Manfaat Plastik Uv - Langkah Sempurna Budidaya Semangka Dengan Teknik Hidroponik


Siapa yang tidak mengenal semangka??. Semangka merupakan tumbuhan yang berasal dari Afrika dan sudah menyebar luas di seluruh dunia. Semangka mempunyai kulit buah yang berwarna hijau dan mempunyai daging buah yang berwarna merah serta kuning dengan rasa buah yang bagus menyegarkan.

Semangka sanggup dibudayakan secara konvensional maupun secara hidroponik. Menanam semangka secara hidroponik sanggup memudahkan petani dalam melaksanakan pemeliharaan, perawatan serta pengendalian hama dan penyakit pada tanaman. Berikut langkah sempurna membudidayakan tumbuhan semangka secara hidroponik..
*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Ikan Mas Di Jaring Apung Supaya Hasil Melimpah

Pemilihan bibit
Langkah pertama yaitu menentukan bibit.Bibit sanggup dibeli di toko yang menjual bibit tanaman. Benih atau bibit di pilih yang unggul, berwarna hitam mengkilap, tahan dari hama dan penyakit, serta tidak cacat. Sebelum tanam sebaiknya lakukan perendaman.Perendaman ditujukan untuk mendapat bibit yang berkualitas, alasannya ialah bibit yang mengambang waktu direndam merupakan bibit yang berkualitas rendah.

Pengolahan media tanam
Dalam pengolahan media tanam ini yaitu dengan mempersiapkan alat serta materi dahulu berupa timer, pipa paralon, drum plastik penampung air, mesim pompa akuarium, gabus atau busa dan talang air. Setelah menyiapkan media tanam, lalu lakukan persemaian bibit yang sudah di rendam tadi.

Penyemaian biji
  • Persiapkan media persemaian dengan mempersiapkan kertas kartun atau lainnya dan juga kapas atau gabus yang sudah di basahi.
  • Setelah itu lakukan persemain di dalam media tanah dalam polybag. Kemudian lakukan pemeliharaan beberapa hari sampai berkecambah.
  • Setelah sudah mulai mempunyai akar, lakukan pemindahan ke media sekam.Ini bertujuan supaya pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan semakin cepat. Lakukan pemeliharaan sampai tumbuhan mulai membesar dan mempunyai akar yang sangat banyak.
  • Lakukan pemupukan dan sumbangan nutrisi pada tanaman, sampai 1-2 ahad gres sanggup di lakukan ke media tanam atau hidroponik.
Penanaman Tanaman
  • Setelah tumbuhan sudah mempunyai daun 3-4 helai serta akar yang sudah sangat banyak lakukan pemindahan eksklusif ke media tanam hidroponik.
  • Pindahkan tumbuhan secara perlahan dan hati-hati ke media tanam hidroponik, alasannya ialah tumbuhan semangka sangat sensitif serta lebih rentan terhadap sentuhan yang sangat keras.
  • Setelah melaksanakan penanaman sebaiknya gunakan metode aliran automatis untuk sumbangan nutrisi yang sebelumnya telah tersusun dengan pengatur waktu. Waktu sumbangan nutrisi sebaikya di lakukan dengan teratur.
  • Setelah itu  lakukan pemeliharaan tumbuhan dengan baik dan juga teratur.
Perawatan tanaman
Perawatan tumbuhan semangka yaitu dengan memperhatikan media air tetap steril dari hama dan penyakit, lakukan penyiangan gulma di sekitar tumbuhan semangka, serta pemupukkan susulan untuk pertumbuhan tumbuhan dengan memakai pupuk cair berupa urea cair, pupuk kompos cair dan lainnya yang sanggup di cairkan sesuai dengan takaran atau dosis.
*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Timun Dengan Teknik Hidroponik

Pemanenan tanaman
Pemanen tumbuhan semangka sama ibarat tumbuhan semangka pada umumnya yaitu sekitar 2-3 bulan. Pemanen ini di lakukan dengan cara memetik eksklusif atau dengan memotong tangkai buah. Buah yang sudah siap panen sanggup di tandai dengan tangkai buah yang menguning serta kembung kalau diketuk.Saat memanen buah usahakan tidak meusak kondisi buah, alasannya ialah akan menurunkan kualitas serta harga jualnya nanti.

Selamat mencoba........


Sumber http://uvplastik123.blogspot.com
Manfaat Plastik Uv - Langkah Sempurna Budidaya Semangka Dengan Teknik Hidroponik Manfaat Plastik Uv - Langkah Sempurna Budidaya Semangka Dengan Teknik Hidroponik Reviewed by Yoyon Oke on April 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.