Simak!! Budidaya Tanaman Unik 'Indigo Rose'


      

      Tomat Indigo Rose merupakan tomat jenis baru hasil persilangan tomat merah dan tomat ungu. Tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum ini memiliki warna hitam keunguan. Meskipun warnanya gelap, namun isinya tetap berwarna merah keunguan. Rasa tomat ini juga jauh berbeda dari tomat sayur yang berwarna merah atau hijau, namun tomat Indigo memiliki rasa cenderung hambar dan tidak manis. Meski demikian, buah tomat ini mengandung banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh.




      Budidaya tomat Indigo Rose memakan waktu hingga sekitar 90 hari. Di Indonesia sendiri mulai banyak yang mengembangkan tomat jenis ini. Tomat jenis ini banyak digemari warga Amerika untuk dikonsumsi karena dianggap menyehatkan. Satu pohon tomat Indogo Rose bisa menghasilkan buah sebanyak 3-4 kg.

      Membudidayakan tomat ini agak susah-susah gampang. Banyak hal yang harus diperhatikan. Contohnya lokasi penanaman. Saat ini bibit tomat Indigo sudah mulai beradaptasi dengan cuaca Indonesia. Namun, untuk antisipasi supaya tanaman tetap hidup, disarankan menggunakan green house. Namun, konsepnya bukan full rumah kaca namun atapnya menggunakan atap plastik anti sinar ultra violet (UV).

Baca Juga :

      Tidak seperti budidaya tomat jenis biasa, budidaya tomat Indigo Rose perlu sedikit perawatan khusus. Tomat jenis ini tidak bisa ditanam di daerah yang terlalu panas atau daerah yang terlalu lembab. Untuk lokasi penanaman sebaiknya dilakukan di ruangan yang agak tertutup. Tujuannya, untuk menghindari gangguan hama, sehingga tanaman bisa hidup lama sampai panen.

      Untuk pasokan benih tomat Indigo Rose dapat dibeli import langsung dari Amerika Serikat. Harga satu gram benih sekitar US$ 40. Setiap satu gram berisi 200 biji tomat indigo.

      Biji yang akan disemai harus direndam dulu semalaman. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan. Baiknya benih ditanam dalam polibag yang sudah diisi tanah dicampur dengan ketan bakar. Ini juga tujuannya untuk mempercepat tumbuhnya tunas. Bila pertumbuhannya bagus, setelah usia dua minggu, benih sudah keluar tunas. Saat tanaman sudah bertunas dan mulai tumbuh besar, bisa dipindahkan ke polibag yang ukurannya lebih besar lagi.


Tomat Hitam Siap Panen


      Untuk obat hama,  hanya memberikan sedikit semprotan obat fungisida, terutama saat musim hujan. Soalnya, di musim hujan, jamur bisa saja menyerang daun tomat. Setiap seminggu sekali,  dianjurkan mengecek cabang agar tidak tumbuh berantakan dan terlalu panjang. Untuk mendapatkan pertumbuhan maksimal, jarak tanam antar dibuat sekitar 80 cm.

      Tomat Indigo dipanen ketika usianya sudah 90 hari. Bunga tomat Indigo baru keluar saat usia 65 hari. Selain buahnya, benihnya juga bisa dipanen dan bisa dijual. Untuk bibitnya dapat dijual dengan harga Rp 2.500 per batang. Harga buah tomat Indigo di musim hujan dan kemarau berbeda. Akan lebih mahal di musim hujan karena butuh perawatan ekstra. Harga normal tomat Indigo dibanderol sekitar Rp 25 ribu per kg, namun di musim hujan bisa mencapai Rp 35 ribu.
Simak!! Budidaya Tanaman Unik 'Indigo Rose' Simak!! Budidaya Tanaman Unik 'Indigo Rose' Reviewed by Yoyon Oke on Februari 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.