Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Flora Mawar

Syarat Tumbuh Bunga Mawar
Iklim
Curah hujan bagi pertumbuhan bunga mawar yang baik ialah 1500-3000 mm/tahun.
Membutuhkan sinar matahari 5-6 jam per-hari. Di tempat cukup sinar matahari, mawar akan lebih cepat berbunga serta ber-batang kokoh.
Tanaman mawar mempunyai daya pembiasaan tinggi terhadap lingkungan tumbuh, sanggup ditanam di tempat beriklim dingin/sub-tropis maupun didaerah panas/tropis. Suhu uadara yang cocok yaitu sejuk 18-26 derajat C dengan kelembaban 70-80%.

Media Tanam
Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir (kandunaan liat 20-30%), subur, gembur, banyak materi organik, aerasi, serta drainase baik. Oada tanah latosol, andosol yang mempunyai sifat fisik serta
kesuburan tanah yang cukup baik. Mempunyai derajat keasaman tanah yang ideal ialah pH 5,5-7,0
*Baca Juga : 12 Jenis Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias Serta Cara Pengendaliannya

Teknik Budidaya Tanaman Hias Mawar

Memilih Bibit
Bibit tumbuhan mawar sanggup berasal dari banyak sekali macam jenis tumbuhan hias mawar, ada yang merambat, berbunga besar, kecil, serta lain-lain. Pilihlah sesuai dengan keinginan. Bibit mempunyai beberapa macam, mulai dari bibit yang berasal dari biji, tangkai hasil stek, ataupun bibit yang sudah berupa tumbuhan mawar di polybag. Supaya budidaya yang anda lakukan gampang perawatannya, sebaiknya menentukan bibit tumbuhan hias mawar yang sudah di polybag.

Pengolahan Lahan
Pilihlah tanah yang gembur, subur serta menerima sinar matahari secara langsung. Lalu Bersihkan lahan dari rumput liar serta watu kerikil. Cangkul atau bajak tanah sedalam kurang lebih 30 cm hingga gembur. Setelah dibajak biarkan tanah selama 15-30 hari biar matang. Setelah itu buat bedengan dengan ukuran lebar sekitar 100-120 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 30-40 cm serta panjangnya diubahsuaikan dengan lahan.

Pemupukan 
Pupuklah lahan dengan pupuk organik (kompos/kandang) 20-30 ton per hektar. Tebar pupuk serta campurkan merata dengan tanah sambil merapikan bedengan. Pemberian pupuk organik dengan memasukkan ke dalam lubang tanam rata-rata 1-2 kg per tanaman.

Pola Tanam
Buatlah lubang tanam pada jarak 60×60 cm atau 70×70 cm, tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya. Pembuatan lubang memerlukan sekop melengkung untuk memperoleh lubang berbentuk silindris. Ukuran lubang 45x45x45 cm. kedalaman yang baik yaitu jikalau tumbuhan diletakkan dalam lubang, kedudukan penggalan percabangan utama letaknya sejajar dengan permukaan tanah.
Karena akar mawar tidak bisa menembus tanah terlalu dalam, maka cukup cangkul tanah sedalam 45-55 cm. Pada dikala menciptakan lubang, tanah di permukaan serta yang telah digali dikumpulkan terpisah, alasannya ialah akan dipakai untuk menutup lubang kembali. Campur tanah penggalan atas dengan pupuk organik dengan perbandingan 4 penggalan tanah dan 1 penggalan organik. Lubang diisi dengan top soil serta materi organik hingga membentuk gundukan.

Penanaman
Penanaman mawar sanggup dilakukan ketika demam isu hujan, namun apabila kondisi air memadai sanggup dilakukan kapanpun. Cara menanamnya yaitu:
  • Pertama Sobek atau sayat polybag kemudian ambil bibit beserta dengan tanahnya.
  • Tanamkan bibit mawar ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Letak bibit mawar sempurna di tengah lubang tanam, kemudian di timbun dengan tanah hingga penuh sambil dipadatkan perlahan.
  • Siram tumbuhan mawar di perakaranya hingga cukup basah. Bibit mawar akan eksklusif segar serta tumbuh ibarat biasanya.
Perawatan
Lakukan Penyiangan dengan mencabut serta membersihkan gulma yang ada pada lahan. Lakukan pengairan serta penyiraman pada fase awal pertumbuhan (sekitar umur 1-2 bulan sehabis tanam), dilakukan secara teratur tiap hari 1-2 kali. Pengairan selanjutnya sanggup dikurangi atau tergantung keadaan cuaca serta jenis tanah. Waktu penyiraman yang baik ialah dikala pagi serta sore hari.
*Baca Juga : Cara Budidaya Bonsai Yang Baik & Benar

Hama Tanaman Mawar
Kumbang
Kumbang Chafer (Macrodactylis subspinosus), Fuller (Autoserica castanca) dan Curculio (Rhyncite bicolor).
-Pengendalian : dikumpulkan serta dimusnahkan secara manual atau disemprotlah dengan insektisida Hostathion 40 EC, Desis 2,5 EC, Ambush 2 EC, Elsan 60 EC atau yang lainnya pada konsentrasi yang dianjurkan.

Kutu Daun
Kutu daun kecil panjangnya kurang lebih sekitar 0,6 mm. Berwarna hijau serta terkadang tidak bersayap. Hama ini menyerang pucuk, seringkali melekat pada ranting serta kuncup bunga
-Pengendalian : menjaga sanitasi lahan serta sanggup disemprot dengan insektisida dengan konsentrasi yang dianjurkan.

Siput Berbulu
Tubuh berwarna putih kehijauan dengan panjang kurang lebih 12 mm serta ditutupi bulu-bulu kasar.
-Pengendalian : merontokkan kepompong yang melekat pada tumbuhan serta disemprot dengan insektisida Brestan 60 (Moluskasida) pada konsentrasi yang dianjurkan dianjurkan.

Tungau (TETRANYCHUS TELARIUS)
Ciri-ciri hama ini ialah badan berwarna merah, hijau maupun kuning. Berkembang biak dengan cepat pada cuaca yang lembab serta panas, dengan sirkulasi udara kurang baik.
-Pengendalian : disemprot insektisida dengan konsentasi yang dianjurkan.

Thrips
Hama ini berukuran kurang lebih 1 mm. berwarna kuning-oranye atau kuning kecokelatan.
-Pengendalian : Pemangkasan penggalan tumbuhan yang terjangkit berat dan semprot lah dengan insektisida pada konsentrasi yang dianjurkan.

Itulah tadi teknik sempurna dalam membudidayakan tumbuhan mawar. Semoga artikel ini sanggup membantu Anda dalam membudidayakan tumbuhan bunga yang indah ini.
Selamat mencoba....
Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Flora Mawar Manfaat Plastik Uv - Cara Sempurna Budidaya Flora Mawar Reviewed by Yoyon Oke on Mei 12, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.