Manfaat Plastik Uv - Budidaya Tomat Hidroponik Sistem Nft


Tahapan-tahapan Budidaya Tomat Hidroponik Sistem NFT

Mempersiapkan Instalasi hidroponik sistem NFT
Hal yang harus pertama dilakukan sebelum memulai budidaya tomat hidroponik sistem NFT ialah menciptakan serta menyiapkan instalasi. Instalasi sistem NFT dibentuk menggunakan pipa paralon atau talang air. Peralatan lain yang diperlukan antara lain:
  • Pompa air
  • Tandon
  • Netpot
  • Pipa
  • Selang serta Rak
Tandon untuk daerah penampungan nutrisi hidroponik sanggup menggunakan baskom besar. Box sterofoam atau wadah lainnya yang ukurannya diadaptasi dengan jumlah tanaman. Pipa serta selang-selang kecil berkhasiat untuk mengalirkan nutrisi dari tandon ke gully. Gully disusun diatas rak yang diposisikan agak miring supaya larutan nutrisi sanggup mengalir perlahan serta kembali ke tandon.

Gully yang berupa pipa paralon atau talang air dari materi PVC potongan atasnya dilubangi dengan ukuran sesuai dengan ukuran netpot. Jarak antar lubang antara 60 – 70 cm. Jika menggunakan talang air, potongan atasnya perlu ditutup menggunakan talang yang di belah. Dibagian epilog atas inilah lubang tanam dibuat.

*Baca Juga : Penggunaan Plastik UV 6% Untuk Pengeringan

Cara Menyiapkan Benih Tomat Hidroponik
Sebelum memulai penanaman, siapkan benih tomat terlebih dahulu. Benih tomat sanggup diperoleh di toko pertanian atau dengan membibitkanya sendiri. Untuk hasil yang maksimal gunakan benih bibit unggul yang sudah teruji kualitasnya. Pilih benih yang sesuai dengan lokasi dimana anda berada, dataran rendah, menengah atau dataran tinggi. Jika ingin membibitkanya sendiri, pilih buah tomat yang sudah cukup tua, ditandai dengan warna kulit buah yang sudah berwarna merah sempurna, kulit buah terlihat segar tidak layu serta tidak keriput.

Ambil buah tomat yang akan dijadikan bibit, kemudian belah tomat kemudian ambil bijinya. Bersihkan biji buah tomat dari lendir dengan mencucinya berulang kali dengan air bersih. Kemudian tiriskan serta jemur biji buah tomat sampai kering. Biji tomat gampang sekali tumbuh serta berkecambah, sehingga penyemaiannya tidak memerlukan perlakuan khusus.

Menyemai Benih Tomat Hidroponik
Untuk menanam hidroponik menggunakan sistem NFT, benih tomat lebih cocok disemai menggunakan media rockwoll. Media semai rockwoll ini nantinya sekaligus berkhasiat juga sebagai media tanam yang dimasukkan kedalam netpot. Berikut merupakan cara menyemai benih tomat menggunakan rockwol:
  • Potong rockwol membentuk persegi empat dengan ukuran sesuai dengan netpot yang akan digunakan. 
  • Basahi rockwol dengan air kemudian lubangi potongan tengahnya untuk meletakkan benih tomat.
  • Satu potong rockwol diisi satu benih, kemudian letakkan rockwoll tersebut pada wadah contohnya nampan atau wadah lainnya.
  • Kemudian simpan semaian benih tomat pada daerah yang gelap.
  • Setelah berkecambah letakkan benih pada daerah yang terkena sinar matahari langsung.
  • Secara sedikit demi sedikit perkenalkan bibit tomat dengan sinar matahari secara penuh.
  • Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bibit tomat gunakan nutrisi ab mix dengan ppm rendah
  • Umur 20- 25 hari sesudah semai, bibit siap di pindah tanam.
Penanaman
Jika instalasi NFT Sistem serta bibit sudah siap, penanaman tomat hidroponik siap dilakukan. Isi tandon dengan larutan nutrisi seperlunya, untuk tahap awal gunakan larutan nutrisi dengan ppm 500. Hubungkan pompa air dengan listrik supaya nutrisi mengalir ke gully. Kemudian masukkan bibit tomat bersama media semainya kedalam netpot. Letakkan netpot pada masing-masing lubang tanam yang sudah dibuat. Proses penanaman selesai.
*Baca Juga : Cara Praktis Menanam Hidroponik di Lahan Sempit

Dosis PPM Nutrisi Untuk Tomat Hidroponik
Dosis atau takaran nutrisi pada tumbuhan hidroponik ditentukan dengan menggunakan satuan ppm atau EC. Penambahan PPM nutrisi harus diadaptasi dengan umur tanaman, sebab semakin bertambah umur tumbuhan kebutuhan nutrisinya semakin meningkat.
Berikut ini takaran nutrisi atau ppm tomat hidroponik dari awal tanam sampai panen:
  • Umur 0 – 7 hari sesudah tanam : 500 ppm
  • Umur 7 – 14 hari sesudah tanam : 750 ppm
  • Umur 14 – 30 hari sesudah tanam : 1000 ppm
  • Umur 30 – 45 hari sesudah tanam : 1500 ppm
  • Umur 45 – 75 hari sesudah tanam : 2500 ppm
  • Umur 75 – 90 hari sesudah tanam : 3500 ppm
Pemeliharaan serta Perawatan Tomat Hidroponik Sistem NFT
Pemeliharaan serta perawatan tomat hidroponik berbeda dengan merawat tumbuhan tomat secara konvensional. Pemeliharaan serta perawatan tomat hidroponik sistem NFT meliputi:
  • Jaga pH larutan nutrisi tetap stabil, pH ideal untuk tumbuhan tomat ialah 6.0 – 6.5. pH larutan nutrisi hidroponik sanggup berubah sebab banyak sekali faktor, cek pH secara terpola serta pastikan pH tetap dalam keadaan stabil. Jika pH turun naikkan menggunakan PH UP serta bila pH naik turunkan menggunakan PH DOWN.
  • Meningkatkan ppm / EC larutan nutrisi sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman. Semakin bertambah umur tanaman, kebutuhan nutrisinya semakin banyak. Oleh sebab itu perhatikan selalu setiap fase pertumbuhan tumbuhan tomat. Naikkan ppm / EC nutrisi sesuai dengan kebutuhannya supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan optimal.
  • Segera musnahkan  tanaman yang mati atau terjangkit penyakit, kemudian diganti dengan tumbuhan gres beserta media tanam nya. 
  • Pemasangan ajir atau penopang pada tumbuhan tomat hidroponik sistem NFT dibentuk menggunakan tali. Ajir harus segera dipasang sesudah final proses penanaman, sebab pertumbuhan tomat yang cepat.
  • Cek selalu tandon nutrisi, cek tandon nutrisi sesering mungkin serta segera tambahkan larutan nutrisi bila isi tandon berkurang.
Pengendalian Hama serta Penyakit Tomat Hidroponik
Layaknya tumbuhan tomat pada umumnya, tumbuhan tomat hidroponik juga tidak sanggup lepas dari serangan hama serta penyakit. Jika jumlah tumbuhan hanya sedikit, kendalikan hama serta penyakit secara mekanis dengan cara memungut eksklusif hama serta memusnahkannya. Atau disemprot menggunakan pestisida nabati. Pangkas serta musnahkan daun-daun renta yang menguning serta terjangkit penyakit supaya tidak menyebar serta menular ke daun serta tumbuhan lainnya. Jika terpaksa, semprotkan insektisida serta fungisida kimia seperlunya sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Pemanenan Tomat Hidroponik
Pemanenan buah tomat sanggup dilakukan saat terlihat sudah matang 80 – 90% yaitu ditandai saat warna kulit buah yang sudah memerah. Biasanya buah tomat sanggup mulai dipanen pada umur 60 – 90 hari sesudah tanam tergantung varietas yang ditanam.

Kami CV Lim Corporation menyediakan plastik UV  berkualitas. Untuk info harga Plastik UV terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Selamat Mencoba & Selamat Menunaikan Ibadah Puasa


Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Budidaya Tomat Hidroponik Sistem Nft Manfaat Plastik Uv - Budidaya Tomat Hidroponik Sistem Nft Reviewed by Yoyon Oke on Juli 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.