HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Leunca Si Kecil Hitam Yang Kerap di Sapa Ranti



     Tanaman ranti, apakah Anda mengenalnya? Ranti atau yang populer disebut leunca ini merupakan tumbuhan anggota suku terong-terongan yang buahnya dikenal sebagai sayuran. Tanaman yang bernama latin Solanum nigrum ini berasal dari Eropa dan Asia Barat dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia karena mampu hidup dalam kondisi lingkungan apapun.

     Dihimpun dari sejumlah sumber, buah yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai black nightshade ini dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit.

     Secara tradisional, buah dan daun tanaman ini telah digunakan sebagai obat pusing di Meksiko. Di negeri Tiongkok, ia digunakan untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai anti diare. Di India, dipakai untuk menyembuhkan penyakit anjing gila. Beberapa studi ilmiah menunjukkan, bahwa ranti tidak hanya bisa diapakai untuk ramuan tradisional ranti juga memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti neoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal.


Baca Juga :


     Manfaat dari buah yang berukuran mungil tersebut di antaranya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Senyawa solamargine, solasodine, solasonine, dan solanine yang terdapat pada buah ranti juga bisa dijadikan obat herbal anti kanker. Senyawa itu bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali.

Buah Ranti

     Solasodine mempunyai efek menghilangkan sakit (analgetik), penurunan panas, antiradang, dan antishok. Solanine bertugas sebagai antimitosis, sedangkan solamargine dan solasonine mempunyai efek antibakteri. Senyawa yang dikandung juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

     Khasiat lain dari terong kecil yang sering dilalap adalah sebagai zat anti rematik. Di Korea, sebagai negara yang penduduknya suka ginseng, ranti diyakini punya keajaiban untuk mengobati beberapa penyakit. Daun termasuk buahnya yang telah dikeringkan, bisa dikonsumsi untuk mengobati beberapa penyakit pinggang, spserti encok, pinggang terasa kaku, dan lain lain. Secara empiris, tumbuhan ini bahkan mampu mengobati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Leunca Si Kecil Hitam Yang Kerap di Sapa Ranti"

Posting Komentar