Manfaat Plastik Uv - Ini Ternyata Hama Anthurium & Cara Penangannanya


Anthurium memang cenderung tahan terhadap serangan hama. Namun tetap saja ada kemungkinan flora Anda terjangkit. Berikut isu mengenai hama dan cara penanganannya.

a). Aphid

Wujud hama ini yaitu kutu berwarna kuning. Aphid biasanya hidup bergerombol pada pucuk tumbuhan dan pangkal bunga. Penyebarannya terhitung cepat. Karena aphid menghisap cairan daun, daun yang terjangkit tumbuh tidak sempurna, cenderung keriting, menghitam, dan kering.

Penanggulangan: gunakan insektisida mirip Ye Man Te, Demiter, Supracide, Decis, Curacron, atau Basudin. Insektisida ini bersifat kombinasi antara contact killing dan nervous disturbing. Artinya, bila insektisida mengenai serangga, serangga eksklusif mati. Jika tidak mati kemampuan reproduksinya hilang, sehingga terputuslah siklus hidup serangga. Semprotkan insektisida ke pecahan tumbuhan yang terjangkit aphid seminggu sekali dalam kurun waktu tiga minggu. Pencegahan dilakukan dengan menyemprotkan insektisida sekali dalam sebulan.

b). Fungus Gnat

Fungus gnat yaitu hama yang bentuknya ibarat nyamuk berwarna hitam. Ia hidup pada media tanam yang lembab. Adenium yang terjangkit ditandai dengan adanya bintik hitam di kuncup bunganya. Kemudian kuncup bunga akan membusuk dan gugur.

Penanggulangan: semprotkan insektisida, mirip Ye Man Te, Demier, atau Proleaf ke pecahan tumbuhan yang terserang. Alternatif lain Trigard dan Agrimec dengan takaran 0.5/liter air.

c). Mealy Bug
Hama ini berupa kutu berwarna putih dan mempunyai sejenis tepung yang dijumpai pada ketiak dan pucuk daun muda. Serangannya menimbulkan pertumbuhan pucuk yang abnormal.

Penanggulangan: semprotkan insektisida, mirip Proleaf ke pecahan tumbuhan yang terserang.

d). Nematoda

Nematoda umumnya ditemukan di media tanam yang diberi pupuk kandang. Gejala awal yaitu menguningnya daun dan gugurnya kuncup bunga yang masih muda. Bagian yang diserang nematode yaitu akar adenium. Jika adenium yang sakit dicabut dari potnya akan terlihat semacam umbi di akar serabut. Di samping itu ujung akar serabut banyak yang mati dan pangkal akar mengeriput atau berlubang. Jika dilihat dengan mikroskop akan tampak banyak cacing kecil menggerogoti akar adenium.

Kerusakan tumbuhan disebabkan sekresi air ludah yang diinjeksikan ke dalam tumbuhan ketika nematoda menggigit atau memakan tanaman. Proses ini bisa menimbulkan tamat hayat lantaran kekuatan akar dan tunas hilang, terbentuk luka, jaringan tumbuhan membengkak dan pecah.

Penanggulangan: cabut tumbuhan dari pot dan basuh akarnya pada air yang mengalir. Potong dan buang semua akar serabut yang rusak dan busuk. Selanjutnya akar direndam dalam larutan insektisida atau nematisida (misalnya atau nematisida Dazomet 98% dengan takaran sesuai anjuran) sampai seluruh akar dan pangkal batang terendam selama setengah jam. Selanjutnya angkat tumbuhan dan angin-anginkan di daerah teduh selama 1ó2 minggu. Setelah tumbuhan sehat sebaiknya ditanam pada media tanam gres yang steril. Gunakan media tanam yang higienis dan materi organik yang sudah matang benar. Jika perlu bisa ditambahkan nematisida butiran mirip Furadan 3G yang dicampur dalam media tanam.

Baca Juga : 
   Tips Dan Trik Dalam Budidaya Tanaman Cengkeh
   Rahasia Dari Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan
   Manfaat Buah Lemon Yang Jarang Diketahui
   Sukses Dalam Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula
   Terbongkar !! Inilah Penyebab Utama Daun Tanaman Menguning 

e). Root Mealy Bug

Hama berupa kutu rambut berwarna putih ini umumnya dijumpai pada media tanam yang lembab. Tanaman yang terjangkit mengalami layu pucuk, kerusakan batang, dan disertai pembusukan akar. Jika media tanam dibongkar akan tampak binatang kecil bertepung putih yang melekat pada akar yang busuk.

Penanggulangan: gunakan adonan nematisida, insektisida, dan fungisida, mirip Sursban atau Diainon (dosis 1 ml/l) atau Dazomet 98% dengan cara disiramkan eksklusif ke media tanam, atau ganti seluruh media tanam dengan media tanam gres yang steril. Untuk pencegahan, bisa dilakukan penyemprotan insektisida sebulan sekali.

f). Semut

Semut sering bersarang di dalam media tanam atau di bawah pot, sehingga bisa merusak akar dan tunas adenium. Semut tergolong vektor penyakit.

Penanggulangan: merendam sebentar pot adenium ke dalam air atau menyiramnya memakai obat antisemut.

g). Spider Mite


Hama ini bentuknya mirip laba-laba dan berwarna merah. Nama lainnya motes atau tungau merah. Hama ini bahagia bersembunyi di bawah daun dan ketiak daun. Adenium yang daunnya berbulu sangat rentan terhadap serangan hama ini lantaran si tungau suka bersembunyi di sela-sela bulu halus tadi sembari menghisap carian daun dan batang. Pada tumbuhan sakit di pecahan bawah daun atau batang ditemukan sarang tungau merah berupa benang halus.

Gejala awalnya, daun akan berwarna kusam. Selanjutnya daun menguning dan cepat berguguran. Di samping itu tampak titik-titik kecil warna merah kecoklatan di permukaan daun. Serangannya bisa fatal ditandai dengan gugurnya daun dan keringnya pucuk batang lantaran cairan tumbuhan terhisap habis.

Penanggulangan: gunakan akarisida, contohnya Kelthane atau Omite. Semprotkan ke seluruh tumbuhan dan lingkungan sekitar dengan takaran yang dianjurkan. Penyemprotan dilakukan 2ó4 kali setiap minggu. Tak perlu khawatir kalau sesudah disemprot daun-daun adenium berguguran, lantaran daun yang gres dan sehat akan segera muncul. Pencegahan paling efektif yaitu meletakkan tumbuhan di daerah yang mempunyai sirkulasi udara baik, terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. Hama ini tidak menyukai daerah yang berangin kencang dan terkena siraman air hujan terus menerus.

h). Thrips

Wujudnya yaitu kutu berwarna hitam yang bergerak cepat. Thrips menyerang kuncup bunga sehingga gagal mengembang dan menjadi kering.

Penanggulangan dengan menyemprotkan insektisida, mirip Detimer, ke pecahan yang terkena serangan.

Mungkin sekian artikel ini, biar bermanfaat bagi kita semua :)


Penggunaan plastik UV sangat mempunyai kegunaan untuk mengontrol temperature didalam greenhouse,sehingga suhu didalam greenhouse akan tetap normal ketika siang hari / malam hari.
- Plastik UV Lokal brand Hercules 6% dan 14% dengan Uk. 3 m x 100 m x 200 micron
- Plastik UV Import brand Vatan 14% dengan Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8 m x 45 m x 200 micron
Selain untuk Greenhouse, Plastik UV sanggup dipakai untuk Penjemuran bahan-bahan tertentu. Segera Pesan Sekarang!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya perihal prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat eksklusif dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PlastikUv #Greenhouse #UvMerkHercules #AtapGreenhouse
Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Ini Ternyata Hama Anthurium & Cara Penangannanya Manfaat Plastik Uv - Ini Ternyata Hama Anthurium & Cara Penangannanya Reviewed by Yoyon Oke on Maret 31, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.