limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

Risih Rumah Banyak Lalat? Atasi dengan 11 Tanaman Ini, Dijamin Ampuh!



Bukan hanya untuk memperindah tempat tinggal Anda, tetapi beberapa tanaman ini bisa membantu Anda saat sedang berhadapan langsung dengan serangga seperti nyamuk dan lalat. Adapun jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah untuk mengatasi masalah serangga yang sangat mengganggu. Sebab serangga seperti lalat, nyamuk, semut, dan lainnya bisa menjadi masalah bagi Anda di rumah.

Apalagi serangga seperti lalat kehadirannya tak hanya mengganggu, namun juga membawa penyakit yang berbahaya. Umumnya, lalat ada di tempat sampah atau yang kotor lalu hinggap di makanan atau minuman yang disajikan. Untuk mengusir lalat, Anda bisa melakukan apapun seperti memberikan cairan pengusir lalat atau obat pengusir lalat, dapat juga memakai alat pengusir lalat dan lainnya, semua dilaksanakan sebagai bagian cara mengusir lalat di siang hari. Tak ketinggalan, cara mengusir lalat dengan garam atau mengusir lalat memakai bahan alami.

Sebetulnya, Anda bisa menemukan banyak cara mengusir lalat atau cara membunuh lalat. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengetahui cara mengusir lalat dengan tanaman. Letakkan tanaman tersebut di dekat ruang makan untuk menghasilkan bau yang lalat sama sekali tak suka, atau bisa juga ditanam langsung atau bagian dari tanaman diolah untuk mengusir lalat. Dan uniknya lagi, sejumlah tanaman pengusir lalat ternyata tanaman pengusir nyamuk. Nah, apa saja sih tanaman ini? Berikut ini beberapa jenis tanamannya.

Baca Juga:
+ Sering Dipakai, 5 Pupuk Organik Ini Jadi Primadona Para Pekebun Millennial
+ Percantik Rumah dengan 5 Tanaman Hias Ini, Bisa Tumbuh di Media Air!
+ Tambah Wawasan Yuk, Apa Itu Metode Permakultur dalam Pertanian?


1. Kemangi/Basil

Tidak semua basil merupakan kemangi, sebetulnya kemangi hanya merupakan salah satu bentuk basil. Sebagai contoh kita gunakan kemangi atau lemon basil sebab paling banyak ditemukan di Indonesia, meski sebetulnya semua basil sangat efektif mengusir lalat, apalagi varietas basil sweet. Selain dijadikan lalapan rupanya daun kemangi mempunyai keampuhan dalam mengusir lalat dan bahkan nyamuk.

Untuk caranya cukup mudah sebab hanya tinggal menanamnya di sebuah wadah yang nanti bisa diletakkan di dekat pintu serta area luar rumah. Jika ingin dijadikan spray, cobalah untuk menyiapkan 6 ons daun basil atau kemangi yang kemudian dituang dengan 4 ons air panas.


2. Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu bahan yang dipakai untuk memasak, aroma baunya membuat masakan terasa lebih sedap. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman pengusir lalat, Anda bisa menanamnya di pot kecil di rumah.


3. Lavender

Jenis tanaman pengusir lalat lainnya yaitu lavender yang umumnya memang dipakai untuk relaksasi. Langkahnya cukup mudah, yaitu dengan menaruh sejumlah tangkai lavender pada ruangan yang sering didatangi lalat. Akan tetapi, lebih bagus lagi jika setiap ruangan di rumah diberi tangkai lavender supaya lalat akan jauh-jauh dari rumah. Tak hanya lalat, nyamuk juga akan menjauh jika ada tanaman ini. Namun yang menjadi kendala yaitu kelangkaan atau ketidaktersediaannya lavender asli di Indonesia, lavender memang cukup sulit ditanam.


4. Rosemary

Tanaman bunga rosemary bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia, bentuk bunganya yang cantik sehingga bisa menjadi tanaman hias di rumah. Ternyata, bunga rosemary ini adalah tanaman herbal yang bukan hanya bisa membuat makanan beraroma sedap, tapi aromanya juga akan mengusir lalat dan nyamuk. Jika akan dijadikan spray, silakan campur bunga rosemary kering dengan air pada wadah, kemudian didihkan selama kurang lebih 30 menit. Bila sudah mendidih, tunggulah beberapa waktu dan biarkan cairan tersebut di wadah, baru setelah itu lanjutkan dengan menyimpannya di dalam kulkas. Cairan spray sudah tidak berfungsi bila aromanya sudah tidak tercium, maka harus dibuang dan buat yang baru.


5. Mint

Tanaman mint bisa dijadikan solusi ampuh untuk mengusir lalat, yaitu hanya dengan menanamnya di sebuah pot. Ada 2 jenis tanaman mint yang paling banyak ditemukan yaitu spearmint dan peppermint, sebab mempunyai proses pertumbuhan yang cukup cepat sehingga jika menanamnya di tanah nantinya akan menyulitkan kita untuk mencabutnya. Tak hanya untuk pasta gigi, sabun, dan lainnya, tanaman mint juga sangat efektif dalam mengusir lalat dan nyamuk dengan aroma yang dikeluarkan dari dalam bunga, tangkai dan daunnya.


6. Serai

Serai merupakan salah satu bahan dari bumbu masak sehingga membuat masakan menjadi lebih nikmat. Serai ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir lalat, Anda bisa menanamnya di taman.


7. Kayu Putih

Tanaman ini memang mempunyai fungsi untuk minyak kayu putih, pastinya Anda memiliki kayu putih di rumah. Jika ingin memanfaatkan untuk mengusir lalat di rumah, coba saja untuk tanam kayu putih ini di taman depan, samping, ataupun belakang.


8. Kucingan

Tanaman ini dikenal sebagai catnip, umumnya disukai kucing lantaran aromanya bisa membuat teler. Maka dari itulah, bunga catnip ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir lalat di rumah, akan tetapi jauhkan dari kucing supaya tidak dirusak.


9. Bunga Krisan

Untuk para pecinta bunga krisan, rupanya tak hanya bisa dijadikan penghias rumah loh! Karena tanaman bunga ini juga sangat bagus dan efektif untuk mengusir serangga seperti lalat, tungau, kutu, semut ataupun kecoa. Beberapa jenis serangga diketahui sangat takut akan pyrethrum yang ada pada bunga krisan. Untuk jenis serangga yang terbang dan melompat, ada ancaman mematikan yang diberikan oleh pyrethrum.

Kita bisa mencontoh cara Amerika yang memakai bahan dari krisan untuk dijadikan sebagai semprotan serangga, aerosol dan bahkan shampo bagi hewan peliharaan. Meski dipercaya dan dikenal ampuh untuk mengusir berbagai serangga, sebenarnya bunga krisan ini bisa berbahaya juga bagi manusia. Sebab kandungan Pyrethrum-nya mengandung zat karsiogenik yang bisa memicu kanker pada manusia.


10. Pandan Wangi

Tanaman ini mudah diperoleh dan sebagian besar orang mempunyai tanaman ini di rumahnya untuk memasak sehingga makanan menjadi lebih harum dan sedap. Dan ternyata, pandan wangi ini juga menjadi tanaman pengusir lalat dan cara pemakaiannya untuk mengusir lalat pun cukup sederhana, ambil beberapa helai daun pandan kemudian diiris halus. Irisan daun tersebut bisa diletakkan dalam sebuah piring atau mangkuk. Pastikan posisi daun pandan dalam mangkuk tersebut di tempat yang terdapat banyak lalat, seperti misalnya meja makan supaya makanan aman dari sentuhan lalat. Bukan hanya bermanfaat mengusir serangga, tanaman pandan wangi ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan lho!


11. Marigold

Marigold merupakan tanaman yang mengandung sejumlah senyawa yang bisa menghalau serangga. Tanaman marigold ini bisa Anda tanam di taman depan atau belakang rumah supaya bebas dari gangguan serangga. Nah, ternyata banyak juga ya tanaman pengusir lalat yang bisa ditanam, pilihlah salah satu tanaman yang cocok dengan Anda dan segera tanamlah supaya terbebas dari berbagai gangguan serangga.
Risih Rumah Banyak Lalat? Atasi dengan 11 Tanaman Ini, Dijamin Ampuh! Risih Rumah Banyak Lalat? Atasi dengan 11 Tanaman Ini, Dijamin Ampuh! Reviewed by Yoyon Oke on Desember 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk