Manfaat Plastik Uv - Cara Menanam Bunga Anggrek


Anggrek merupakan tumbuhan hias yang bunganya sangat indah. Anggrek sudah dikenal insan semenjak dari 200 tahun yang kemudian tapi gres 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan di Indonesia. Pusat tumbuhan anggrek di Eropa ialah Inggris, sedangkan di Asia ialah  Muangthai. Di Indonesia, anggrek banyak berada di Jawa Barat, Jawa Tengah,  Sumatera maupun di Irian Jaya.


  • Jenis bunga anggrek yang berada di Indonesia termasuk jenis yang indah diataranya yaitu:

^ Vanda tricolor (di Jawa Barat dan di Kaliurang)
^ Vandahookeriana (warnanya ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera)
^ Anggrek ralat (Dendrobium phalaenopsis), anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), anggrek (Paphiopedilun praestans) dari Irian Jaya
^ Anggrek  Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah.

Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Cabai

  • Berdasarkan aksara hidupnya tananam hias anggrek dibedakan menjadi 3, yaitu :


    Anggrek Ephytis merupakan jenis anggrek yang menumpang pada batang pohon lain namun tidak merusak atau merugikan yang ditumpangi. Bagian yang digunakan untuk menempel ialah akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk  mencarri makanan ialah akar udara.
    Anggrek semi Ephytis merupakan jenis anggrek yang menempel dengan pohon atau tumbuhan lain tetapi tidak merusak yang ditumpangi, akar lekatnya berfungsi ibarat akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang.
    Anggrek Terrestris ialah jenis anggrek yang hidup di atas tanah humus dan subur.

Untuk budidaya ataupun ingin bunga anggrek tersebut tumbuh dengan baik anda harus mengerti media atau daerah yang cocok dengan jenis anggrek itu sendiri. Budidaya menanam bunga anggrek tidak harus memakai pot, alasannya tumbuhan anggrek sanggup menempel pada tumbuhan lain. Untuk lebih baiknya tentu akan lebih maksimal bila memakai pot tersendiri.


  •  lokasi yang Bagus untuk Budidaya Tanaman Anggrek


Tidak hanya memperhatikan lokasi saja namun juga perlu memperhatikan media yang akan digunakan untuk penanaman anggrek. Pilihlah lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang cukup baik, alasannya pertumbuhan tumbuhan anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang didapat. Upayakan jikalau menyamakan jenis flora anggrek menurut tingkat intensitas matahari yang didapat sehingga anggrek sanggup tumbuh secara optimal.


  • Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis, yaitu : 


Jenis pertama tumbuhan anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Tipe anggrek yang cocok untuk dibudidayakan pada daerah terbuka yaitu anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.

Jenis kedua ialah jenis anggrek yang sanggup tumbuh dengan baik di daerah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tipe anggrek yang cocok untuk lingkungan ini yaitu anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya.
Untuk membudidayakan tumbuhan anggrek jenis kedua diatas anda harus mempunyai daerah tertentu yang sudah dirancang sedemikian rupa supaya sanggup memaksimalkan pertumbuhan anggrek yang Anda tanam.

Jenis terakhir iala jenis tumbuhan anggrek yang tidak ingin terkena sinar matahari, sehingga Anda harus menempatkan tumbuhan ini di daerah yang teduh. Jika Anda mempunyai halaman rumah yang teduh, sebaiknya Anda menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.


  • Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek


Yang tidak kalah penting dalam berbudidaya tumbuhan anggrek ialah ketinggian lokasi untuk penanaman anggrek itu sendiri. Selain kondisi lingkungan ketinggian lokasi penanaman anggrek juga mempengaruhi pertumbuhan anggrek yang Anda budidayakan. Teknik menanam selanjutnya yaitu menanam anggrek menurut ketinggian lokasi tanam. Ketinggian lokasi tanam anggrek terbagi menjadi tiga jenis.

Tinggal di lokasi dengan ketinggian 1001 m dpl sangat cocok untuk ditanami tumbuhan anggrek jenis cymbidium dan anggrek miltonia.
Jika Anda ingin membudidayakan anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya Anda wajib menempatkan tumbuhan ini pada ketinggian 500 hingga 1000 m dpl.

Jenis ketiga yaitu anggrek yang akan tumbuh secara optimal bila ditempatkan pada ketinggian 500 m dpl. Salah satu teladan tumbuhan anggrek yang berkembang pada ketinggian ini yaitu anggrek jenis Vanda dan Arachnis. Selain ketinggian lokasi tanam Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara di daerah tersebut.
Tempat yang baik untuk pertumbuhan anggrek yaitu daerah yang mempunyai angin sepoi-sepoi. Hal lain yang harus diperhatikan yakni kelembaban udaranya supaya tumbuhan anggrek sanggup tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Sebelum menanam bunga anggrek pastikan anda menentukan bibit yang mempunyai kualitas yang baik. Pilihlah bibit yang siap untuk dibudidayakan misal bibit yang sudah berusia 1 tahun dan sudah mempunyai daun serta akar.
Tanamlah bibit ke dalam plastik selama 3 bulan, setelah 3 bulan pindahkan ke dalam pot kecil dengan diameter 6 cm hingga 12 cm. Berikanlah pupuk organik sewaktu metode pembibitan supaya pertumbuhan anggrek maksimal. Setelah 3 bulan berada di pot kecil Anda sanggup memindahkan anggrek ke dalam pot yang berukuran lebih besar.


  • Ingin anggrek mempunyai perkembangan yang optimal dan mempunyai warna bunga yang cerah ada beberapa tips yang sanggup dilakukan.


Akar bibit bunga anggrek

Setelah tiga bulan, umumnya akar akan mulai tumbuh dan seringkali hingga terangkat keluar dari tanah. Melihat keadaan ini mungkin Anda akan eksklusif memasukan kembali akar yang terangkat kedalam tanah. Akan tetapi, jangan lakukan hal itu, alasannya justru akan membahayakan tumbuhan anggrek yang Anda tanam. Sebaiknya yang perlu Anda lakukan yaitu seraya memindahkan tumbuhan tersebut ke dalam pot yang lebih besar.

Batang bunga anggrek

Sebagian tumbuhan anggrek kadang mempunyai batang yang tinggi. Untuk menjaga batang anggrek supaya tidak gampang jatuh, Anda sanggup memakai tiang untuk menyangga batang anggrek tersebut. Tiang penyangga ini untuk menegaskan bahwa batang anggrek tetap sanggup bangkit tegak.

Menempatkan pada suhu yang tepat

Anggrek akan berkembang dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Jika anda ingin melihat tumbuhan anggrek anda menghasilkan bunga yang indah melebihi apa yang  diharapankan maka anda harus menjaga suhu dengan teratur.

Baca Juga : Jenis – Jenis Beras Serta Khasiatnya Untuk Kesehatan

  • Cara memindahkan anggrek


Jangan memindahkan tumbuhan anggrek dengan asal asalan, sebelum mengambil bibit anggrek terlebih dahulu dan menyiapkan pot gres yang akan digunakan sebagai daerah gres untuk anggrek, jikalau pot gres sudah siap pindahkan tumbuhan anggrek tersebut.

Letak tumbuhan bunga anggrek pastikan benar dan tambahkan sedikit media tanam lain ibarat pakis cincang.
Bagi Anda yang masih pemula dan ingin mencoba membudidayakan tumbuhan anggrek ini, cobalah untuk membudidayakan anggrek hitam atau anggrek bulan disekitar rumah Anda. Selamat mencoba cara menanam dan budidaya bunga anggrek.


Demikian Pembahasan Artikel Tentang " Cara Menanam Bunga Anggrek ". Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat...

Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Cara Menanam Bunga Anggrek Manfaat Plastik Uv - Cara Menanam Bunga Anggrek Reviewed by Yoyon Oke on Agustus 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.