HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Putsa? Buah India Yang Bisa Ditanam Di Indonesia!!


      Apel india atau putsa dengan bahasa latinnya Ziziphus Mauritiana Lam merupakan tanaman buah asal india yang memiliki buah seperti tomat belum masak namun rasanya manis, renyah seperti buah apel, berukuran kecil kisaran diameter 5cm. Tanaman apel india ini tergolong tahan dibebagai kondisi buruk, misal batang tersisa satu akar, tanaman ini bisa bertahan untuk hidup. Di indonesia tanaman ini sulit untuk didapat, jika ada pun harganya sangat tinggi perbibit bisa mencapai 100 ribuan. Dengan harga yang cukup tinggi tanaman maupun buahnya, menanam apel india ini bisa menjadi peluang bisnis besar. Tanaman apel india cocok ditanam di seluruh wilayah indonesia. Dari itu, jika sahabat Tani Organik tertarik untuk menanam apel india ini, saya akan berikan cara menanam agar tanaman bisa tumbuh optimal.

1. Memilih Bibit Apel India/Putsa yang Berkualitas

      Pertumbuhan apel india/putsa sangat ditentukan dengan keadaan bibit apel india. Agar tanaman apel india dapat tumbuh optimal, carilah bibit yang benar-benar berkualitas seperti bibit yang sehat bebas dari penyakit tanaman, memiliki daun hijau sehat tidak layu atau kering, memiliki batang yang kokoh tidak kurus dan kering, pilih juga bibit yang rindang.

Pohon Muda Apel India (Putsa)

2. Lokasi Penanaman

      Menanam apel india/putsa memang sangat mudah, karena apel putsa yang tahan akan berbagai kondisi. Namun, lokasi penanaman perlu diperhatikan juga, supaya tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Kriteria lokasi yang baik bisa dilihat dari lokasi lahan bersih dari rumput liar disekitar bakal tanam, area lahan yang tidak terlalu sempit, tanah kaya dengan unsur hara, dan mendapat sinar matahari langsung, tidak ada ranting pohon yang menaungi  lahan tanam.

3. Menggali Lobang Tanam

      Apabila bibit apel india dan lokasi penanaman sudah disiapakan, langkah selanjutnya kita menyiapakan lubang tanam dengan cara menggalinya. Buat lubang tanam bisa dengan menggunakan alat seperti cangkul, ukuran kisaran 50x50x50cm. Siapkan juga campuran tanah + kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi + sekam, untuk menutup lobang tanam nanti.

4. Mengistirahatkan Lahan

      Lubang tanam bersama campuran tanah + kompos + sekam didiamkan selama 2-3 hari, tujuannya agar gas-gas racun pada tanah hilang. Campuran tanah + kompos + sekam didiamkan ditempat teduh atau bisa ditutupi dengan plastik.

Baca Juga :

5. Mulai Menanam

      Setelah diistirahatkan selesai, kemudian penanaman bibit apel india/putsa bisa langsung dilakukan. Letakkan bibit apel india/putsa yang telah disediakan pada lubang tanam, jika bibit masih dalam polybag sobek terlebih dahulu plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai balutan tanah dan perakaran jatuh. Memposisikan bibit harus tegak lurus, jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

      Kemudian selanjutnya tinggal menutup lubang dengan campuran tanah+kompos+skam yang sudah kita persiapkan tadi. Seperti yang kita ketahui tanaman perlu nutrisi baik untuk pertumbuhan bibit agar subur, maka kompos+skam akan menambah nutrisi pada tanah. Setelah itu, agat bibit kokoh, tanah disekitar tanaman bisa dipadatakan sedikit, namun jangan terlalu padat karena untuk perkembangan akar tanaman.

7. Penyiraman

      Kemudian, lakukan penyiraman pertama pada tanaman dan media tanam dengan merata sampai meresap ke seluruh bagian media tanam. Penyiraman bisa menggunakan alat seperti embrat supaya hasilnya merata dengan optimal.

8. Memasang Ajir

      Pemasangan ajir sangat dianjurkan sekali, selain untuk menjaga agar tanaman tidak miring juga menahan agar tanaman tidak mudah roboh yang bisa disebabkan dari terpaan angin yang terlalu kencang dan hewan pengganggu tanaman. Ajir biasanya dibuat dari bambu dengan ukuran berkisar 1,5 meter.

9. Pemupukan Rutin

      Asupan nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan tanaman apel india, maka pemupukan yang rutin perlu diberikan pada tanaman apel india kita. Asupan nutrisi akan menjadikan tanaman sehat dan kebal akan serangan penyakit serta tumbuh optimal. Ada cara pemupukan rutin yang bisa diaplikasikan pada tanaman apel india/putsa, boleh menggunakan organik saja atau dengan kombinasi kimia. Berikut komposisi pemupukannya.

10. Mempercepat Munculnya Bunga/Buah

      Umumnya tanaman apel india atau putsa dapat berbuah berkisar umur 1-2 tahunan. Tanaman apel india atau putsa berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif. Untuk mempercepat pembuahan tentu perlu ada asupan khusus untuk merangsang pembuahan. Yang saya biasa gunakan untuk mempercepat pembuahan yaitu POC BMW. POC BMW dapat merangsang munculnya buah lebih cepat pada tanaman buah. Bagian tertentu tanaman dapat disemprotkan POC BMW dengan kisaran 2-3 tutup POC BMW ditambah dengan 15 liter air, disemprotkan 7-10 hari sekali. Selain pemberian hormon perangsang buah, rajinlah untuk melakukan pemangkasan.

Teknik Perangsangan Pembuahan Menggunakan POC BMW

11. Perawatan

      Tidak ada perawatan khusus dalam menanam apel india/putsa, perawatan berikut tetap harus dilakukan untuk tanaman apel india/putsa tumbuh lebih baik seperti membersihkan diarea sekitar tanaman dari tumbuhnya rumput-rumput pengganggu, rajin menyiram bisa 1-2 kali sehari, namun tergantung kelembaban tanah juga.

12. Hama yang menyerang Apel India / Putsa

      Hama yang sering menyerang pada tanaman apel india/putsa seperti lalat buah yang menjadi penyebab busuk buah, bisa di cegah dengan membungkus buah dari plastik lalu diberi lubang kecil. Hama lainnya seperti kutu putih dan penggerek batang juga sering mengganggu tanaman apel india/putsa. Serangan tersebut bisa diantisipasi dengan mengaplikasikan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Putsa? Buah India Yang Bisa Ditanam Di Indonesia!!"

Posting Komentar