Budidaya Flora Dandelion, Bunga Segudang Manfaat & Penuh Arti


Tanaman Dandelion atau Randa Tapak atau nama ilmiahnya Taraxacum Officinale yakni tumbuhan memiliki bunga dengan ukuran bunga kecil yang akan terbang apabila tertiup angin. Bunga ini merupakan bab dari Taraxacum yakni suatu genus besar dalam keluarga Asteraceae. Tanaman bunga dandelion berasal dari Eropa dan Asia kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tanaman bunga dandelion ini yakni tumbuhan liar.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Dandelion

Kingdom  : Plantae
Divisi      : Magnoliophyta
Kelas       : Magnoliopsida
Ordo        : Asterales
Famili      : Asteraceae
Genus       : Taraxacum

Ada beberapa macam varietas bunga dandelion, bunga dandelion berwarna putih apabila sudah bau tanah dan kuning saat awal berbunga. Tetapi kebanyakan orang mengertinya bunga dandelion berwarna putih dengan bentuk lingkaran dan memiliki banyak biji. Biji tersebut yang nantinya akan dijadikan benih untuk perbanyakan tumbuhan dandelion.

Sedangkan di alam yang aslinya, perbanyakan dandelion dibantu oleh adanya angin. Ada banyak sekali filosofi bunga dendalion yakni meniup bunga dandelion menjadi simbol pengharapan. Filosofi hidup bunga dandelion juga patut untuk ditiru yakni dapat tumbuh dan berbunga dimana saja meski daerah itu ekstrim serta gersang. Artinya sekeras dan sesulit apapun hidup yang dijalani kita harus tetap tumbuh dengan indah.

Manfaat dari bunga dandelion yakni daunnya dapat dijadikan salad, bab umbinya dapat dibakar sebagai pengganti kopi. Selain itu, tumbuhan dandelion merupakan sumber vit H yang baik bagi tubuh dan dapat membantu menurunkan berat tubuh secara alami.

Ada Beberapa Cara Menanam dan Merawat  Bunga Dandelion, Yaitu :

Persiapan Bibit Bunga Dandelion


Untuk memperoleh benih bibit dandelion, dapat dengan mencarinya di alam liar. Tetapi apabila tak ingin repot, benih dandelion dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit.

Persiapan Lokasi Tanam Bunga Dandelion


Lokasi yang dipilih untuk menanam bunga dandelion sebaiknya diubahsuaikan dengan habitat aslinya yakni lokasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari secara pribadi menyerupai di pekarangan.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 20cm x 20cm x 20cm. Kemudian, tambahkan 1kg-2kg pupuk sangkar ke dalam lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu. Gemburkan tanah yang ada disekitar lubang tanam. Apabila sudah 1 minggu, lubang tanam sudah siap ditanami bibit bunga dandelion.

Baca Juga :

Cara Menanam Tanaman Dandelion

Penanaman bunga dandelion dapat dilaksanakan dengan 2 cara yakni biji benih dandelion ditanam pribadi ke dalam lubang tanam atau biji benih bunga dandelion disemai terlebih dulu dalam polybag gres setelah tumbuh ditanam ke lahan tanam. Kemudian disarankan pembibitan dandelion dilaksanakan dengan cara menyemaikan benihnya terlebih dulu alasannya ialah angka kehidupan bibit lebih tinggi. Cara menyemai benih bunga dandelion yakni:

Benih disimpan terlebih dulu ditempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya, siapkan polybag berisi media tanam berupa adonan tanah halus, pupuk sangkar dan sedikit pasir. Bagian bawah polybag dilubangi supaya air dapat keluar.

Apabila sudah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Sesudah disemai, laksanakan proses penyiraman dengan air secukupnya. Tetapi apabila biji keluar saat penyiraman, maka timbun kembali dengan media tanamnya.

Cara Merawat Bunga Dandelion

Sama halnya dengan perawatan tumbuhan hias lainnya, perawatan bunga dandelion tak begitu sulit. Laksanakan proses penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali 1 hari. Pemupukan dapat dilaksanakan setiap 3 ahad 1 kali dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan ini dilaksanakan pada bab tajuk tanaman. Selain itu, laksanakan juga proses penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya secara rutin.

Masa Berbunga Bunga Dandelion

Sesudah 3 bulan tanam, tumbuhan dandelion akan mulai berbunga. Ketika awal berbunga, bunga dandelion berwarna kuning dan akan berwarna putih Ketika mulai menua.

Kepala bunga dandelion berdiameter sekitar 2cm-5cm dan seluruhnya terdiri dari sinat kuntum. Bunga yang matang akan bermetamorfosis kepala am yakni berbentuk bulat. Bunga yang sudah bau tanah akan terbang apabila tertiup angin.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk pembuatan green house atau untuk budidaya tumbuhan atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jikalau minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, dapat berubah setiap waktu
Budidaya Flora Dandelion, Bunga Segudang Manfaat & Penuh Arti Budidaya Flora Dandelion, Bunga Segudang Manfaat & Penuh Arti Reviewed by Yoyon Oke on Juni 27, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.