Mengenal Selang Drip dan Cara Pemasangannya Pada Lahan

Jual Selang Drip Irigasi Top Quality - Lim Corporation

Selang drip pengairan merupakan selang yang umumnya terbuat dari bahan plastik dan dimanfaatkan untuk sistem irigasi pada lahan pertanian. Selang drip ini biasanya berwarna hitam ataupun putih bening. Pemakaian selang drip ini umumnya dibutuhkan petani untuk menyirami berbagai macam jenis tumbuhan, seperti cabai, semangka, tomat, bawang merah, terong, melon, gambas, dan masih banyak lagi. Selang drip juga sering dipakai untuk mengairi benih tumbuhan di perkebunan, seperti misalnya kebun kelapa sawit.

Saat ini sudah cukup banyak dijual berbagai jenis selang drip dengan merk dan kualitas yang beragam. Dari harga yang paling murah sampai yang mahal, tergantung kualitas dan model.

Selang drip umumnya (selang drip yang belum ada lubangnya, bisa disebut selang drip biasa) ada yang berwarna bening dan hitam. Memakai selang drip model ini kita harus melubangi sendiri dengan jarum, harganya pun lebih murah dan terjangkau.

Untuk model yang kedua yaitu selang drip yang sudah ada lubangnya dari sananya. Dan untuk harganya lebih mahal dari yang biasa. Kelebihannya yaitu lubang dibuat dengan teknologi canggih jadi semburan airnya bisa seragam.

Berikutnya yaitu selang irigasi tetes (tubing emiter/drip tape), kualitas kedua jenis diatas dan harganya jauh lebih mahal. Selang drip model ini didesain untuk meneteskan air secara perlahan dengan spasi emiter (lubang tetes) bervariasi, mulai dari 20 cm, 30 cm dan 60 cm. Dan masih banyak lagi jenis/model selang drip lainnya.


Lalu bagaimana cara pemasangan selang drip? Apapun jenis atau model selang drip yang dipakai, umumnya teknik atau cara pemasangannya hampir sama. Nah, berikut ini beberapa tahapan pemasangan selang drip untuk irigasi.

Tahapan Pemasangan Selang Drip Irigasi (Irigasi Tetes)

1. Ukurlah total panjang bedengan yang akan dipasangi selang drip. Proses ini dibutuhkan untuk mengetahui seberapa banyak selang drip yang diperlukan.

2. Pasanglah 1 atau 2 buah selang drip disetiap bedengnya, sesuaikan dengan kebutuhan lahan Anda.

3. Sebaiknya panjang selang drip sedikit dilebihkan dari panjang bedengan.

Baca Juga:
Melayani Pesanan Mulsa Plastik Ukuran Khusus Untuk Pertanian Dan Tambak
Memanfaatkan Paranet Atau Shadingnet Untuk Green House
3 Macam Peluang Waralaba Pembibitan Sawit

4. Siapkan selang induk dengan diameter 2 atau 3 inch, tergantung keperluan.

5. Untuk menghubungkan selang induk dengan selang drip dibutuhkan konektor, yaitu shok drat dalam dan shok drat luar. Untuk ukuran shok drat disesuaikan dengan diameter selang drip yang dipakai.

6. Biasanya diameter selang drip sesuai dengan pipa 3/4 inch.

7. Kemudian shok drat dipasang pada selang induk, lubang pada selang induk dibuat sedikit lebih kecil dari diameter shok drat supaya kuat dan tak bocor. Supaya lebih kuat lagi sebaiknya dipasang ring yang bisa dibuat sendiri dari karet bekas ban motor.

8. Siapkan pipa paralon ukuran 3/4 inch dengan panjang 10 cm. Pipa ini dipakai untuk penghubung antara selang drip dengan shok drat yang terpasang pada selang induk.

9. Bila sudah selesai, setiap ujung selang drip diikat kemudian hidupkan pompa untuk mengetahui apakah selang drip berfungsi dengan baik atau tidak.

10. Apabila memakai selang drip biasa (yang blum ada lubangnya), 1 selang drip diikat ujungnya kemudian drip ditusuk memakai jarum. Posisi dan jumlah tusukan jarum disesuaikan dengan banyaknya lubang tanam disetiap bedengan. Setelah itu diteruskan ke selang drip yang lain sampai selesai.

11. Bila bedengan akan ditutup dengan mulsa, melubangi selang drip dikerjakan sesudah mulsa dipasang dan dilubangi supaya posisinya pas dengan lubang tanam.

12. Air yang dipakai pada drip irigasi sebaiknya air yang bersih. Pemakaian air keruh/kotor akan menyumbat lubang-lubang pada drip dan bisa memperpendek umur selang drip.


Bagi Anda yang sedang memerlukan Selang Drip untuk proses pengairan saat budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Mengenal Selang Drip dan Cara Pemasangannya Pada Lahan Mengenal Selang Drip dan Cara Pemasangannya Pada Lahan Reviewed by Yoyon Oke on Agustus 02, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.