tumbuhan yang mati atau tumbuh dengan tidak normal dengan bibit baru.
Teknik penyulaman caranya sama dengan cara menanam. Hanya saja tenik penyulaman dilakukan apabila bibit perlu diganti. Tahap penyulaman tidak lebih dari satu bulan sehabis proses tanam. Penyulaman lebih awal mempunyai tujuan semoga tidak menyulitkan pemeliharaan pada proses selanjutnya dan berharap pertumbuhan sama.

2. Menyiang Bunga Melati

Umur satu bulan sehabis proses tanam, kebun melati akan ditumbuh oleh rumput liar. Rumput liar ini menjadi pesaing tumbuhan melati dalam kebutuhan sinar matahari, air dan unsur hara. Maka dari itu rumput liar harus di buang dengan cara mencabut.

3. Pupuk Bunga Melati

Pupuk yang dipakai untuk meningkatkan produksi melati, ialah jenis pupuk yang kaya unsur fosfor P, ibarat Gandasil B 6-20-30 / Hyponex biru 10-40-15
Pemupukan lakukan tiap tiga bulan sekali. Jenis dan takaran pupuk terdiri dari Urea 300-700 kg, sTP 300-500 kg dan KCI 100-300 kg  /ha / tahun.
Pemberian pupuk ini dilakukan dengan cara disebar secara merata dalam parit di antara barisan tumbuhan sedalam 10-15 cm, kemudian ditutup dengan tanah. Penyemprotan pupuk daun sanggup dilakukan pada waktu pagi hari jam 09.00 atau sore hari jam 16.30 dikala matahari tidak terlalu terik.

4. Penyiraman Bunga Melati
Fase awal pertumbuhan, tumbuhan melati sangat membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan rutin dengan memakai air higienis hingga tumbuhan berumur kurang lebih 1 bulan. Penyiraman dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari, hingga tanah di sekitar akar basah.

5. Pestisida pada Bunga Melati
Zat perangsang / zat pengatur Tumbuh ZPT yang disemprotkan pada tumbuhan bunga melati berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi bunga, zat perangsang bunga besar lengan berkuasa baik terhadap pembuangan melati ialah Cycocel (Chloromiguat) dan Etherel. Untuk menghasilkan bunga melati yang paling tinggi, yakni 1,45 kg/ tumbuhan maka tumbuhan melati harus disemprot dengan Cycocel berkonsentrasi 5.000 ppm.

6. Memangkas Bunga Melati
Tanaman melati tumbuh secara merambat, kecuali pada beberapa jenis melati, ibarat varietas Grand Duke of tuscany yang tumbuh dengan tegak. Tinggi pangkasan sangat tergantung pada jenis melati, ibarat jenis melati spnish Jasmine (J. officinale var. grandiflorum) sanggup dipagkas dengan tinggi 90 cm dari permukaan tanah sedangkan jenis melati putih J.sambac sanggup di pangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah.


LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk gosip harga Plastik UV silahkan klik DISINI


Sekian dari artikel perihal " Cara Tepat Budidaya Tanaman Bunga Melati  " Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami... Semoga Bermanfaat :)...

Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Inilah Cara Sempurna Budidaya Tanaman Bunga Melati Inilah Cara Sempurna Budidaya Tanaman Bunga Melati Reviewed by Yoyon Oke on November 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.