Manfaat Jaring Kerambah Yang Perlu Diketahui

mulsa plastik lebar 100 cm,mulsa plastik lebar 120 cm,mulsa plastik 18   kg,mulsa plastik 17 kg,mulsa plastik 16 kg,harga mulsa plastik 2017,harga mulsa   plastik 2018,ukuran mulsa plastik,manfaat mulsa plastik,fungsi mulsa   plastik,kegunaan mulsa plastik
Mulsa Plastik Hitam Perak
Keunggulan Mulsa Hitam Perak (MPHP) - Hallo sahabat Pertanian & Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Keunggulan Mulsa Hitam Perak (MPHP), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan artikel Plastik Mulsa, mulsa plastik pertanian, yang kami tulis ini bisa anda pahami, baiklah, selamat membaca.

Bahan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Tidak ada manusia yang tak membutuhkan makan, bukan? Karenanya, usaha di sektor pertanian ialah salah satu usaha yang tak akan lekang dimakan usia selama masih ada manusia. Budidaya tanaman pangan maupun hewan sumber protein merupakan bentuk kecerdasan manusia demi memenuhi kebutuhannya akan bahan makanan. Pemenuhan kebutuhan ini pula yang memberikan berbagai ide untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

Salah satu cara meningkatkan produksi adalah dengan penggunaan mulsa. Mulsa sudah lama dikenal sebagai sarana menutup tanah pertanian agar pertumbuhan gulma dapat dikendalikan. Dahulu mulsa terbuat dari bahan-bahan organik seperti batu, jerami, daun-daun kering, dan sebagainya. Kini mulsa dibuat lebih praktis dengan bahan plastik.

Salah satu jenis mulsa berbahan plastik ialah mulsa plastik hitam perak. Mulsa jenis ini memiliki dua warna, hitam dan perak. Salah satu sisi berwarna hitam dan sisi lainnya berwarna perak. Warna perak digunakan menghadap ke bagian luar atau menghadap ke matahari. Fungsi pewarnaan perak ialah untuk memantulkan cahaya matahari. Pada tanaman, pantulan cahaya matahari dari mulsa membantu proses fotosintesis. Dengan begitu, proses fotosintesis menjadi optimal. Pada tambak, pantulan cahaya matahari pada mulsa membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga kualitas air tetap terjaga.

Untuk warna hitam digunakan pada bagian bawah, yang langsung menghadap tanah. Warna hitam menyerap cahaya matahari sehingga tanah akan tetap lembab. Tanah yang lembab merupakan tempat tumbuh optimal bagi akar. Ketiadaan cahaya matahari di bawah lapisan mulsa akan menghambat bahkan menghilangkan pertumbuhan gulma.

Pada tambak, penggunaan mulsa plastik hitam perak lebih hemat dan aman dibandingkan dengan mulsa plastik jenis lain, seperti jenis HDPE. Mulsa jenis HDPE memang cukup tahan lama untuk digunakan di tambak-tambak. Namun keawetannya ini justru menjadi kerugian pada penggunaan untuk tambak. Karena awetnya, kebocoran kecil jadi lebih sulit dideteksi. Akibatnya petambak akan terlambat mengantisipasi atau memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Untuk tambak, mulsa plastik hitam perak sebaiknya digunakan sekali pemakaian. Akibatnya, plastik mulsa akan cepat diganti jika isi tambak telah dipanen. Karena harus sering diganti, maka tiap kali selesai panen, maka tambak akan mulai diisi lagi dengan mulsa yang baru. Konsekuensinya tentu sudah dipahami bersama, tambak menjadi selalu fresh. Ini bermanfaat untuk mengendalikan jumlah bakteri yang masuk ke dalam tambak selama proses pemeliharaan.

Penggunaan mulsa plastik hitam perak pada tambak telah terbukti meningkatkan hasil panen. Jumlah bakteri dan jamur yang terkendali berdampak pada kesehatan hewan tambak. Kesehatan yang baik akan berdampak pada nafsu makan yang baik pula. Tidak mengherankan jika hasil akhir dari panen tambak bisa mencapai 1,5-2 kali lipat hasil produksi pada tambak yang menggunakan mulsa HDPE.

Sedangkan pada pertanian, mulsa plastik bisa digunakan lebih dari sekali, tergantung jenis bahan yang digunakan dan kualitas bahan mulsa plastik.

BACA JUGA

Polybag Untuk Lingkungan Hijau


Pengendalian bakteri dan jamur pengganggu juga berlaku pada tanaman yang menggunakan mulsa plastik hitam perak. Cahaya matahari yang dipantulkan ke atas sangat baik bagi dedaunan namun kurang baik bagi kutu-kutu daun maupun serangga yang sering bersembunyi di balik dedaunan. Warna hitam di bagian bawah pun menyerap semua cahaya matahari sehingga bakteri enggan hidup di bagina bawah mulsa.

Berbagai macam keunggulan di atas telah membawa kita pada kesimpulan bahwa mulsa plastik hitam perak merupakan pilihan tepat bagi para petani maupun petambak. Petani maupun petambak yang melakukan budidaya dapat menangguk hasil yang lebih besar dengan usaha yang minimal. Inilah yang disebut dengan efisiensi. Ketika ongkos produksi dapat ditekan, maka keuntungan akan meningkat walaupun harga jual hasil pertaniannya tetap.

Jika anda membutuhkan mulsa plastik hitam perak dengan berbagai pilihan kualitas, bahan original maupun campuran, dengan harga mulsa plastik mulai yang murah sampai yang agak mahal semua tersedia. Saat ini tersedia mulsa plastik, antara lain:
1. Mulsa Plastik hitam perak Merk TEMBAKAU
   Bahan campuran Original & non original
   - ukuran mulsa plastik 60/120 x 500 meter x 0,35 mm, netto 18kg
   - ukuran mulsa plastik 50/100 x 500 meter x 0,35 mm, netto 16kg.

2. Mulsa Plastik Hitam perak Merk MONTANA
   Bahan campuran Original & non original
   - Ukuran 60/120 x 457 meter, ketebalan 0,35 mm, netto 17kg

3. Mulsa Plastik Hitam perak Merk KUDA
   Bahan 100% original, lebih ulet & awet, bisa untuk 2-3x pemakaian
   - ukuran mulsa plastik 60/120 x 500 meter x 0,35 mm, netto 18kg
   - ukuran mulsa plastik 50/100 x 500 meter x 0,35 mm, netto 16kg.
* Untuk mulsa plastik cap Tembakau, Montana dan Kuda minimal order 5 roll.

4. Mulsa Plastik Ukuran Khusus Untuk Tambak merk HERCULES
Kami juga melayani juga pemesanan mulsa plastik ukuran khusus sesuai permintaan, misalnya mulsa plastik untuk tambak, minimal order 500 kg per ukuran.

Harga mulsa plastik hitam perak terkini silahkan klik DISINI.
Info Untuk pemesanan mulsa plastik hitam perak silahkan hubungi kami:
• SMS/Call/WA ke: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950.

Demikian tadi artikel tentang Keunggulan Mulsa Hitam Perak (MPHP) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Manfaat Jaring Kerambah Yang Perlu Diketahui Manfaat Jaring Kerambah Yang Perlu Diketahui Reviewed by Yoyon Oke on September 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.