Meski Kecil, Kupu-kupu Punya Peran Besar bagi Lingkungan

Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang termasuk dalam golongan serangga. Kupu-kupu menjadi salah satu hewan yang mempunyai proses metamorfosis sempurna. Siklus hidupnya dimulai dari telur, ulat, kepompong, lalu terakhirnya baru menjadi seekor kupu-kupu.

Baca Juga :

Selama ini, kupu-kupu hanya dianggap sebagai serangga kecil dan cantik yang membantu penyerbukan tanaman saja. Padahal, sebenarnya peran kupu-kupu lebih dari itu. Selain punya peran penting bagi tanaman, kupu-kupu juga peran besar bagi lingkungan.

Membantu Proses Penyerbukan

Sama seperti lebah, kupu-kupu juga biasa membantu proses penyerbukan tanaman. Walaupun serbuk sari yang dibawa kupu-kupu tidak sebanyak lebah, tapi serangga ini bisa terbang lebih jauh ketimbang lebah. Sehingga proses penyerbukan pun dapat dilakukan pada tumbuhan yang jauh pula.

Anggota Penting Rantai Makanan

Kupu-kupu menjadi anggota penting dalam rantai makanan serta menjadi sumber makanan bagi hewan seperti burung, laba-laba, kadal, tikus, dan lain-lainnya. Kalau suatu saat populasi kupu-kupu berkurang, hal tersebut dapat memengaruhi seluruh ekosistem diatas.

Membantu Memantau Perubahan Iklim

Kupu-kupu menjadi salah satu serangga yang bermanfaat untuk para ilmuwan. Alasannya, kupu-kupu ternyata bisa membantu ilmuwan memantau perubahan iklim dunia.

Hal ini karena kupu-kupu tergolong hewan yang peka dan sensitif terhadap perubahan iklim. Saat ada sesuatu yang salah pada ekosistem dan iklim di bumi, jumlah kupu-kupu pun bisa berkurang dengan cepat.

Plastik UV adalah plastik yang dibuat khusus untuk bangunan greenhouse, atau rumah tanaman. Anda butuh plastik UV murah? Klik disini untuk cek harganya.

Membantu Mengurangi Polusi Udara

Beberapa spesies kupu-kupu mempunyai peranan penting dalam membantu mengurangi polusi udara di dunia. Kupu-kupu raja dan ulat ternyata dapat menyerap karbon dioksida atau atau CO2 di atmofer.

Hal ini tentu menjadikan tingkat karbon dioksida di atmosfer dapat berkurang. Seperti yang diketahui bahwa karbon dioksida yang tinggi dapat meningkatkan pemanasan global.

Penyedia Antiobiotik

Peran baik kupu-kupu tak sekedar untuk lingkungan saja, tetapi untuk manusia juga. Namun, hal ini hanya berlaku untuk beberapa spesies kupu-kupu yang mempunyai antibiotik serta terbukti mampu menyelamatkan nyawa manusia.

Salah satu spesies kupu-kupu tersebut yakni kupu-kupu cokelat padang rumput yang biasa hidup di wilayah Inggris. Kupu-kupu jenis ini efektif untuk melawan pertumbuhan Staphylococcus Aureus, sejenis bakteri yang diyakini membunuh 90.000 orang setiap tahunnya di Amerika Serikat.

Referensi :

https://www.dream.co.id/stories/manfaat-kupu-kupu-bagi-lingkungan-dan-makhluk-hidup-yang-jarang-diketahui-220421x.html

https://kids.grid.id/read/473791524/5-peran-kupu-kupu-dalam-ekosistem-di-bumi-serta-penjelasannya?page=all

Meski Kecil, Kupu-kupu Punya Peran Besar bagi Lingkungan Meski Kecil, Kupu-kupu Punya Peran Besar bagi Lingkungan Reviewed by Pak Tani on September 02, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.