Apotik Hijau, Manfaat Dari Tanaman Saga

Apotik Hijau Manfaat Dari Tanaman Saga : Tumbuhann Saga banyak berkembang secara liar di hutan-hutan atau di ladang atau bahkan ditanam secara sengaja di pekarangan pekarangan rumah terutama di tempat pedesaan, Tanaman Saga termasuk dalam tanaman jenis perdu  dengan poko batang berukuran kecil dan biasanya merambat pada tanaman lain  atau pagar bambu tingginya sanggup mencapai 2-5 meter daunnya beragam berbentuk bundar telur serta berukuran kecil kecil, panjang 4-11 cm dan lebar 3-8 mm  warnanya hijau hingga hijau pucat., permukaan atas licin permukaan bawah berbulu halus bunganya berwarna ungu muda  dengan bentuk mirip kupu kupu berkumpul dalam tandan , saga memiliki buah polong berisi biji biji berwarna merah dengan titik hitam mengkilat dan licin.

Baca Juga : Budidayanya Sederhana, Namun Hasil Panen Melimpah!!

Nama Lain Dari Tanaman Saga :

1). Jawa                  : Saga telik, saga manis, saga cai, saga areuy2.
2). Kalimantan       : Saga, Taning Bajang
3). Nusa Tenggara  : Maat matenb, piling-piling
4). Sulawesi            : Walipopo, Punu no matiti, saga, kaca
5). Maluku              : war kamasin, malimali, aliwensi

Manfaat Tanaman Saga Untuk Pengobatan :

1). Amandel
akar saga dan kayu bagus dicuci bersih, kemudian ditambah gula kerikil dan 5 gelas air direbus hingga mendidih hingga tinggal separonya, kemudian disaring dan diminum 2 kali 1 gelas setiap pagi dan sore.

2). Radang Mata
Satu genggam daun saga dicuci higienis kemudian digiling halus kemudian direbus dengan 2 gelas air untuk diambil uapnya, uap air rebusan daun saga tersebut diambil untuk obat tetes mata

3). Sariawan
Daun saga segar secukupnya dicuci higienis kemudian dijemur beberapa menit biar agak layu dikunyah kunya hingga halus sambil untuk kumur.

4). Panas Dalam
10-15 tangkai daun saga dicuci higienis kemudian direbus dengan 2 gelas air higienis hingga tersisa 1 gelas sesudah cuek disaring kemudian diminum.

Demikianlah sekilas ihwal manfaat tanaman saga  semoga bermanfaat.....
Apotik Hijau, Manfaat Dari Tanaman Saga Apotik Hijau, Manfaat Dari Tanaman Saga Reviewed by Yoyon Oke on Februari 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.