HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tomat Hitam Unik Hasil Persilangan


      Tomat, buah yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi ini kerap terlihat berwarna kemerahan dan berwarna hijau, namun ternyata ada jenis tomat terbaru bernama 'Indigo Rose' yang memiliki warna berbeda dari tomat pada umumnya.
 
Tomat Indigo Yang Masih Muda

      Seperti yang dilansir dari Oddity Central, Selasa (22/4/2014),  ‘Indigo Rose’ merupakan salah satu jenis tomat terbaru dengan warna hitam pekat. Meski terlihat aneh, namun buah hasil persilangan antara tomat berwarna ungu dan merah ini memiliki rasa yang enak dan bagus untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan.


      Indigo rose memiliki warna hitam pekat di luar dan warna merah keunguan di dalamnya. Buah yang juga disebut sebagai tomat hitam ini awalnya dikembangbiakkan oleh salah satu profesor dari Universitas Oregon bernama Alfie Myres saat ini menjalani studi mengenai manfaat tomat.


      Menurut Profesor Myers, dia melakukan penelitian ini setelah mengetahui tomat ungu mengandung antosianin, yang juga dijumpai pada buah blueberry. Bagaimana apabila tomat ungu disilangkan dengan beberapa jenis tomat merah liar, pikir Profesor Myers.


      “Ini adalah varietas tomat unggul pertama di dunia, yang memiliki antosianin di dalam daging buah,” kata Profesor Myers. Antosianin (anthocyanin) memiliki efek yang sangat bervariasi pada kesehatan manusia.


      Sutton Seeds, sebuah perusahaan ternama di Devon County, Inggris di percaya sebagai penjualan tomat indigo secara komersial oleh Profesor Myers. Menurut Asisten Manajer Produk Sutton Seeds, Alfie Jackson, sebenarnya ada beberapa jenis tomat yang berwarna gelap. Namun indigo rose merupakan satu-satunya tomat yang paling berwarna hitam dan paling gelap yang pernah ditemuinya.

Baca Juga :


      Indigo rose memang tidak semanis tomat pada umumnya. Rasanya lebih gurih. Lebih bagus lagi jika diolah dengan cara dipanggang atau dijadikan salah satu bahan pembuatan salad,” kata Jackson.


      Jackson menambahkan, produk ini mulai disukai banyak orang. Warnanya sangat menarik konsumen, terlebih setelah mereka mengetahui manfaatnya untuk kesehatan manusia. Rasa dari tomat ini memang unik, seperti rasa anatara gabungan gula dan asam.


      Menurut Profesor Myers, selama proses pertumbuhan, tomat ini awalnya berwarna hijau, kemudian berubah hitam ketika terkena sinar matahari. Jika permukaan indigo rose terkena sinar matahari maka zat anosianin dapat diproduksi, hal ini yang mengakibatkan tomat indigo rose berwarna hitam.


      “Jika Anda ingin membudidayakan indigo rose, dan menaruhnya di tempat yang tidak terkena cahaya matahari, maka tomat akan berubah ungu dalam waktu sekitar seminggu,” kata Profesor Myers. Kini indigo rose telah diluncurkan ke pasaran.


      Ketika menemukan tomat berwarna ungu yang mengandung anthocyanin, yaitu kandungan yang kaya antioksidan, ia dan timnya pun memutuskan untuk membuat persilangannya dengan tomat merah, yang akhirnya menghasilkan ‘Indigo Rose’ ini.


      “Ini adalah variasi tomat terbaru yang memiliki anthocyanin di dalamnya. Buah ini akan berkontribusi banyak bagi kesehatan manusia,” ucap Jackson. Buah unik ini pun akhirnya dijual perdana di sebuah supermarket Inggris dan cukup banyak peminatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tomat Hitam Unik Hasil Persilangan"

Posting Komentar