Cara Mudah Budidaya Porang, Tanaman Bernilai Ekonomi yang Menjanjikan


Porang atau Iles-Iles atau Suweg (Amorphopallus muelleri) adalah jenis tanaman herbal yang bisa tumbuh sampai ketinggian 100cm–150cm, tanaman ini termasuk tanaman penghasil umbi yang banyak hidup di hutan tropis. Tanaman ini bisa juga di tanam di daerah dataran rendah dan dapat dengan mudah tumbuh diantara pepohonan seperti jati dan pohon sono.

Batang dari tanaman porang ini tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam dengan totol-totol putih. Batang tunggal tanaman ini akan terbagi menjadi 3 batang sekunder dan akan terbagi lagi menjadi tangkai daun tanaman. Batang tanaman porang memiliki bintil atau katak berwarna coklat kehitaman sebagai alat perkembangbiakan. Umur dan juga tingkat kesuburan tanah bisa mempengaruhi ketinggian tanaman porang

Saat ini porang banyak dibudidayakan karena tanaman ini mempunyai nilai ekonomi yang cukup menjanjikan. Karena umbi tanaman ini mengandung zat Glucomanan yang memiliki banyak manfaat di bidang industri dan juga kesehatan, berikut adalah manfaat dari umbi porang:
* Bahan lem
* Mie
* Tahu
* Perekat tablet
* Pembungkus kapsul
* Penguat kertas, dan lainnya.

Cara Budidaya Tanaman Porang

a. Syarat Tumbuh

Tanaman Porang  memiliki toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh. Tanaman Porang membutuhkan cahaya maksimum hingga 40%. Porang mampu tumbuh di daerah dengan ketinggian sekitar 0–700 mdpl namun yang paling baik yaitu daerah dengan ketinggian 100–600 mdpl. Tanaman Porang menghendaki tanah yang gembur dan subur serta tidak tergenang air dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 6 – 7.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

b. Teknik Perkembangbiakan Porang

Teknik membudidayakan tanaman Porang bisa dikerjakan dengan cara generatif atau vegetatif. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk melaksanakan perkembangan bibit porang yaitu:

1. Perkembangbiakan dengan Bintil atau Katak
Dalam 1 kg bintil atau katak berisi sekitar 100 bintil atau katak. Pada masa panen bintil atau katak dikumpulkan kemudian di simpan hingga memasuki musim hujan dapat langsung di tanam pada lahan yang telah disiapkan.

Baca Juga:
Mengenal Selang Drip dan Cara Pemasangannya Pada Lahan
Melayani Pesanan Mulsa Plastik Ukuran Khusus Untuk Pertanian Dan Tambak
3 Macam Peluang Waralaba Pembibitan Sawit

2. Perkembangbiakan dengan Biji atau Buah
Sekitar empat tahun tanaman porang akan menghasilkan bunga dan setelah itu menjadi buah atau biji. Dalam satu tongkol buah dapat menghasilkan biji hingga 250 biji yang nantinya dapat digunakan sebagai bibit porang dengan cara di semai terlebih dahulu.

3. Perkembangbiakan dengan Umbi
Ada dua jenis perkembangbiakan dengan umbi yaitu dengan umbi kecil dan umbi besar.
Untuk umbi kecil diperoleh dengan cara pengurangan tanaman yang sudah terlalu rapat dan harus penjarangan. Tanaman hasil penjarangan dikumpulkan yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai bibit. Dan apabila memakai umbi besar bisa dikerjakan dengan cara umbi besar yang sudah diperoleh dibagi menjadi beberapa bagian selanjutnya ditanam pada lahan yang sudah disiapkan.

c. Cara Menanam Porang

Menanam porang yang baik tentu saja dibawah naungan pohon-pohon besar seperti pohon jati atau yang lainnya. Dengan menggunakan sistem bercocok tanam tumpang sari tersebut maka akan lebih mudah melakukan perawatan.

d. Pemanenan Porang

Porang dapat dipanen setelah 3 tahun setelah tanam. Cara memanen porang ini yaitu dengan cara mengambil umbi yang paling besar dan umbi yang kecil dibiarkan saja di lahan tanam agar pada saat musim hujan umbi tersebut dapat tumbuh kembali. Jika umbi sudah dipanen kemudian dibersihkan dari tanah dan akar, setelah itu di potong dan dijemur, memotong umbi tersebut harus benar sebab menentukan kualitas porang yang dihasilkan.

Paranet Harga Murah

e. Penentuan Kualitas Porang
Jika salah memotong dan porang tidak kering pada saat proses penjemuran, maka pada umbi akan ditumbuhi jamur. Apabila tumbuh jamur di potongan porang maka akan menurun nilai rupiah yang akan diperoleh karena kualitas potongan porang tak bagus.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Lengkap Budidaya Porang, Tanaman Dengan Nilai Ekonomi Menjanjikan”, semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Paranet untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Cara Mudah Budidaya Porang, Tanaman Bernilai Ekonomi yang Menjanjikan Cara Mudah Budidaya Porang, Tanaman Bernilai Ekonomi yang Menjanjikan Reviewed by Yoyon Oke on Agustus 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.